India tetapkan pernikahan dengan anak di bawah umur adalah pemerkosaan.

Rabu, 11 Oktober 2017 20:20 Reporter : Pandasurya Wijaya
India tetapkan pernikahan dengan anak di bawah umur adalah pemerkosaan. Pernikahan India. AFP

Merdeka.com - Mahkamah Agung India hari ini membuat keputusan bersejarah dengan menyatakan pria yang menikahi perempuan di bawah usia 18 tahun sama dengan memperkosa.

Laman the Independent melaporkan, Rabu (11/10), dengan demikian, menurut Mahkamah Agung, perempuan di bawah 18 tahun yang diperkosa suami bisa mengajukan tuntutan hingga setahun setelah pernikahan terjadi.

Sebelumnya undang-undang soal pemerkosaan di India menyatakan pria boleh menikahi perempuan berusia 15 tahun ke atas. Putusan Mahkamah Agung itu dengan demikian mengamandemen undang-undang tersebut.

"Jika pria berhubungan intim dengan istri di bawah usia 18 tahun maka itu adalah pelanggaran. Si istri bisa menuntut suaminya hingga waktu satu tahun," kata putusan bersejarah itu.

Lembaga independen pembela hak asasi kaum perempuan, Independent Thought menyambut baik putusan ini.

"Ini adalah keputusan bersejarah yang memperbaiki pandangan salah terhadap perempuan selama ini. Bagaimana mungkin pernikahan dipakai jadi alasan untuk mendiskriminasi kaum perempuan?" ujar pendiri Independent Thought Vikram Srivastava kepada kantor berita BBC. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini