5 Cara Mudah untuk Mencegah Otak Menjadi Tumpul

Sabtu, 11 Januari 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Mudah untuk Mencegah Otak Menjadi Tumpul ilustrasi kesehatan otak. ©supplements-score-card.com

Merdeka.com - Otak merupakan bagian paling penting dalam tubuh manusia. Organ tubuh ini mengontrol pikiran, ingata, bicara, serta sejumlah organ tubuh lain di dalam tubuh.

Untuk menjaga otak tetap bekerja secara optimal, otak memerlukan cadangan tenaga 20 persen. Kekurangan nutrisi penting di dalam tubuh bisa menyebabkan otak menjadi tumpul dan kemampuan kognitif menurun.

Perubahan yang kamu lakukan bisa menjadi cara tepat untuk mengatasi penurunan dalam otak. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan otak terkait kapabilitas kognitif.

Gaya hidup kurang olahraga, minum berlebihan, serta menghindari kehidupan sosial bisa menjadi hal yang mencederai fungsi otak. Dilansir dari The Health site, berikut sejumlah cara meningkatkan fungsi otak dan mencegah penurunan kognitif.

1 dari 5 halaman

Meningkatkan Aktivitas Mental

Pakar menyatakan bahwa aktivitas mental yang konstan bisa membuat otak tetap siaga. Agar otak dapat bekerja secara efisien, kamu bisa belajar keterampilan baru, mencari hobi baru, atau belajar bahasa baru.

2 dari 5 halaman

Tidur Nyenyak Malam Hari

malam hari

Kurang tidur bisa menyebabkan menurunnya fungsi kognitif dan berujung hilangnya konsentrasi, pelupa, serta ketidakmampuan belajar. Tidur nyenyak selama enam hingga delapan jam setiap malam bisa membantu menyegarkan otak dan tubuh.

3 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung merupakan hal penting untuk menjaga fungsi otak. Masalah jantung seperti hipertensi bisa menurunkan aliran darah ke otak dan menyebabkanmu menua lebih cepat. Kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes bisa meningkatkan risiko demensia.

4 dari 5 halaman

Meditasi

Meditasi bisa membantu menurunkan stres dan mengatasi masalah yang berhubungan dengannya. Hal ini bisa meningkatkan fungsi otak yang berhubungan dengan persepsi, ingatan, dan perhatian.

5 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan yang Tepat dan Olahraga

Konsumsi makanan sehat bisa meningkatkan ingatan, konsentrasi, dan fokus yang kamu miliki. Selain makanan sehat, kamu juga harus berolahraga untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi otak.

Beragam cara tersebut bisa membuatmu tetap aktif dan bugar baik di dalam pikiran maupun dalam aktivitas sehari-hari. Hal tersebut bisa membuatmu terhindar dari masalah otak yang menjadi tumpul. [RWP]

Baca juga:
Begini Dampak yang Diberikan oleh Kebiasaan Olahraga Terhadap Kesehatan Otak
Air Putih Bisa Jadi Minuman yang Paling Bermanfaat Bagi Perkembangan Otak Anak
Begini Cara Otak Pulihkan Tubuh dan Buang Racun Ketika Tidur
Astaga, Orang-Orang Ini Punya Daya Ingat Singkat Maksimal Hanya 2 Jam

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini