Salim Segaf Nilai Pondok Pesantren Sebagai Kekuatan Bangsa

Jumat, 22 Februari 2019 20:55 Reporter : Henny Rachma Sari
Salim Segaf Nilai Pondok Pesantren Sebagai Kekuatan Bangsa Salim Segaf Al-Jufri. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (MS PKS) Salim Segaf Al-Jufri meneruskan lawatan di Jawa Timur dengan bersilaturrahim ke Pondok Pesantren (PP) Sunan Drajat Lamongan. Sunan Drajat sendiri merupakan salah satu Walisongo penyebar dan pejuang agama Islam di tanah jawa.

Tiba di lokasi, ia mengaku kagum karena santri Ponpes berasal dari berbagai daerah, mulai Aceh hingga Papua. Pesantren ini sering dijadikan rujukan bagi pengembangan pesantren wirausaha yang berhasil.

Sebab PP Sunan Drajat secara mandiri mampu memenuhi berbagai kebutuhan operasional pesantren melalui unit usaha antara lain agrobisnis, produksi air mineral, pembuatan kapal, dolomit, dan lain-lain.

Pesantren ini mampu menggabungkan antara pendidikan formal, informal, dan semangat wirausaha. Sehingga lulusannya mampu bekerja atau berwirausaha sesuai ketrampilan yang diberikan di pesantren.

Seusai berkeliling Habib Salim pun menyampaikan bahwa Pondok Pesantren adalah kekuatan umat dan kekuatan Bangsa. Habib Salim mengatakan bahwa pemimpin bangsa lahir dari pesantren-pesantren.

"Pelaku-pelaku UKM yang tahan krisis juga lahir dari pesantren. Jadi para kyai, para ulama, dengan pesantrennya adalah sumber rujukan sekaligus kekuatan umat," kata Habib Salim dalam keterangan, Jumat (22/2).

Pada kesempatan tersebut, ia memastikan bahwa PKS terus memperjuangkan diri melalui parlemen dan juga dakwah di masyarakat untuk meminimalisir peredaran narkoba

Pernyataan Habib Salim sendiri didasari oleh keprihatinan KH Abdul Ghofur juga akan peredaran narkoba, miras, dan penyakit masyarakat lainnya

"Agar peredaran narkoba, miras, dan penyakit masyarakat lainnya bisa terus berkurang. Sehingga kualitas generasi yang akan datang akan jauh lebih baik," ujar Menteri Sosial periode 2009-2014 ini. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini