Soal reshuffle, PKB serahkan keputusan ke Jokowi apapun alasannya

Senin, 17 Juli 2017 21:00 Reporter : Yunita Amalia
Presiden Jokowi. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding menegaskan pihaknya tidak mempersoalkan wacana reshuffle kabinet jilid III. Apapun alasannya, Karding mengungkapkan, perombakan kaki tangan pemerintahan merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Terserah mau motifnya apa, alasannya kinerja ataukah politik," ujar Karding sesuai acara diskusi di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (17/7).

Sebagai partai politik pendukung pemerintah dan memiliki kadernya di pemerintahan, Karding menegaskan PKB tidak mencampuradukan kepentingan Presiden terhadap reshuffle. Meski begitu, kata dia, pihaknya turut serta memberikan masukan-masukan terhadap Presiden meski tidak menyebutkan masukan seperti apa yang dimaksud.

"Kita sebagai warga negara, sebagai partai politik juga memberikan pandangan masing-masing," tukasnya.

Isu soal kembalinya perombakan komposisi pembantu Presiden dan Wakil Presiden kembali santer. Sejumlah partai politik dan beberapa nama yang berpotensi ter-reshuffle pun bermunculan.

Dari kubu PKB, Menteri Sosial Indah Parawansa disebut bakal terkena perombakan, pun dengan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo. Meski namanya diisukan turut terkena perombakan, Eko memasrahkan segala keputusan tersebut ke Presiden Joko Widodo.

Seusai acara diskusi, Eko pun terlihat mendatangi kantor DPP PKB. Menggunakan mobil berpelat RI 41, Eko merespon santai akan wacana dirinya yang akan digeser dari jabatannya sebagai menteri desa.

Diakuinya, kedatangannya ke kantor DPP PKB hanya sebagai rapat koordinasi dengan petinggi partai. Tanpa menjelaskan isu yang akan dibahas pada rapat kali ini.

"Biasa aja. Saya kam masih anggota partai sini. Enggak ada (tidak ada pembahasan reshuffle) ini kan harlah PKB jadi ya kita ngobrol ngobrol dulu," kata Eko.

Ketua umum PKB, Muhaimini Iskandar pun tidak menyinggung soal isu tersebut. Usai memberikan kata sambutan dalam pembukaan acara diskusi, Cak Imin, sapaan akrabnya bergegas naik ke lantai 2.

[msh]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.