Ganti Kebiasaan Duduk jadi Berdiri untuk Buat Berat Badan Lebih Cepat Susut

Jumat, 21 Juni 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ganti Kebiasaan Duduk jadi Berdiri untuk Buat Berat Badan Lebih Cepat Susut Ilustrasi Bekerja Sambil Berdiri. ©medicalnewstoday.com

Merdeka.com - Untuk membuat perut tidak kegemukan dan membuat berat badan turun, ternyata bisa dilakukan sebuah langkah mudah dan cepat. Cukup dengan hanya berdiri, kamu bisa menekan berat badanmu.

Salah satu hal yang paling penting untuk menurunkan berat badan adalah olahraga. Namun berdiri terutama dalam waktu cukup lama juga bisa membantu membakar kalori yang ada di dalam dirimu.

Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian dilakukan oleh Dr. Francisco Lopez-Jimenez dari Mayo Clinic untuk mengetahui berapa banyak kalori yang dapat dibakar dari berdiri. Diketahui bahwa berdiri ternyata membakar kalori lebih banyak dibanding duduk.

Dengan berdiri, seseorang membakar sekitar 0,15 kalori per menit. Hal ini berarti seseorang dengan berat badan 65 kilogram akan kehilangan 54 kalori jika dia berdiri 6 jam setiap hari.

Duduk dalam waktu lama setiap hari bukan hanya membuat tubuh gemuk namun juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Hal ini juga diketahui bisa mempercepat penuaanmu secara biologis.

Duduk seharian dapat menimbulkan penimbunan lemak di sekitar organ internal tubuhmu. Berolahraga diketahui bisa mengurangi efek negatif dari duduk ini. Namun pada orang yang cukup sibuk, bekerja sambil berdiri juga bisa menjadi pilihan.

Secara rata-rata, seseorang duduk selama 13 jam setiap harinya. Jika ditambah dengan 8 jam tidur, maka seseorang menghabiskan waktu sekitar 21 jam hanya untuk diam.

Dengan mengubah beberapa jam dari kebiasaan duduk tadi menjadi berdiri, maka akan terasa perubahan. Setidaknya lingkar pinggang yang kamu miliki bakal menyusut. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini