5 Manfaat Menyehatkan dari Cincau, Penyegar Dahaga ketika Waktu Berbuka Tiba

Jumat, 10 Mei 2019 01:20 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Manfaat Menyehatkan dari Cincau, Penyegar Dahaga ketika Waktu Berbuka Tiba Pabrik cincau di Malang. ©2018 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Cincau merupakan bahan minuman yang jadi favorit sebagai takjil ketika saat berbuka puasa tiba. Rasanya yang menyegarkan di tenggorokan membuat minuman ini menjadi favorit bagi banyak orang.

Cincau sendiri merupakan minuman yang cukup dikenal pada beberapa daerah di Asia. Minuman berbahan cincau ini sangat mudah diperoleh baik dalam bentuk utuh maupun sudah dalam bentuk minuman di dalam kaleng yang mudah diperoleh di toko-toko.

Minuman ini sendiri tidak hanya memiliki rasa yang menyegarkan dan lezat saja namun juga memiliki manfaat yang menyehatkan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari cincau.

1. Mendukung Pencernaan

Cincau mengandung alkaloid serta memiliki kandungan vitamin B dan C juga di dalamnya. Adanya kandungan tersebut mampu membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut serta diare.

2. Mengontrol Berat Badan

Minuman ini kaya dengan serat yang membuatnya berperan besar dalam menjaga berat badan sambil menyediakan asupan nutrisi bagi tubuh. Cincau juga rendah kalori dan memiliki kandungan gula yang sangat dibutuhkan untuk menjaga asupan energi.

3. Mencegah Konstipasi

Kandungan kaya serat yang dimiliki oleh cincau ini menjadikannya sebagai obat yang sangat baik melawan konstipasi.

4. Menjaga Gula Darah

Cincau mengandung bisbenzylisoquinoline (alkaloid) dan klorofil yang bisa berguna untuk penderita diabetes. Dua kandungan tersebut sangat berguna untuk menstabilkan tingkat gula darah.

5. Antimalaria

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cincau dapat menjadi obat yang sangat berguna untuk melawan malaria. Hal ini muncul lagi-lagi karena kandungan alkaloid yang ada di dalamnya.

Sejumlah manfaat tersebut bisa kamu peroleh dengan konsumsi cincau. Oleh karena itu, pada bulan Ramadan ini cincau bisa tetap jadi minuman andalanmu ketika berbuka puasa. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini