Pil KB bisa sebabkan gigi rusak?

Selasa, 7 Oktober 2014 11:56 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Pil KB bisa sebabkan gigi rusak? Ilustrasi pil KB. Shutterstock/Image Point Fr

Merdeka.com - Sebuah penelitian mengejutkan berkaitan dengan alat kontrasepsi serta kesehatan gigi ditemukan oleh para peneliti dari Ware Centre of Dental Excellence di Hertfordshire, Inggris. Penelitian ini mengatakan bahwa penggunaan pil KB ternyata bisa menyebabkan gigi Anda meradang dan rusak.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, pil KB berfungsi untuk meningkatkan kadar hormon progesteron untuk mencegah kehamilan. Namun di sisi lain, pil ini mampu menyebabkan reaksi berlebihan terhadap plak gigi yang memicu peradangan.

"Hormon progesteron yang berlebih di dalam tubuh wanita dapat mempercepat pembentukan plak. Selain itu hormon ini juga dapat membuat gusi Anda rentan berdarah ketika disikat," kata Dr Jeremy Hill, salah seorang peneliti.

"Walaupun begitu, hal ini sebenarnya bisa dicegah. Caranya adalah dengan selalu menggunakan obat kumur antiseptik yang akan membantu Anda untuk mencegah pembentukan plak. Mengonsumsi makanan sehat juga dapat memperkuat kesehatan gigi dan mulut Anda," sarannya. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini