7 Makanan yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Ginjal

Jumat, 6 Desember 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Makanan yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Ginjal Ilustrasi ginjal. Shutterstock/Spectral-Design

Merdeka.com - Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki perang sangat penting bagi tubuh. Bagian tubuh ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun melalui urine, memproduksi hormon, serta memfilter racun dan cairan berlebih di dalam darah.

Organ tubuh ini menyaring semua zat makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Pentingnya fungsi dari ginjal ini menjadikan tugas penting bagi kita menjaga kesehatannya.

Fungsi penting dari ginjal ini bisa kita jaga dengan memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Sejumlah bisa berdampak menjaga kesehatan pada organ tubuh ini.

Namun sejumlah makanan justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan ginjal. Dilansir dari Brightside, berikut sejumlah makanan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan ginjal.

1 dari 7 halaman

1. Avokad

Avokad sering digadang-gadang sebagai salah satu buah kaya nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun ternyata buah satu ini bisa berdampak buruk pada ginjal terutama jika kamu sudah memiliki penyakit ginjal.

Kandungan tinggi potasium pada buah ini menjadi penyebabnya berbahaya bagi ginjal. Walau mineral ini dibutuhkan tubuh, namun terlalu banyak potasium di dalam darah bisa berujung kram di otot serta detak jantung tak beraturan.

2 dari 7 halaman

2. Daging

Konsumsi terlalu banyak daging bisa menimbulkan masalah pada ginjal karena protein hewani sulit dicerna dan menyebabkan beban berat pada ginjal. Pola makan tinggi protein hewani bisa berujung batu ginjal.

Daging memiliki kandungan purin yang tinggi dan bisa menstimulasi produksi asam urat yang jadi salah satu penyebab batu ginjal. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggantinya dengan lebih banyak sayur.

3 dari 7 halaman

3. Garam

Terlalu banyak garam bisa berujung pada sejumlah masalah kesehatan pada tubuhmu. Salah satu masalah kesehatan yang mungkin kamu alami adalah terjadinya masalah di ginjal.

Ketika kamu konsumsi terlalu banyak sodium, ginjal di tubuhmu bakal bekerja lebih keras untuk menghulangkannya. Untuk meredakan potensi masalah ini, sebaiknya kamu berhenti mengonsumsi makanan olahan yang biasanya sangat tinggi garam.

4 dari 7 halaman

4. Pisang

Masalah ginjal merupakan suatu hal yang mungkin terjadi walau kamu sudah makan dengan sehat. Ada kemungkinan bahwa kamu bakal mengalaminya karena mengonsumsi pisang.

Buah pisang memiliki potasium yang sangat tinggi dan bisa membuat ginjal tidak berfungsi optimal. Tingginya tingkat potasium ini bisa berdampak pada kesehatan terutama ginjal.

5 dari 7 halaman

5. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat kaya. Walau begitu, terlalu banyak susu, yogurt, dan keju bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Tingginya fosfor pada sejumlah makanan ini bisa memberi tekanan pada ginjal. Lebih lanjut, ketika ginjal tidak berfungsi secara optimal, maka kelebihan fosfor pada darah tidak bisa dikeluarkan dan justru berdampak buruk bagi tulang.

6 dari 7 halaman

6. Roti Gandum

Roti gandum merupakan salah satu makanan sehat dan bernutrisi yang baik bagi tubuh. Namun memakanannya secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya pada ginjal.

Hal ini disebabkan karena tingginya fosfor dan potassium pada roti jenis ini. Seiris roti gandum mengandung 70 mg potasium dan 57 mg fosfor, jumlah ini sangat tinggi dibanding roti biasa.

7 dari 7 halaman

7. Jeruk

Jeruk dan jus jeruk memiliki kandungan kalori yang rendah, kaya vitamin C, namun juga tinggi potasium. Satu jeruk ukuran sedang mengandung 240 mg potesium dan segelas jus jeruk bisa mengandung 470 mg.

Tingginya kandungan tersebut membuatmu sebaiknya membatasi konsumsi jeruk dan jus jeruk untuk kesehatan ginjal. Ketika tubuh tak mampu membuang kelebihan potasium dari darah, hal ini bisa berbahaya untuk tubuh.

Usahakan untuk membatasi konsumsi sejumlah makanan tersebut agar kamu tak mengalami masalah di ginjal. Demi kesehatan jangka panjang, sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. [RWP]

Baca juga:
Konsumsi Protein Terlalu Banyak Bisa Timbulkan Masalah pada Ginjal
Nyeri di Pinggang Tidak Selalu Menjadi Tanda Adanya Masalah Ginjal

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini