5 Cara Mudah dan Sederhana Cegah dan Hilangkan Munculnya Rasa Mengantuk di Siang hari

Rabu, 20 April 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Mudah dan Sederhana Cegah dan Hilangkan Munculnya Rasa Mengantuk di Siang hari Ilustrasi mengantuk. Shutterstock/Creativa

Merdeka.com - Perasaan ngantuk merupakan salah satu hal yang sering dialami ketika orang yang berpuasa. Kurangnya asupan nutrisi dan air menyebabkan munculnya rasa lemas yang membuat tubuh selalu mengantuk.

Munculnya rasa mengantuk ini tentu sangat mengganggu terutama ketika kamu bekerja di siang hari. Dilansir dari Life Hackery, berikut sejumlah cara untuk mencegah munculnya rasa ngantuk di siang hari.

1. Berjalan

Berjalan sebentar baik di dalam kantor atau di luar bisa sangat berguna untuk menghilangkan rasa mengantuk. Hal ini bisa menyingkirkan rasa lelah dan membuat tubuhmu kembali segar.

Berjalan ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernapasan lebih longgar. Hal ini bisa menghilangkan rasa mengantuk sehingga kamu bakal tetap fokus bekerja saat berpuasa.

2 dari 5 halaman
5 cara mudah dan sederhana cegah dan hilangkan munculnya rasa mengantuk di siang hari

2. Meditasi 5 Menit

Meditasi bisa kamu lakukan ketika kamu merasa mengantuk di siang hari. Gunakan waktu selama lima menit untuk rehat dan menyegarkan pikiran dengan melakukan meditasi.

Agar tidak mengantuk, cara meditasi yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat diri rileks dan melakukan latihan pernapasan. Hal ini membantu melancarkan sirkulasi udara dan oksigen ke otak serta seluruh tubuh yang membuat kamu tak merasakan kantuk.

3 dari 5 halaman
5 cara mudah dan sederhana cegah dan hilangkan munculnya rasa mengantuk di siang hari

3. Tidur Siang

Ketika mengantuk, jalan keluar satu-satunya yang paling efektif adalah dengan tidur. Namun tidur siang ini tentu tidak dilakukan secara lama namun hanya sekejap untuk menyegarkan pikiran.

Penelitian mengungkap bahwa melakukan tidur siang singkat di siang hari justru bisa membuat tubuh lebih segar dan produktif setelahnya. Namun tentunya tidur siang tersebut tidak dilakukan untuk semakin bermalas-malasan.

4 dari 5 halaman
5 cara mudah dan sederhana cegah dan hilangkan munculnya rasa mengantuk di siang hari

4. Cuci Muka

Mencuci muka bisa membuat tubuh tetap segar dan terjaga di siang hari. Hal ini tentu sangat mudah dilakukan dan bisa mengembalikan produktivitasmu.

Selain mencuci muka, kamu juga bisa memperbaiki penampilan seperti menyisir rambut, memakai make up, atau memijat wajah kamu sendiri. Mencuci muka dan memperbaiki penampilan adakan membuat kamu merasa lebih baik dan tidak mengantuk lagi.

5 dari 5 halaman
5 cara mudah dan sederhana cegah dan hilangkan munculnya rasa mengantuk di siang hari

5. Cari Hiburan

Mencari hiburan di internet atau media sosial bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan rasa kantuk. Menonton film atau melihat gambar lucu bisa membuat pikiranmu kembali segar.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan bercakap-cakap atau bercanda dengan temanmu. Cara ini bisa membuat pikiranmu kembali segar dan rasa kantuk yang hadir juga hilang.

Sejumlah hal ini bisa kamu lakukan untuk membuat pikiran tetap segar dan fokus ketika berpuasa tanpa kehilangan produktivitas kerja. Lakukan hal ini agar aktivitasmu sehari-hari tetap tak terganggu. [RWP]

Baca juga:
Lansia ingin Jalankan Puasa Ramadan, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan
Tips Sesuaikan Pola Tidur secara Efektif selama Bulan Ramadan
Tips agar Tak Terpapar COVID-19 di Kala Ramadan
Basahi Bibir dengan Air Liur Justru Bisa Memperkering, Begini Cara Atasinya
Pentingnya Waktu Makan Sahur untuk Jaga Kesehatan selama Puasa Ramadan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini