5 Cara Melegakan Tenggorokan Ketika Mengalami Batuk yang Mengganggu di Malam Hari

Rabu, 11 Desember 2019 00:35 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Melegakan Tenggorokan Ketika Mengalami Batuk yang Mengganggu di Malam Hari Ilustrasi batuk. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Batuk kering merupakan sebuah hal yang sangat mengganggu dan bisa menimbulkan ganjalan dan rasa tak nyaman pada tenggorokan. Batuk ini sangat tak nyaman karena tak bisa menghilangkan lendir atau iritan lain dari tenggorokan atau saluran nasal.

Jenis batuk ini bisa muncul pada perubahan cuaca seperti saat ini. Hal ini bisa sangat mengganggu aktivitas dan bahkan tidurmu setiap malam sehingga istirahat menjadi tak optimal.

Pada siang hari, banyak cara yang bisa kita lakukan walau cukup memakan waktu untuk menghilangkan masalah di tenggorokan ini. Namun pada malam hari terutama di tengah-tengah tidur, kamu tentu butuh cara yang cepat dan mudah untuk menghilangkannya.

Terdapat sejumlah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan masalah batuk di malam hari ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara mudah untuk menghilangkan masalah batuk yang mengganggu di malam hari.

1 dari 5 halaman

Pelembap Ruangan

Udara yang dingin dan kering merupakan salah satu biang keladi dari munculnya batuk di malam hari yang mengganggu ini. Oleh karena itu, penting bagimu untuk menjaga kelembapan ruangan agar batuk yang mengganggu ini tak muncul dan juga tidak mengganggu tidurmu.

2 dari 5 halaman

Hirup Uap Panas Sebelum Tidur

Menghirup uap panas sebelum tidur bisa membantu menjaga kelembapan di tenggorokan dan kamu tidak mengalami batuk kering saat tidur. Kamu bisa mendapat uap panas ini dari air yang sudah mendidih dan dituang ke mangkuk. Agar lebih optimal kamu bisa menutup kepalamu dengan handuk ketika menghirup uap panas agar tidak keluar.

3 dari 5 halaman

Gunakan Bantal Tambahan

Meletakkan posisi kepala secara lebih tinggi bisa membantu membuat batuk menjadi lebih baik. Usahakan untuk meletakkan kepala lebih tinggi untuk meredakan batuk kering yang bakal muncul di malam hari. Walau begitu juga jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi karena malah bisa membuat tidurmu tak nyenyak.

4 dari 5 halaman

Konsumsi Madu Sebelum Tidur

Madu memiliki manfaat untuk meredakan masalah yang muncul di tenggorokan. Untuk mengusir batuk kering di malam hari, kamu bisa mengonsumsi satu sendok teh madu sebelum tidur. Kamu juga bisa mencampur madu ini dalam teh atau minuman agar tidak mengalami batuk kering ketika tidur.

5 dari 5 halaman

Sediakan Permen Menthol Pelega Tenggorokan

Konsumsi permen pelega tenggorokan bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk kering di malam hari. Mengulum permen ini bisa meredakan tenggorokanmu secara seketika dengan mudah dan tak butuh banyak waktu.

Sejumlah cara mudah tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya masalah batuk kering dan mengatasinya dengan sangat mudah. Lakukan sejumlah cara ini untuk mencegah munculnya masalah yang mengganggu tidurmu ini. [RWP]

Baca juga:
Media Sosial Membuat Seorang Ibu Milenial Lebih Rentan Alami Kecemasan
Merokok Berlebihan Bisa Sebabkan Terjadinya Keracunan Akut
Deretan Dampak Buruk yang Muncul pada Tubuh dari Kebiasaan Makan Terlalu Cepat
Bukannya Bikin Sembuh, Oleskan Mentega pada Luka Bakar Justru Buat Iritasi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini