Perhatikan Menu Sahur dan Buka bagi Anak yang Berpuasa untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Minggu, 26 Mei 2019 14:20 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Perhatikan Menu Sahur dan Buka bagi Anak yang Berpuasa untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ilustrasi puasa. iStock

Merdeka.com - Puasa bagi anak-anak merupakan hal yang cukup berat dilakukan sehingga butuh sejumlah penyesuaian dalam melakukannya. Selain menyiapkan mental anak, orangtua juga penting mengetahui makanan apa yang tepat bagi sang anak.

Karena anak umumnya menyukai makanan yang manis dan dalam bentuk kemasan, penting bagi orangtua memilih nutrisi yang tepat dalam menu sahur dan berbuka puasa. Dengan cara ini, maka anak bisa tetap lancar dalam berpuasa sembari terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Dr. Diatrie Anindyajathi, MSc,SpA mengatakan, sahur dan berbuka disarankan untuk makan-makanan yang mencakup variasi nutrisi yang harus terkandung dalam diet sehari-hari. Sebagai gambaran, makanan harus mengandung protein disarankan sumber protein hewani dan terutama daging merah sebagai sumber zat besi, lalu karbohidrat seperti nasi,roti gandum, pasta, kentang, dan lemak seperti makanan mengandung minyak zaitun dan minyak kelapa.

"Jangan lupa untuk konsumsi sayur dan buah," paparnya saat dihubungi redaksi Fimela.com.

Dr. Diatrie juga mengatakan untuk tidak lupa mencukupi kebutuhan cairan tubuh anak selama tidak puasa. Seperti memberikan 8 gelas air per hari: 1 gelas setelahbanging sahur, 1 gelas selepas sahur, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah sholat maghrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas setelah sholat tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur.

Menurut dr. Diatrie, hindarilah makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. Seperti jus dalam kemasan karena dapat menyebabkan perubahan kadar gula darah yang drastis dan menyebabkan anak lemas.

Reporter: Anisha Saktian Putri
Sumber: Fimela.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini