Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>Format Paper yang Benar dan Cara Membuatnya, Jangan Sampai Salah</b>

Format Paper yang Benar dan Cara Membuatnya, Jangan Sampai Salah

Sebelum menulis, pahami format paper yang benar, Anda dapat menghasilkan karya yang baik.

Format paper yang benar perlu dipahami agal menghasilkan karya yang baik. Menulis paper yang benar adalah salah satu keterampilan yang penting, terutama bagi mahasiswa tingkat akhir atau mahasiswa pascasarjana. Penelitian dan analisis yang dilakukan dalam paper dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam dalam suatu topik yang diteliti.

Struktur paper yang benar dapat membantu mengorganisir informasi dengan baik sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Selain struktur yang benar, format juga sangat penting dalam penulisan paper. Beberapa konvensi yang umum digunakan dalam format paper adalah gaya penulisan, penulisan referensi, dan pengaturan halaman. Pastikan untuk mengikuti aturan format yang ditetapkan oleh institusi atau jurnal tempat Anda ingin mempublikasikan paper.

Apa Itu Paper?

Paper adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang membahas topik tertentu dengan didukung oleh data dan argumen yang valid. Paper biasanya berisi ringkasan dari hasil penelitian atau review dari penelitian-penelitian yang sudah ada.

Paper juga bisa berisi perspektif atau analisis dari penulis tentang suatu masalah atau fenomena. Paper berbeda dengan makalah, karena paper lebih menekankan pada argumen dan perspektif penulis, sedangkan makalah lebih menekankan pada penelitian dan pembahasan topik

Format Paper yang Benar

Format paper yang benar adalah format penulisan yang sesuai dengan standar ilmiah dan kaidah bahasa yang baik dan benar.

Format paper biasanya meliputi beberapa bagian, seperti judul, abstrak, pendahuluan, isi, penutup, dan daftar pustaka. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing bagian tersebut:

-Judul: Judul paper harus merepresentasikan isi dari paper tersebut secara jelas dan spesifik. Judul paper tidak boleh terlalu panjang, maksimal 12 kata, dan menggunakan huruf besar hanya di tiap awal kata. Judul paper ditulis dengan posisi center dan font size 14.

-Abstrak: Abstrak adalah ringkasan dari isi paper yang ditulis dalam satu paragraf. Abstrak harus mencakup latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari paper. Abstrak ditulis dengan spasi tunggal dan font size 12.

-Pendahuluan: Pendahuluan adalah bagian yang menjelaskan tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan batasan penelitian. Pendahuluan juga bisa berisi ulasan singkat tentang penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik paper. Pendahuluan ditulis dengan spasi 1.5 dan font size 12.

-Isi: Isi adalah bagian utama dari paper yang berisi pembahasan tentang objek, metode, dan hasil penelitian. Isi paper bisa dibagi menjadi beberapa sub-bagian sesuai dengan kebutuhan, seperti landasan teori, analisis data, pembahasan, dan lain-lain. Isi paper ditulis dengan spasi 1.5 dan font size 12.

-Penutup: Penutup adalah bagian yang merangkum hasil dan kesimpulan dari paper. Penutup juga bisa berisi saran atau rekomendasi untuk penelitian selanjutnya. Penutup ditulis dengan spasi 1.5 dan font size 12.

-Daftar Pustaka: Daftar Pustaka adalah bagian yang mencantumkan sumber-sumber referensi yang digunakan dalam paper. Daftar Pustaka harus disusun sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku, seperti APA, MLA, Harvard, dan lain-lain. Daftar Pustaka ditulis dengan spasi tunggal dan font size 12.

Cara Membuat Paper yang Baik dan Benar

Cara membuat paper yang baik dan benar cukup mudah dilakukan. Saat membuat paper, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yakni menentukan tema, menulis pendahuluan, menulis isi, dan kesimpulan. Berikut penjelasan lengkapnya:

Tentukan Tema

Cara membuat paper yang pertama ialah menentukan tema. Namun, sebelum menentukan tema, pahami dulu tugasnya. Identifikasi tujuan tugas, tenggat waktu, spesifikasi panjang, dan metode pengiriman paper. Buat daftar poin-poin penting, kemudian kembali dan coret item yang sudah selesai saat menulis.

Setelah selesai mengidentifikasi tugas, Anda harus menentukan sebuah tema. Jika Anda diberi kebebasan untuk menentukan tema, pilih tema yang menarik untuk dibahas. Untuk mendapatkan tema yang menarik, Anda bisa membaca buku, jurnal, menonton film, hingga menghadiri acara tertentu.

Tulis Pendahuluan

Cara membuat paper yang baik dan benar selanjutnya, yaitu menulis pendahuluan. Dalam tahap ini, Anda perlu menjawab tiga pertanyaan, yakni apa, mengapa, dan bagaimana? Setelah menyelesaikan pendahuluan, pembaca harus mengetahui tentang makalah itu, mengapa itu layak dibaca, dan bagaimana Anda akan membangun sebuah argumen.

Untuk menjawab pertanyaan “apa”, bersikaplah spesifik tentang topik makalah, perkenalkan latar belakang, dan tentukan istilah atau konsep kunci.

Untuk “mengapa” cobalah untuk memberikan jawaban singkat atas pertanyaan-pertanyaan berikut: materi atau wawasan baru apa yang ditawarkan. Sedangkan, untuk pertanyaan “bagaimana”, berguna untuk memberi peta dari apa yang akan dibahas.

Tulis Isi

Cara membuat paper yang baik dan benar berikutnya, yaitu menulis isi. Paper harus disajikan secara detail dan rinci agar semua informasi penting bisa tersampaikan dengan baik. Pastikan tulisan isi tetap sesuai dengan outline yang sudah dibuat.

Selain itu, perhatikan juga paragraf yang mencakup hal yang sama. Jika dua paragraf membahas sesuatu yang serupa, mereka harus mendekati topik itu dengan cara yang berbeda.

Tulis Kesimpulan

Cara membuat paper selanjutnya ialah menulis kesimpulan. Setelah menulis pendahuluan dan isi, saatnya Anda menulis sebuah kesimpulan isi paper.

Kesimpulan paper penelitian dirancang untuk membantu pembaca keluar dari argumen paper, memberi mereka rasa finalitas.

Cara menulis kesimpulan paper cukup mudah, telusuri jalannya paper, tekankan bagaimana semuanya bersatu untuk membuktikan pernyataan tesis. Berikan kesan akhir pada paper dengan memastikan pembaca memahami cara menyelesaikan sebuah masalah yang diangkat dalam penelitian.

Format Paper yang Benar dan Cara Membuatnya, Jangan Sampai Salah

Artikel ini ditulis oleh
Tyas Titi Kinapti

Editor Tyas Titi Kinapti

Format paper biasanya meliputi beberapa bagian, seperti judul, abstrak, pendahuluan, isi, penutup, dan daftar pustaka.

Reporter
  • Andre Kurniawan

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Waspada Penipuan Sasar Wajib Pajak, Begini Modus dan Cara Mengatasinya

Waspada Penipuan Sasar Wajib Pajak, Begini Modus dan Cara Mengatasinya

Modus terbaru adalah munculnya pesan yang menyematkan file berformat .apk. Padahal, DJP tidak pernah memberikan pemberitahuan dengan embel macam-macam.

Baca Selengkapnya icon-hand
Format Surat Tanda Terima Uang, Perlu Diketahui

Format Surat Tanda Terima Uang, Perlu Diketahui

Surat tanda terima adalah dokumen penting sebagai bukti penyerahan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Penyumbang Polusi, Ini Bahaya Asap Bakar Sampah Bagi Kehidupan Manusia

Penyumbang Polusi, Ini Bahaya Asap Bakar Sampah Bagi Kehidupan Manusia

Proses pembakaran, baik sampah organik maupun anorganik akan menghasilkan asap yang mengandung zat-zat beracun.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tujuan Penulis Makalah, Lengkap Beserta Cara Membuatnya

Tujuan Penulis Makalah, Lengkap Beserta Cara Membuatnya

Makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan.

Baca Selengkapnya icon-hand
40 Kata-Kata Idul Adha Penuh Makna, Sambut Hari Raya Kurban dengan Sukacita

40 Kata-Kata Idul Adha Penuh Makna, Sambut Hari Raya Kurban dengan Sukacita

Merayakan Idul Adha dengan berbagi kata-kata indah penuh makna akan membantu menyemarakkan momennya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Pesan Mendalam

Pesan Mendalam "Sikap Pemimpin ke Rakyat" di Balik Pagelaran Wayang Ditonton Jenderal TNI- Polri

Pagelaran wayang kulit bertajuk "1 Layar 4 Dalang" diselenggarakan oleh Mahkamah Agung RI pada Jumat(25/8) lalu di halaman upacara Mahkamah Agung RI.

Baca Selengkapnya icon-hand
Daftarkan Anies-Cak Imin, Surya Paloh Harap KPU Berdiri Tegak

Daftarkan Anies-Cak Imin, Surya Paloh Harap KPU Berdiri Tegak

Paloh melanjutkan, kemenangan dapat dicapai dengan menjaga persatuan dan kesatuan.

Baca Selengkapnya icon-hand