Tak Hanya Jokowi, 4 Pejabat Indonesia Pernah Blusukan Malam Hari

Rabu, 20 Februari 2019 00:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Tak Hanya Jokowi, 4 Pejabat Indonesia Pernah Blusukan Malam Hari Jokowi blusukan ke pasar modern BSD Serpong. ©Setpres RI/Cahyo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kerap melakukan blusukan. Jokowi ingin lebih tahu tentang keadaan masyarakat yang sebenarnya. Termasuk mendengar keluhan dan mencari tahu cara pemecahan masalahnya.

Biasanya Jokowi melakukan blusukan dadakan ke permukiman warga atau tempat-tempat usaha kecil untuk mendengar cerita mereka. Jokowi datang tanpa protokoler.

Tak hanya Jokowi saja, ternyata banyak pemimpin di Indonesia juga pernah lakukan blusukan ke berbagai tempat. Berikut ceritanya:

1 dari 4 halaman

Anies Blusukan Malam Hari

Anies Baswedan Blusukan. ©2019 Merdeka.com / instagram @aniesbaswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kerap kali blusukan bertemu warga dan meninjau proses pembangunan Jakarta. Dalam beberapa kesempatan, Anies melakukan blusukan pada malam hari dan hanya ditemani oleh pejabat dinas terkait.

Salah satunya meninjau renovasi JPO Dukuh Atas saat malam hari. Kegiatan Anies itu diunggah melalui akun Instagramnya @aniesbaswedan.

Selain itu, Anies juga berkunjung ke Kampung Pelangi, Penjaringan, Jakarta Utara malam hari. Kondisi saat itu sedang mengalami banjir rob. Dia memastikan semua pihak bekerja dan memastikan pembangunan tanggul terus berjalan.

2 dari 4 halaman

Risma Bantu Bersihkan Sampah Malam Hari

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersihkan sampah. ©2017 Merdeka.com

Wali Kota Tri Rismaharini pernah membersihkan sampah penyumbat saluran air saat hujan deras pada Senin 23 Oktober 2017 malam. Hujan mulai terlihat lebat sekitar pukul 19.30 WIB. "Bu Wali langsung bersih-bersih sampah yang menyumbat saluran air," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya, M. Fikser yang turut serta turun lapangan.

Karena tak ingin kotanya dikepung banjir, Risma pun keliling kota bersama para staf. Mengenakan jas hujan, wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan ini menerobos lebatnya hujan sambil tetap memegang Handy Talkie (HT) untuk koordinasi.

Di tengah derasnya hujan itu, Risma tampak mengecek seluruh saluran air yang buntu. Seperti di Jalan Dharmawangsa misalnya. Dibantu para staf, termasuk dari Dinas Perhubungan dan Satgas Pematusan, Risma membuka penutup bak kontrol dan membersihkan seluruh sampah yang menyumbat saluran air.

3 dari 4 halaman

Zumi Zola Sidak RSUD di Jambi Dini Hari

Zumi Zola sidak RSUD Raden Mattaher. ©2017 merdeka.com/istimewa

Sebelum Zumi Zola tersangkut kasus korupsi, ia sempat menjabat sebagai Gubernur Jambi. Saat menjadi Gubernur, Zumi Zola kerap melakukan blusukan. Salah satunya blusukan ke RSUD Raden Mattaher pada dini hari sekitar pukul 02.00 WIB pada Jumat (20/1/2017) lalu.

Saat blusukan, ia terkejut kala melihat dokter, perawat serta karyawan rumah sakit yang berjaga tertidur pulas di jam kerjanya. "Saya sudah mendengar banyak keluhan. Dokter jaga itu setelah jam 12 atau sebelum jam 12 itu sudah tidur. Saya nggak bisa membiarkan seperti ini," ungkap Zumi Zola yang tampak begitu kesal dengan kinerja karyawan RSUD Raden Mattaher.

Lantas, Zumi Zola pun meminta pihak rumah sakit untuk menindak tegas karyawan yang melanggar aturan. Untuk karyawan yang berstatus PNS, Zola meminta mereka untuk dipindah tugaskan. Sedangkan yang masih berstatus honorer untuk diberi sanksi tegas.

4 dari 4 halaman

Djarot Saiful Hidayat Blusukan ke Pintu Air Manggarai

Djarot blusukan ke pintu air manggarai. ©2014 Merdeka.com/Fikri Faqih

Saat menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat diam-diam melakukan blusukan pada malam hari. Pada Senin 22 Desember 2014 untuk mengecek pintu Air Manggarai Jakarta Selatan. "Iya (blusukan), kamu aja enggak tahu. Aku sampai jam setengah sebelas malam (22.30 WIB)," kata Djarot.

Dia mengungkapkan, selain menuju Pintu Air Manggarai, dirinya juga blusukan ke tempat lain seperti Jalan Tambak yang tidak jauh dari lokasi. Di sana dia hanya melakukan komunikasi langsung dengan warga sekitar.

"Saya cuman ngobrol-ngobrol sama warga," ujar Djarot kala itu. [has]

Baca juga:
Menengok Kehidupan Warga Kampung Tambak Lorok Dikunjungi Jokowi Malam Hari
Luhut Soal Keributan di Debat Capres: Muka Saya Kan Muka Kenceng
Cerita Haji Sueb jadi 'Paspampres' Dadakan Saat Jokowi Blusukan di Tambak Lorok
Jokowi Tegaskan Tak Bagi-Bagi Lahan Besar, Kubu Prabowo Singgung Reklamasi Jakarta
Sindir Jokowi, PAN Bilang Pemimpin Harus Jujur, Amanah dan Cerdas

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini