Pemerintah perpanjang tiga bulan IUP Khusus Freeport, berlaku hingga Januari 2018

Senin, 9 Oktober 2017 19:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Freeport. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sementara demi memberi kepastian usaha bagi PT Freeport Indonesia (PTFI).

IUPK sementara ini akan berlaku sepanjang perundingan mengenai keputusan operasional jangka panjang berlangsung. Adapun, perundingan ini memakan waktu delapan bulan sejak 10 Februari 2017 berlaku hingga tanggal 10 Oktober 2017.

Dengan begitu, tinggal sehari lagi IUPK Sementara Freeport akan berakhir. Meskipun demikian negosiasi antara Pemerintah dan PT Freeport Indonesia belum juga selesai. Pemerintah pun memberikan tambahan waktu tiga bulan lagi kepada Freeport setelah IUPK sementara berakhir.

IUPK sementara Freeport pun akan berlaku hingga Januari 2018. Pemerintah mengharapkan proses negosiasi dengan Freeport dapat segera diselesaikan dalam tempo tiga bulan tersebut.

"Di IUPK-nya jelas kita akan kasih tiga bulan saja. Tiga bulan," ujar Jonan dalam Rapat dengan Komisi VII DPR-RI, di Ruang Rapat Komisi VII, DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (9/10).

Lebih jauh, Jonan pun kembali menekankan bahwa Pemerintah tidak serta merta memberikan perpanjangan kontrak 2x10 tahun kepada Freeport. Sebab, menurutnya, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

"Pemerintah akan setuju perpanjangan maksimum 2x10 tahun jika, pertama divestasinya jalan. Kalau tidak jalan ya tidak setuju. Kedua, penerimaan negara harus lebih besar," tegas [sau]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini