Kurang Bercinta Bisa Tingkatkan Peluang Orang Tua Mengalami Kanker

Senin, 9 September 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kurang Bercinta Bisa Tingkatkan Peluang Orang Tua Mengalami Kanker Ilustrasi Orang Tua. ©CCO Public Domain

Merdeka.com - Ketika usia bertambah dan kamu memasuki golongan lanjut usia, keinginan untuk bercinta bakal menurun seiring waktu. Hal ini biasanya disebabkan karena sejumlah hal yang kamu alami.

Lebih lanjut, kurang bercinta ini bisa menyebabkan seorang pria mengalami masalah kesehatan. Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian mengungkap bahwa kurang bercinta merupakan salah satu faktor risiko kanker bagi pria lanjut usia.

Sebuah penelitian yang dilakukan Anglia Ruskin University, Inggris melibatkan 5.700 pria dan wanita lanjut usia. Diketahui bahwa pria yang melakukan seks lebih sedikit setelah usia 50 tahun mengalami risiko penyakit serius lebih dari dua per tiga.

Penelitian ini juga menemukan bahwa wanita 64 persen lebih sering mengaku tidak sehat ketika mereka kurang melakukan seks. Hal ini menjadi tanda pentingnya untuk terus aktif secara seksual.

1 dari 3 halaman

Membantu Membakar Kalori

Orang-orang lanjut usia ini seharusnya tetap bercinta dengan pasangan mereka untuk mendapat manfaat kesehatan. Ketika bercinta, endorfin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dilepaskan. Sekali bercinta juga diketahui bisa membakar hingga 85 kalori.

Penelitian ini juga menemukan bahwa pria yang tak tertarik bercinta 63 persen lebih berisiko didiagnosis kanker. 41 persen pria ini juga diketahui memiliki peluang mengalami penyakit dalam jangka panjang meningkat.

2 dari 3 halaman

Mendukung Penelitian Sebelumnya

Hasil penelitian ini mendukung riset sebelumnya yang menyebut bahwa berkurangnya seks merupakan pertanda penyakit di masa mendatang. Sebagai contoh, pria yang mengalami impotensi mungkin mendapat masalah vaskular yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Penelitian juga menemukan bahwa pria lanjut usia yang kondusu libidonya sama seperti di masa muda memiliki risiko yang lebih rendah. Hanya sekitar 15 persen dari pria ini yang mengalami penyakit seperti diabetes atau radang sendi.

3 dari 3 halaman

Seks Merupakan Bentuk Olahraga

Penyakit yang sama juga cenderung dialami pria yang gairah seksualnya menurun. Peluang kanker pada pria ini lebih tinggi enam persen dibanding pada mereka yang tetap bercinta di usia tua.

"Penting untuk mengingat bahwa seks merupakan bentuk aktivitas fisik yang sering dilakukan dalam intensitas sedang," ungkap Dr. Lee Smith, peneliti senior pada riset tersebut.

Walau begitu, peneliti juga belum bisa memastikan bahwa apakah kurangnya seks yang menjadi penyebab penyakit, atau hal ini merupakan pertanda seseorang memang sakit. Hanya saja, mereka percaya bahwa bercinta secara rutin sekali atau dua kali seminggu bisa berdampak positif pada kesehatan. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini