Meningkatkan Kebugaran Tubuh Bisa Bantu Turunkan Risiko Kanker

Minggu, 12 Mei 2019 18:10 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Meningkatkan Kebugaran Tubuh Bisa Bantu Turunkan Risiko Kanker Ilustrasi bugar. ©Shutterstock.com/ Supri Suharjoto

Merdeka.com - Berolahraga dan memiliki tubuh yang bugar telah lama dihubungkan dengan kesehatan jantung. Namun rupanya kondisi bugar ini juga dapat menurunkan risiko munculnya kanker.

Dilansir dari The Health Site, sebuah penelitian mengungkap bahwa pada orang dewasa yang memiliki badan sehat, terdapat risiko lebih rendah terhadap berkembangnya kanker paru-paru dan kolorektal. Hasil ini diketahui ketika dibandingkan dengan mereka yang memiliki kondisi kesehatan buruk.

Dalam penelitian ini, tim peneliti memeriksa data dari 49.143 orang dewasa. Diketahui bahwa mereka dengan kondisi kesehatan yang baik memiliki 77 persen risiko lebih rendah mengalami kanker paru-paru. Pada kanker kolorektal, risiko mereka menurun hingga 61 persen.

Hasil penelitian ini dipublikasikan pada jurnal Cancer ini menunjukkan bahwa pada mereka yang memiliki kanker paru-paru dengan kondisi kebugaran baik, risiko kematian menurun hingga 44 persen. Sedangkan pada mereka yang memiliki kanker kolorektal, mereka dengan kondisi kebugaran baik memiliki risiko kematian turun hingga 89 persen.

"Temuan kami merupakan salah satu yang pertama, paling besar, dan paling beragam untuk melihat efek kebugaran terhadap kanker," jelas Catherine Handy Marshal, asisten profesor dari John Hopkin University di Amerika Serikat.

"Tes kebugaran banyak dilakukan saat ini untuk untuk disampaikan kepada dokter. Banyak orang mungkin sudah memiliki hasil ini dan dapat diinformasikan mengenai hubungan dari kebugaran dengan risiko kanker sebagai tambahan dari kondisi tingkat kebugaran terhadap berbagai hal lain seperti penyakit jantung," sambung Marshall. [RWP]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini