Ketenangan Orangtua Dibutuhkan Ketika Hadapi Anak yang Demam

Sabtu, 21 September 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketenangan Orangtua Dibutuhkan Ketika Hadapi Anak yang Demam Ilustrasi anak sakit. ©Shutterstock.com/ Dmitry Naumov

Merdeka.com - Masalah kesehatan yang dialami oleh anak sering menjadi perhatian utama bagi orang tua. Sakitnya sang anak bisa sebabkan orang tua merasa cemas.

Melihat si kecil demam seringkali membuat orangtua merasa khawatir, pasalnya anak akan cenderung lebih rewel dari biasanya. Hal ini menandakan bahwa si anak merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya.

Sebenarnya, tak perlu panik karena demam adalah tanda bahwa tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi. Tidak semua demam harus diobati ke dokter, kamu bisa mengatasi demam anak dengan pengobatan rumahan saja.

Lalu, bagaimana solusi tepat tanpa drama menangani anak demam?

"Langkah awal adalah menenangkan si kecil agar ibu juga bisa merasa dan berpikir lebih tenang," kata Jovita Ferliana, M.Psi, seorang psikolog anak di Jakarta.

Berikan sapaan pada si kecil dengan lembut dan tenang serta berikan sentuhan dan pelukan. Ibu juga bisa mengalihkan perhatian si kecil dari demam dan membuatnya merasa lebih tenang dengan bercerita kepada si kecil dan mengajaknya membuat cerita sendiri dengan karakter dan gambar kesukaan nya.

"Anak melihat reaksi ibu yang panik anak akan tambah rewel, dan berpengaruh pada suhu tubuh anak menjadi tambah tinggi. Jadi ibu tidak boleh panik dan harus tenang," kata Jovita.

Reporter: Mutia Nugraheni
Sumber: Dream.co.id [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini