Ingin Coba Konsumsi Makanan Lebih Sehat, Coba Selalu Gunakan Ransel Berat

Jumat, 28 Desember 2018 18:10 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ingin Coba Konsumsi Makanan Lebih Sehat, Coba Selalu Gunakan Ransel Berat Ilustrasi tas punggung. ©Shutterstock.com/soft_light

Merdeka.com - Kebiasaan makan yang kamu miliki ternyata bisa dipengaruhi oleh apa yang sedang kamu gunakan. Bahkan kebiasaan makan yang kamu miliki ini dapat dipengaruhi oleh tas yang kamu gunakan terutama jika kamu menggunakan ransel.

Ransel atau tas punggung adalah salah satu jenis tas yang cukup favorit digunakan oleh banyak orang. Desainnya yang cenderung ringkas dan luas membuat tas ini sangat disukai karena dapat membuat kamu bisa membawa lebih banyak barang dengan mudah.

Dilansir dari Mic, Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business School menemukan bahwa menggunakan tas punggung yang berat dapat membuat seseorang menjadi mengurangi konsumsi junk food dan makanan tidak bergizi lainnya. Beratnya tas yang digunakan ini tidak hanya membebani punggung namun juga membebani pikiran untuk mengonsumsi makanan tersebut.

Membawa beban yang berat di punggung dapat meningkatkan perasaan bersalah dan terhukum yang dimiliki oleh seseorang. Beban yang menempel di punggung ini tanpa sadar telah membuat seseorang merasakan bahwa dia sedang memanggul kesalahan-kesalahan yang pernah dia lakukan.

Dengan menggunakan tas ini maka seseorang akan cenderung mengurangi aktivitas menyenangkan, memilih tugas-tugas yang lebih sulit dan membosankan serta mengurangi makanan-makanan lezat yang berbahaya bagi tubuh. Hal ini dapat membuat kamu menjadi memilih untuk tidak menjalani cara paling menyenangkan untuk menjalani hidup.

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa membawa ransel membuat seseorang seakan-akan sedang menghukum dirinya sendiri. Besarnya perasaan bersalah ini membuat seseorang jadi mencoba untuk melakukan berbagai hal yang dianggap baik sebagai alat penebus dosa.

Salah satu bentuk penebusan dosa ini adalah dengan menghindari makanan-makanan yang tidak sehat dan menggantinya dengan yang makanan yang lebih bergizi walaupun tidak begitu lezat. Hal ini dapat menjadi pilihanmu ketika ingin coba menghemat uang dan hidup lebih prihatin.

Memanggul tas yang berat dapat tak hanya membebani tubuh namun juga membebani pikiran sehingga dapat melakukan hal yang lebih baik. Jadi, lain kali ketika kamu ingin coba diet dan berhemat, cobalah untuk bawa tas yang berat ke mana-mana. [RWP]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Junk Food
  3. Makanan Sehat
  4. Makanan Enak
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini