Bawang Merah dan Putih Diketahui Bisa Bermanfaat Turunkan Risiko Kanker Payudara

Minggu, 29 September 2019 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bawang Merah dan Putih Diketahui Bisa Bermanfaat Turunkan Risiko Kanker Payudara Ilustrasi bawang merah dan bawang putih. © Livestrong

Merdeka.com - Bawang merah dan bawang putih merupakan beberapa bahan yang paling sering digunakan dalam makanan. Keduanya ternyata bisa memiliki manfaat kesehatan luar biasa terlepas dari rasa lezat yang dimilikinya.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa dua bahan makanan ini bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker payudara. Temuan ini sungguh sangat mengejutkan mengingat keduanya juga jadi bumbu wajib bagi sejumlah masakan di Indonesia.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian terbaru mengungkap manfaat yang diperoleh dari konsumsi kedua makanan ini. Hasil temuan ini didapat berdasar perbandingan jumlah penyakit kanker payudara di Puerto Riko dan wilayah lain Amerika Serikat.

Peneliti menganalisis manfaat kesehatan bawang putih dan bawang merah yang digunakan pada sofrito, salah satu makanan pokok di Puerto Riko. Peneliti mengungkap bahwa temuan ini merupakan yang pertama dilakukan pada tingkat populasi dan melihat hubungan antara kanker payudara dengan komsumsi bawang putih dan bawang merah.

Puerto Riko merupakan wilayah dengan konsumsi bawang merah dan bawang putih yang sangat tinggi karena sofrito. Beberapa makanan populer di wilayah ini juga mengandung kedua bahan tersebut.

"Mempelajari wanita Puerto Riko yang mengonsumsi banyak bawang merah dan bawang putih sebagai sofrito cukup unik," ungkap Gauri Desai, peneliti dari University at Buffalo.

"Puerto Rico memiliki tingkat kanker payudara lebih rendah dibanding Amerika Serikat daratan, sehingga mereka merupakan populasi penting untuk penelitian," sambungnya.

1 dari 2 halaman

Wanita yang Mengonsumsi Bawang Miliki Risiko Kanker Lebih Rendah

Untuk penelitian, Desai dan rekan-rekannya mengumpulkan lebih dari 600 wanita. Peneliti kemudia menganalisis pola makan dan kesehatan mereka dari tahun 2008 hingga 2014 untuk melihat bagaimana kanker payudara berkembang.

Penelitian ini telah dipublikasikan pada jurnal Nutrition and Cancer. Diketahui bahwa wanita yang mengonsumsi sofrito lebih dari sekali sehari memiliki risiko 67 persen lebih rendah mengalami kanker payudara dibanding mereka yang tak mengonsumsi makanan ini.

"Kami menemukan bahwa di antara wanita Puerto Riko, asupan campuran dari bawang putih dan bawang merah termasuk sofrito, berhubungan dengan menurunnya risiko kanker payudara," jelas Desai.

2 dari 2 halaman

Kandungan Bawang mengandung Sel Antikanker

Peneliti mengungkap bahwa bawang merah dan bawang putih mengandung flavonols dan organosulfar yang secara potensial bisa menurunkan risiko kanker. Bawang putih mengandung alk(en)yl cysteine sulphoxida, sedangkan bawang merah mengandung S-allylcysteine, diallyl sulfida dan diallyl disulfida.

"Bahan ini menunjukkan kandungan antikarsinogenik pada manusia, serupa dengan penelitian eksperimental pada hewan," jelas Lina Mu, peneliti di University at Buffalo. [RWP]

Baca juga:
Kanker Payudara Juga Bisa Menyerang Pria, Ini Gejala Awal yang Muncul
Konsumsi Berbahan Dasar Kedelai Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara pada Wanita
Berjuang Melawan Kanker Sejak Tahun 2012, Indira Abidin Tutup Usia
Wanita yang Bangun Tidur Lebih Pagi Memiliki Risiko Kanker Payudara Lebih Rendah
Sejumlah Mitos Salah Mengenai Kanker yang Terlanjur Beredar di Masyarakat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini