6 Rahasia Hidup Kaya dan Bisa Pensiun di Usia 30-an Tahun

Sabtu, 7 November 2020 08:00 Reporter : Merdeka
6 Rahasia Hidup Kaya dan Bisa Pensiun di Usia 30-an Tahun Ilustrasi sukses. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Creativa

Merdeka.com - Pensiun di usia 30-an tahun mungkin sangat menyenangkan. Dengan catatan, di masa pensiun tersebut tidak hidup susah dan jauh dari kata kebangkrutan. Namun demikian, faktanya saat ini banyak orang yang justru memasuki masa pensiun saat umur 50-an tahun.

Namun ini tidak berlaku bagi Steve Adcock, yang menjadi salah satu jutawan yang berhasil pensiun di umur 30-an dan diikuti oleh istrinya Courtney.

Jika Anda juga menginginkan pensiun di umur 30-an dan menjadi jutawan seperti Steve Adcock, berikut 6 prinsip dasar membangun kekayaan yang mungkin bisa dicontek seperti dikutip dari dari CNBC.

1. Kebebasan Finansial

Aturan pertama yang paling penting yakni mengenai keinginan mencapai tujuan yang cukup untuk menjadikannya sebagai prioritas utama.

Jutawan tersebut membuat perubahan dramatis pada kebiasaan keuangannya. Dia menginvestasikan uang yang dimilikinya. Selain itu juga menabung 70 persen dari penghasilan yang didapatkan.

2. Tingkatkan Penghasilan

Anda harus selalu memikirkan cara untuk menggunakan keterampilan yang dimiliki untuk meningkatkan penghasilan, walaupun sudah memiliki gaji yang tetap.

Namun perlu diingat jika memiliki pekerjaan sampingan dari keterampilan yang dimiliki, pekerjaan utama jangan dilupakan karena tetap menjadi sumber penghasilan utama.

3. Investasi Aset

Dengan menabung, mendapatkan kenaikan gaji dan melakukan pekerjaan sampingan tidak akan membantu Anda pensiun dengan lebih cepat. Maka cara yang lain dapat dilakukan adalah dengan berinvestasi dalam aset seperti pasar saham, real estat, bisnis, dan lainnya.

Dalam berinvestasi, lebih baik terlambat daripada tidak memulainya sama sekali. Jika Anda belum memulainya, maka ada banyak website yang bisa dipelajari atau bisa langsung berbicara dengan penasihat keuangan yang terpercaya.

Baca Selanjutnya: 4 Mengotomatiskan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini