Tingkatkan fungsi otak dengan lakukan yoga 20 menit

Minggu, 9 Juni 2013 11:07 Reporter : Kun Sila Ananda
Tingkatkan fungsi otak dengan lakukan yoga 20 menit Ilustrasi yoga. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Dmitry Berkut

Merdeka.com - Olahraga yoga tak hanya meningkatkan kebugaran tubuh, melainkan juga bisa meningkatkan fungsi otak dan fokus. Penelitian terbaru menemukan bahwa hanya dengan melakukan yoga selama 20 menit, seseorang bisa meningkatkan fungsi otaknya.

Hal ini ditemukan ilmuwan di University of Illinois di Urbana-Champaign setelah mengamati 30 orang. Partisipan diukur kemampuan otaknya menggunakan tes memori. Hasilnya, partisipan yang melakukan yoga selama 20 menit diketahui lebih cepat dan akurat dalam melakukan tes dibandingkan dengan orang yang melakukan jogging atau menggunakan treadmill selama 20 menit.

"Yoga adalah ilmu dari India kuno serta jalan hidup yang tak hanya melibatkan gerakan fisik tetapi juga menjaga pernapasan dan meditasi," ungkap peneliti seperti dilansir oleh NY Daily News (07/06).

Dengan mengikuti latihan yoga, partisipan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk memfokuskan mental mereka, merespon informasi dengan lebih cepat, akurat, serta mampu belajar dan mengingat lebih baik dibandingkan dengan partisipan yang melakukan olahraga lain.

Proses pernapasan membuat pikiran lebih tenang dan mencegah pikiran buruk untuk datang. Dalam penelitian terpisah yang diterbitkan bulan lalu, peneliti juga menemukan bahwa melakukan yoga dua kali seminggu bisa menurunkan tekanan darah. Dalam penelitian yang dipimpin oleh Dr Debbie Cohen dari University of Pennsylvania ini mengamati 56 pria dan wanita selama 34 minggu. [kun]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini