Konsumsi Jambu Secara Rutin Saat Sarapan Bisa Bantu Kontrol Kadar Gula Darah

Jumat, 25 Oktober 2019 17:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Jambu Secara Rutin Saat Sarapan Bisa Bantu Kontrol Kadar Gula Darah Ilustrasi jambu. ©Pixabay/HironmoiBorah

Merdeka.com - Menjaga kadar gula darah tetap dalam angka yang tepat merupakan suatu hal yang penting bagi seseorang yang memiliki diabetes tipe 2. Salah satu cara paling penting dalam menjaga kadar gula yang tepat adalah melalui makanan yang kamu konsumsi.

Jenis makanan ini memegang peran sangat penting dalam menjaga kadar glukosa. Hal ini secara langsung bisa membantu tubuh menghindari sejumlah masalah kesehatan serta komplikasi.

Salah satu buah yang ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan penderita diabetes adalah jambu. Dilansir dari Medical Daily, manfaat kesehatan dari jambu diketahui efektif mencegah peningkatan gula darah secara mendadak.

Dari penelitian tersebut, diketahui juga kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah tersebut agar memperoleh manfaat positifnya. Mengonsumsi jambu ketika sarapan membuat tubuh bisa menyerap nutrisi di dalamnya dengan lebih optimal.

Pada penelitian yang telah dilakukan, konsumsi ekstrak jambu secara rutin diketahui efektif meningkatkan kesehatan gula darah. Dalam jangka panjang, konsumsi buah ini juga mampu mengontrol kadar gula darah serta resistensi insulin.

1 dari 2 halaman

Jambu Efektif Turunkan Risiko Diabetes Tipe-2

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 19 orang juga mengetahui bahwa teh daun jambu bisa menurunkan tingkat gula darah setelah makan. Manfaat kesehatan dari teh ini bisa bertahan hingga dua jam.

Penelitian lain juga menganalisis efek dari teh daun jambu ini pada 20 orang yang memiliki diabetes tipe 2. Diketahui bahwa konsumsi buah ini membantu menurunkan kadar gula darah partisipan hingga lebih dari 10 persen dan juga bermanfaat untuk orang yang berusaha menurunkan berat badan.

Jambu merupakan sumber serat yang sangat baik dan hanya mengandung 37 kalori. Manfaat untuk menjaga berat badan sehat ini sangat penting karena kegemukan dan obesitas telah lama dihubungkan dengan tingginya risiko diabetes tipe 2.

2 dari 2 halaman

Gabungkan Makanan dan Gaya Hidup Sehat

National Health Service (NHS) Inggris mengungkap bahwa menggabungkan pola makan sehat dengan buah serta menurunkan berat badan bisa meningkatkan kondisi seseorang yang memiliki diabetes. Aktif secara fisik juga dapat meningkatkan manfaat ini.

"aktivitas fisik bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Kamu sebaiknya menargetkan 2,5 jam aktivitas setiap minggu," jelas NHS.

"Kamu bisa beraktivitas di manapun asal tidak sampai kamu kehabisan napas. Kamu bisa berjalan cepat, naik tangga, serta melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga, atau berkebun," sambungnya. [RWP]

Baca juga:
Ini Penyebab Mengapa Seorang Penderita Diabetes Sangat Rentan Alami Kerusakan Mata
Waspada! Gangguan Tidur Ternyata Bisa Berujung Menjadi Kebutaan
Jus Buah Miliki Risiko Diabetes yang Setara dengan Minuman Berpemanis Buatan
Tidur Kurang dari 6 Jam Semalam Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini