Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu, Sajikan Panorama Indah dan Aktivitas Seru

Tawangmangu merupakan daerah pegunungan yang sering menjadi destinasi wisata. Di sini, terdapat beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi tujuan liburan keluarga, ini bisa menjadi salah satu pilihan. Selain dapat menikmati pemandangan, terdapat pula beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan. Bukan hanya itu, udara Tawangmangu yang sejuk juga dapat membuat Anda betah berlama-lama. Berikut, kami merangkum informasi Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu, bisa disimak.

Sejarah

Sejarah

Wisata Bukit Sekipan Tawamangu merupakan salah satu destinasi wisata alam populer di Jawa Tengah.

Wisata ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan udara yang sejuk. Namun, tidak banyak yang tahu tentang sejarah dari tempat wisata ini.

Sejarah Bukit Sekipan Tawamangu berawal dari zaman kolonial Belanda. Pada saat itu, Bukit Sekipan Tawamangu digunakan sebagai tempat pemukiman dan perkebunan oleh para penjajah Belanda. Mereka memanfaatkan lahan ini untuk menanam kopi dan membuat perkampungan untuk para perkebunan tersebut.

Setelah Indonesia merdeka, Bukit Sekipan Tawamangu mulai dikembangkan sebagai objek wisata alam. Potensi keindahan alamnya mulai diperhatikan oleh pemerintah daerah, sehingga pengembangan infrastruktur dan aksesibilitas pun dilakukan. Berbagai fasilitas seperti penginapan, restoran, dan jalur trekking dibangun untuk mendukung pariwisata di Bukit Sekipan Tawamangu.

Kini, Bukit Sekipan Tawamangu menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Tengah. Para wisatawan datang untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan, berjalan-jalan di tepian kebun teh, atau trekking di lereng bukit yang hijau. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati suasana yang tenang dan menyegarkan serta mengunjungi beberapa objek wisata terdekat seperti air terjun dan candi-candi kuno.

Dengan sejarahnya yang panjang dan keindahan alamnya yang memukau, Bukit Sekipan Tawamangu memang menjadi destinasi wisata yang menarik bagi siapa saja yang mencari ketenangan dan keindahan alam di tengah kesibukan perkotaan.

Aktivitas Seru

Aktivitas Seru

Setelah mengetahui sejarah, berikutnya akan dijelaskan aktivitas seru di Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu.

Berikut beberapa rekomendasi aktivitas seru yang bisa dilakukan di Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu:

1. Outbound: Di Bukit Sekipan, Anda dapat mencoba berbagai aktivitas outbound yang menantang seperti flying fox, tali tamtama, dan lain-lain. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman seru dan adrenalin yang tinggi.

2. Jeep Tour: Nikmati keindahan alam Bukit Sekipan dengan menjelajahi kawasan ini menggunakan jeep. Anda akan diajak berkeliling menyusuri trek yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

3. Berkeliling Kampung Tematik: Jelajahi kampung-kampung tematik di sekitar Bukit Sekipan dan temukan berbagai atraksi menarik seperti rumah adat, kebun bunga, dan nuansa kampung yang asri. Anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan alam dan budaya setempat.

4. Berfoto di Spot Menarik: Wisata Bukit Sekipan juga menyediakan berbagai spot foto yang menarik. Mulai dari spot dengan latar belakang pemandangan pegunungan, hutan pinus, dan berbagai spot unik lainnya. Jadikan momen Anda di sini tak terlupakan dengan berfoto di spot-spot yang indah ini.

5. Bermain di Berbagai Wahana Seru: Untuk Anda yang mencari sensasi bermain seru, Bukit Sekipan menyediakan berbagai wahana menyenangkan seperti ATV, pick-up off-road, dan lainnya. Aktivitas ini sangat cocok untuk Anda yang suka tantangan dan kegembiraan.

6. Bermain Air: Di Bukit Sekipan, Anda juga dapat bermain air di kolam renang atau waterpark yang tersedia. Nikmati kesegaran dan kegembiraan bersama keluarga dan teman-teman Anda dalam aktivitas bermain air yang seru.

7. Menginap: Jika Anda ingin menikmati suasana Bukit Sekipan lebih lama, Anda dapat memilih untuk menginap di salah satu penginapan yang berada di sekitar kawasan ini. Tersedia berbagai pilihan penginapan mulai dari vila, hotel, hingga homestay yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu merupakan salah satu destinasi wisata yang populer dan terjangkau.

Untuk masuk ke area wisata ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk yang terbilang murah.

Terdapat dua tipe tiket yang tersedia, yaitu tiket reguler dan tiket terusan. Untuk tiket reguler, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000 per orang. Dengan membayar tiket reguler ini, pengunjung dapat menikmati seluruh fasilitas dan pemandangan yang disediakan di Bukit Sekipan.

Sementara itu, untuk tiket terusan, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp80.000 per orang. Tiket terusan ini memungkinkan pengunjung untuk mengunjungi seluruh area wisata di Bukit Sekipan, termasuk juga beberapa wahana permainan yang ada di dalamnya.

Dengan harga tiket yang terjangkau, Bukit Sekipan Tawangmangu menjadi destinasi wisata yang menarik bagi berbagai kalangan pengunjung. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh bukit ini serta merasakan kedamaian dan ketenangan suasana di sana. Jika tertarik, objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 petang.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu terletak di lokasi dengan akses yang mudah dan terjangkau.

Lokasi bukit ini berada sekitar 30 kilometer di sebelah tenggara Kota Solo. Untuk mencapai Bukit Sekipan, terdapat beberapa pilihan akses baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, dapat menggunakan angkutan umum seperti bus dari Terminal Tirtonadi Solo menuju Terminal Tawangmangu. Setelah tiba di Terminal Tawangmangu, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan lain seperti ojek atau taksi menuju Bukit Sekipan.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat mengikuti jalur utama dari Kota Solo menuju Tawangmangu melalui Jalan Raya Solo - Karanganyar - Tawangmangu. Perjalanan dari Solo menuju Bukit Sekipan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam, tergantung dari kondisi lalu lintas.

Selama perjalanan, wisatawan akan melewati hamparan perbukitan yang hijau dan udara yang sejuk, menjadi pengalaman yang menyenangkan. Dengan panorama alam yang indah dan akses yang mudah, Bukit Sekipan Tawangmangu menjadi destinasi favorit para pecinta alam dan penggemar fotografi.

7 Wisata Tawangmangu yang Indah dan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi
7 Wisata Tawangmangu yang Indah dan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi

Tawangmangu menawarkan keindahan alam yang memesona.

Baca Selengkapnya
11 Tempat Wisata Pangalengan, Penuh dengan Panorama Alam Memukau
11 Tempat Wisata Pangalengan, Penuh dengan Panorama Alam Memukau

Pangalengan menawarkan keindahan alam, kekayaan budaya yang autentik, dan petualangan yang menarik untuk dikunjungi.

Baca Selengkapnya
9 Tempat Wisata Sumedang yang Populer, Sajikan Panorama Indah Memesona
9 Tempat Wisata Sumedang yang Populer, Sajikan Panorama Indah Memesona

Dari puncak gunung yang menawarkan pemandangan alam yang luas, hingga air terjun yang menyegarkan, Sumedang memiliki segalanya untuk memikat hati para wisatawan

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
12 Wisata Bontang yang Indah dan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi
12 Wisata Bontang yang Indah dan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi

Dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang lebat dan sungai yang mengalir membelah kota, Bontang menawarkan pemandangan alam yang memukau.

Baca Selengkapnya
5 Wisata di Subang Populer, Sajikan Panorama Alam Memesona
5 Wisata di Subang Populer, Sajikan Panorama Alam Memesona

Subang memiliki suasana cuaca dan alam yang sejuk dan asri.

Baca Selengkapnya
Sisi Menarik Bukit Turgo Pakem, Wisata Alam di Sleman yang Sarat Nilai Sejarah dan Pengetahuan
Sisi Menarik Bukit Turgo Pakem, Wisata Alam di Sleman yang Sarat Nilai Sejarah dan Pengetahuan

Selain disakralkan, makam Syekh Jumadil Qubro di puncak Bukit Turgo juga memiliki panorama alam yang indah. Kini makam tersebut juga sudah dipugar dengan baik.

Baca Selengkapnya
5 Taman Wisata Kopeng Salatiga yang Paling Instragamable, Cocok Banget Melepas Penat dari Kesibukan Aktivitas
5 Taman Wisata Kopeng Salatiga yang Paling Instragamable, Cocok Banget Melepas Penat dari Kesibukan Aktivitas

Taman wisata Kopeng, Jawa Tengah tidak boleh dilewatkan jika Anda sedang berkunjung ke sana.

Baca Selengkapnya
8 Wisata Temanggung yang Populer, Indah dan Menakjubkan
8 Wisata Temanggung yang Populer, Indah dan Menakjubkan

Keindahan alam wisata Temanggung menawarkan pesona yang memukau bagi para pengunjung.

Baca Selengkapnya
Wisata Alam Posong Temanggung, Sajian Pemandangan Memukau
Wisata Alam Posong Temanggung, Sajian Pemandangan Memukau

Wisata Alam Posong Temanggung memiliki berbagai spot foto menarik.

Baca Selengkapnya