4 Alternatif Sehat Bersumber Tanaman yang Bisa Menjadi Pengganti Susu Sapi

Minggu, 23 Juni 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Alternatif Sehat Bersumber Tanaman yang Bisa Menjadi Pengganti Susu Sapi Ilustrasi susu. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Susu sapi merupakan salah satu minuman sehat yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Sayangnya banyak orang yang memiliki intoleransi laktosa sehingga pilihan susu dari tanaman merupakan alternatif yang dipilih.

Masalah kesehatan juga dapat menjadi penyebab bagi seseorang untuk mengganti susu sapinya menjadi jenis susu lain terutama dari tanaman. Pada saat ini terdapat berbagai jenis susu dari tanaman yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti dari susu sapi. Dilansir dari Medical Daily, berikut empat susu yang bisa jadi pengganti susu sapi.

Susu Hemp

Salah satu alternatif yang bisa dikonsumsi saat ini berasal dari biji seed yang merupakan sumber lemak tak jenuh. Jika dibanding dengan susu sapi, jenis susu ini lebih rendah kalori dan protein terutama jika tidak diberi perasa tambahan. Mengganti susu sapi dengan jenis susu ini bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam dirimu.

Susu Almond

Salah satu pengganti susu sapi yang cukup populer adalah susu almond. Dibanding susu sapi, susu jenis ini memiliki kandungan lemak tak jenuh lebih tinggi serta lemak jenuh lebih rendah. Kandungan ini membuatnya cocok untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Selain itu juga terdapat kandungan protein dan kalori yang rendah serta kalsium yang membuatnya menjadi lebih sehat.

Susu Gandum

Susu gandung memiliki rasa yang cenderung creamy sehingga biasanya dibuat menjadi minuman panas, sereal, atau diminum begitu saja. Dibanding jenis susu lain, susu berbahan gandung ini memiliki kandungan karbohidrat dan kalori lebih tinggi.

Susu Kedelai

Jenis minuman ini merupakan yang paling mudah kita temukan sebagai pengganti susu sapi. Dibanding minuman lain, susu kedelai memiliki protein lebih tinggi serta isoflavon yang merupakan salah satu zat antikanker.

Sejumlah susu berbahan tanaman ini bisa menjadi alternatif sehat pengganti susu sapi. Pastikan untuk mengonsumsinya secara teratur untuk mendapatkan manfaat sehatnya. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini