Lion Air buka rute penerbangan Solo-Jeddah

Sabtu, 28 Oktober 2017 23:00 Reporter : Arie Sunaryo
Lion Air buka rute penerbangan Solo-Jeddah Lion Air. stevenairspace.com

Merdeka.com - Hari ini, maskapai Lion Air membuka rute penerbangan baru Solo-Jeddah. Pembukaan rute tersebut bertujuan untuk memberi kemudahan dan pilihan bagi calon jemaah umrah asal Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur bagian barat dengan harga yang lebih terjangkau.

Area Manager Lion Air Jogja-Solo-Semarang, Widi Wiyanti mengatakan, pada penerbangan perdana sebanyak 436 jemaah umrah diberangkatkan langsung dari Bandara Internasional Adi Soemarmo ke Jeddah, Arab Saudi.

"Alhamdulillah pada hari ini kami telah memberangkatkan 436 jemaah dengan pesawat Lion Airbus A330-200 JT 112. Tadi terbang pada pukul 9.22 WIB," ujar Widi.

Dia menyebut, hari ini sebagai hari bersejarah karena merupakan penerbangan pertama Solo-Jeddah dengan Lion Air. Dalam waktu dekat yakni 21 November pihaknya juga menyelenggarakan program umrah 9 hari, Solo-Jeddah-Solo. Kemudian dilanjutkan tanggal 27, Solo-Madinah, kembalinya Jeddah-Solo.

"Insya Allah ini menjadi rute favorit, karena landingnya di Madinah. Program umrah 2017 ini hadir di 11 kota dimulai dua hari lalu, salah satunya Solo ini," jelasnya.

Widi menegaskan, penerbangan tersebut nantinya akan menjadi penerbangan reguler. Penerbangan Solo-Jeddah akan dilayani dua kali dalam sepakan dengan pesawat boeing 737 MAX 8.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman mengaku talah memberikan rekomendasi pembukaan rute baru kepada Lion Air. Usman berpesan agar Lion memperhatikan faktor keselamatan, keamanan, dan peningkatan pelayanan.

"Terkait keamanan dan keselamatan kemarin sudah ditinjau oleh Dirjen Perhubungan Udara, dan dinyatakan layak. Kenyamanan, sudah kami gladikan, kami atur penumpang agar tidak sampai numpuk hingga terlaksana tadi pagi, hingga take off tidak ada masalah," kata Abdullah.

Usman menyampaikan, saat ini di Solo dalam seminggu ada 5 flight ke Jeddah. Hari Senin dengan Lion sekali, Selasa Lion dan Garuda Indonesia, Kamis Garuda Indonesia dan Sabtu Lion Air.

"Memang gudangnya umrah ya di Jawa Tengah ini. Saya berharap Lion bisa langgeng terbang ke Timur Tengah dan tidak berhenti di tengah jalan," ucapnya.

Direktur Utama PT Hajar Aswad, Retno Anugerah Andriyani menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Lion Air memberangkatkan jemaah umrah pertama dengan harga yang lebih murah.

"Kami bangga di Milad ke-5 PT Hajar Aswad ini bisa memberangkakan calon jamaah umrah perdana bersama Lion Air. Ada 436 jamaah umrah dari Solo - Jeddah yang kami berangkatkan. Masyarakat bisa memilih biro dengan harga yang lebih murah," pungkasnya.

[sau]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini