Cedera Serius pada Orang Tua Bisa Buat Jam Tidur Anak Berubah

Minggu, 16 Desember 2018 17:12 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Cedera Serius pada Orang Tua Bisa Buat Jam Tidur Anak Berubah Kurang tidur. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Sakitnya anak selalu menjadi penyebab sakit pada orang tua. Namun bagaimana jika yang terjadi adalah orang tua yang sakit? Sebuah penelitian mengungkap bahwa dampak yang ditimbulkan juga cukup terasa pada anak.

Dilansir dari Health24, anak-anak mengalami peningkatan risiko dari masalah tidur ketika orang tua mengalami cedera serius. Hal ini terutama terjadi ketika orang tua mengalami cedera pada otak serta post-traumatic stress disorder (PTSD) berdasar sebuah penelitian terbaru.

Peneliti menggunakan data dari sistem kesehatan militer Amerikat Serikat untuk menghasilkan kesimpulan ini. Data didapat dari 485.000 anak dengan lebih dari 272.000 orang tua yang mengalami cedera serius pada kehidupan sehari-hari atau peperangan.

Cedera yang paling banyak dialami oleh para orang tua tersebut adalah cedera otak atau luka dari peperangan. Anak-anak yang diteliti memiliki usia hingga 18 tahun dengan usia rata-rata 7 tahun.

Secara umum, anak-anak mengalami gangguan tidur sebanyak 17 persen setelah orang tua mereka mengalami cedera. Remaja yang orang tuanya mengalami cedera juga 37 persen lebih mungkin untuk berkonsultasi ke spesialis tidur.

Banyak remaja yang mengalami masalah tidur karena perubahan dalam jam tubuh mereka yang disebabkan oleh pubertas. Peneliti dan dokter di Walter Reed National Military Medical Center, Bethesda, Maryland, dr Saira Ahmer juga menyebut masalah di sekolah sebagai salah satu penyebabnya.

Anak-anak yang kedua orang tuanya mengalami cedera otak dan PTSD memiliki peluang 48 persen lebih tinggi untuk berkonsultasi dengan pakar tidur. Hal ini menjelaskan bahwa ketika orang tua mengalami cedera yang serius, hal ini dapat berpengaruh rutinitas sehari-hari anak mereka. [RWP]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini