Indobarometer: Prabowo Jadi Menteri Paling Bagus, Hati-hati Reshuffle

Minggu, 16 Februari 2020 14:48 Reporter : Ahda Bayhaqi
Indobarometer: Prabowo Jadi Menteri Paling Bagus, Hati-hati Reshuffle Presiden Menerima Menteri Pertahanan di Istana Yogyakarta. ©2020 Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai sebagai Menteri Kabinet Indonesia Maju paling bagus kinerjanya. Dalam survei nasional yang dilakukan Indobarometer, tingkat kepuasan publik terhadap Ketua Umum Gerindra itu mencapai 26,8 persen.

"10 Menteri yang disebut oleh masyarakat, oleh responden sebagai menteri yang kinerjanya bagus. Minta sebut satu. Pertama Prabowo Subianto," ujar Direktur Eksekutif Indobarometer M Qodari saat rilis survei di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (16/2).

Menteri yang kinerjanya dinilai bagus di urutan berikutnya adalah Menkeu Sri Mulyani (13,9 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (12,6 persen), Menko Polhukam Mahfud MD (7,3 persen), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (5,2 persen).

1 dari 2 halaman

Berikutnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (1,8 persen), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (1,4 persen), Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian (1,4 persen), Menko PMK Muhadjir Effendy (0,9 persen), Menko Kemaritiman (0,9 persen), lainnya (4,4 persen). Sementara yang tidak jawab 23,3 persen.

Popularitas Prabowo juga paling tinggi ketimbang menteri lainnya. Lima menteri teratas tingkat popularitasnya adalah Menhan Prabowo Subianto (18,4 persen), Menkeu Sri Mulyani (10,6 persen), Menteri BUMN (8,2 persen), Menkopolhukam Mahfud MD (7,9 persen), Mendikbud Nadiem Makarim (5,3 persen).

"Jadi menteri paling terkenal, paling dikenal, adalah Prabowo. Saya kira wajar karena beliau adalah mantan calon presiden dua kali," kata Qodari.

2 dari 2 halaman

Qodari menilai, survei ini menunjukkan, keputusan Prabowo bergabung dengan pemerintahan Jokowi adalah keputusan tepat. Sebab, panggung politik Prabowo masih terus bertahan hingga 2024. Hanya saja, dia mengingatkan ada kekhawatiran reshuffle seperti yang pernah dialami Anies Baswedan sebagai Mendikbud dulu.

"Jadi kalau melihat data ini, bisalah saya katakan keputusan pak Prabowo untuk masuk kabinet adalah keputusan yang tepat. Artinya panggung politiknya terus bertahan sampai 2024. Cuma saya ada kekhawatiran karena melihat data 5 tahun lalu, dua paling atas Anies Baswedan kena reshuffle dan Susi Pudjiastuti enggak lanjut jadi menteri. Jadi waspadalah-waspadalah," kata dia.

Survei nasional Indobarometer ini dilaksanakan 9-15 Januari. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden dari seluruh Indonesia. Margin of error survei sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [rnd]

Baca juga:
Ramai-Ramai Dukung Gibran
Prabowo Beri Arahan, Gerindra Dukung Gibran di Pilkada Solo
Ridwan Kamil Sampaikan ke Prabowo, Jabar Minat Bangun Industri Drone
Bertemu Prabowo, Ridwan Kamil Minta Maaf Pernah Tak Sejalan
Megawati Bandingkan PDIP dan Gerindra: Pak Prabowo Kalah dengan Saya
Prabowo ke Megawati: Kemhan akan Punya Patung Bung Karno di Atas Kuda

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini