5 Cara Alami Atasi Sakit Gigi yang Mengganggu

Kamis, 5 Desember 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Alami Atasi Sakit Gigi yang Mengganggu Ilustrasi sakit gigi. google.com

Merdeka.com - Salah satu masalah kesehatan yang kita alami sehari-hari dan sangat mengganggu adalah sakit gigi. Rasa sakit di gigi ini bisa terasa sangat menusuk dan mengganggu.

Rasa sakit di gigi ini juga bakal sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Hal ini bisa membuatmu tidak nyaman makan, berbicara, serta berkonsentrasi pada hal yang kamu lakukan.

Terdapat sejumlah hal yang bisa jadi penyebab munculnya sakit gigi yang mengganggu ini. Beberapa penyebabnya adalah karena kebiasaan seperti menyikat gigi terlalu keras, gigi yang keropos, atau karena masalah gusi.

Cara paling tepat untuk mengatasi sakit gigi ini adalah dengan berkonsultasi ke dokter gigi. Namun ada juga cara lain yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengatasi rasa sakit ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara alami untuk mnegatasi sakit gigi yang muncul.

1 dari 5 halaman

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan bermanfaat yang berguna untuk meringankan sakit gigi dan gusi. Makanan ini mengandung allicin yang memiliki kandungan antibakteri yang bisa mengatasi penyebab sakit gigi. Untuk mendapat manfaatnya, haluskan bawang putih hingga berbentuk pasta dan oleskan pada gigi yang sakit.

2 dari 5 halaman

Air Garam

Air garam merupakan disinfektan alami yang bisa menurunkan peradangan pada gigi dan gusi untuk membunuh bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan karang gigi. Kumur-kumur menggunakan air garam selama satu hingga dua menit. Hal ini bisa membantu menghilangkan partikel makanan yang menempel di antara gigi.

3 dari 5 halaman

Minyak Esensial

Secara mengejutkannya, minyak esensial bisa cukup efektif untuk meredakan sakit gigi. Untuk meredakan nyeri di gigi dan gusi, letakkan minyak ini di ujung jari dan pijet pada bagian yang sakit.

4 dari 5 halaman

Lidah Buaya

Tanaman ini memiliki kandungan antibakteri yang bisa menghancurkan kuman dan melindungi gigi serta bisa menghilangkan rasa sakit yang muncul. Gunakan gel lidah buaya pada bagian yang dakit pada mulut untuk mengatasinya.

5 dari 5 halaman

Kantung Teh

Kandungan bernama tannin pada teh bisa merekadan sakit di gusi dengan cara membunuh bakteri dalam mulut. Untuk menggunakannya, gunakan kantung teh yang sudah diseduh pada lokasi gigi yang sakit selama lima menit.

Beberapa cara alami yang mudah dilakukan tersebut bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa sakit di gigi. Namun jika rasa sakit masih tetap tidak hilang, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. [RWP]

Baca juga:
Kurang Zat Besi Bisa Timbulkan Tanda pada Mulut Seseorang
Waspada! Gigi Berlubang pada Ibu Hamil Bisa Menyebabkan Kelahiran Prematur
Benarkah Kesehatan Gigi Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan?
Masalah Gigi yang Dimiliki Seseorang Bisa Jadi Tanda Risiko Masalah Kardiovaskular
Benarkah Olahraga Teratur Bisa Membantu Mengusir Bau Mulut?

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini