Konsumsi Parasetamol pada Ibu Hamil Bisa Sebabkan Anak Hiperaktif

Sabtu, 21 September 2019 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Parasetamol pada Ibu Hamil Bisa Sebabkan Anak Hiperaktif Ilustrasi ibu hamil minum obat. Shutterstock/wong sze yuen

Merdeka.com - Pada ibu yang mengandung, hal apa yang mereka lakukan dan makanan apa yang mereka konsumsi bisa sangat menentukan kondisi mereka. Baik pada diri sendiri maupun pada bayi yang dikandung, hal ini bisa sangat menentukan.

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil menentukan kondisi kesehatan bayi mereka di masa mendatang. Hal ini juga termasuk dengan obat-obatan yang mereka konsumsi saat hamil.

Dilansir dari The Sun, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi paracetamol pada ibu hamil bisa timbulkan masalah pada janin. Hal ini disebut bisa menyebabkan anak yang dikandung menjadi hiperaktif.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Bristol University. Peneliti mencoba mencari hubungan antara obat yang dikonsumsi dengan masalah perilaku pada sekitar 14.000 anak yang menjadi partisipan.

1 dari 3 halaman

Kemungkinan Muncul Efek dari Parasetamol

"Temuan kami menambah rangkaian hasil yang mencemaskan adanya kemungkinan munculnya efek dari konsumsi parasetamol ketika hamil dengan hadinya asma atau masalah perilaku pada anak," terang peneliti, Professor Jean Golding dari University of Bristol.

"Hal ini mendukung saran agar wanita seharusnya berhati-hati ketika mengonsumsi obat selama kehamilan dan mencari saran pengobatan jika diperlukan," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Belum Diketahui Apakah Dampak Bersifat Temporer atau Permanen

Penelitian ini dilakukan pada anak usia antara enam bulan hingga sebelas tahun. Percobaan dilakukan dengan melihat ingatan dan IQ mereka hingga usia 17.

Peneliti mengungkap bahwa penelitian lanjutan dibutuhkan untuk menentukan apakah terdapat hubungan kuat antara kedua hal ini. Perlu pemahaman lebih lanjut apakah perilaku ini terjadi secara temporer atau permanen.

3 dari 3 halaman

Perlu Penelitian Lebih Lanjut

"Penting bahwa temuan kami dites pada penelitian lain. Kami tidak dalam posisi untuk menjelaskan sebab akibat, namun pada hubungan antara dua hasil," jelas Professor Golding.

"Akan berguna juga untuk kini menilai apakah anak yang lebih tua dan orang dewasa bebas dari masalah perilaku yang menyulitkan jika ibu mereka mengonsumsi parasetamol," tandasnya. [RWP]

Baca juga:
Bagi Wanita Hamil, Posisi Tidur Ini Ternyata Aman dan Tak Sebabkan Masalah
Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Pernikahan untuk Cegah Risiko Anemia
Benarkah Penderita Anemia Harus Menghindari Konsumsi Susu?
Stres yang Dialami oleh Ibu Hamil Bisa Timbulkan Masalah Kepribadian pada Buah Hati

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini