5 Kondisi Tubuh yang Bisa Muncul Ketika Kamu Kekurangan Vitamin D

Rabu, 22 Mei 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Kondisi Tubuh yang Bisa Muncul Ketika Kamu Kekurangan Vitamin D ilustrasi nyeri sendi. ©www.cbc.ca

Merdeka.com - Salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh dalam kehidupan sehari-hari adalah Vitamin D. Nutrisi ini sangat penting dalam menyerap kalsium dan membantu pertumbuhan tulang.

Vitamin ini terbentuk di dalam tubuh dari kolesterol ketika kulit terpapar sinar matahari. Terdapat sumber lain dari vitamin D ini yaitu dari ikan dan juga susu-susuan.

Kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti kanker payudara, bertambahnya berat badan, serta masalah kardiovaskular. Ketika tubuh kekurangan vitamin D ini, terdapat sejumlah sinyal yang muncul dan dikirimkan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah sinyal yang ditunjukkan ketika tubuhmu kekurangan vitamin D.

1. Rambut Rontok

Stres merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerontokan rambut. Namun berdasar sebuah penelitian, kerontokan rambut ini bisa terjadi karena kurangnya kandungan vitamin D pada tubuh.

2. Kelelahan yang Luar Biasa

Ketika kamu sering merasa lelah terutama di siang hari, kamu harus memeriksa apakah tubuhmu kekurangan vitamin D. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengaku kelelahan dan pusing di siang hari memiliki tingkat vitamin D yang rendah.

3. Nyeri Tulang dan Punggung

Kalsium memiliki fungsi yang sangat penting terhadap tulang. Vitamin D sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam penyerapan kalsium pada tubuhmu. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa kekurangan vitamin D bisa membuat seseorang lebih rentan mengalami nyeri punggung.

4. Nyeri Otot

Nyeri otot dapat muncul karena sejumlah faktor yang salah satunya adalah kekurang vitamin D. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dalam jumlah besar dapat meredakan nyeri otot yang kamu alami secara signifikan.

5. Penyembuhan Luka yang Lambat

Keberadaan vitamin D ini juga memiliki peran yang sangat besar dalam menyembuhkan luka di tubuh. Tingkat vitamin D yang rendah pada seseorang dapat memperlambat penyembuhan luka bakar. Rendahnya tingkat vitamin D ini dapat berujung pada tingginya tingkat penanda inflamasi yang mempengaruhi penyembuhan.

Jika tubuhmu menunjukkan lima tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera cek kadar vitamin D pada tubuhmu. Dengan jumlah vitamin D yang tepat di tubuhmu, maka kamu bisa memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini