Nyaman Jadi Anak Buah, Ini Potret Kemesraan Prabowo dengan Presiden Jokowi

Kamis, 6 Februari 2020 06:00 Reporter : Syifa Hanifah
Nyaman Jadi Anak Buah, Ini Potret Kemesraan Prabowo dengan Presiden Jokowi Presiden Menerima Menteri Pertahanan di Istana Yogyakarta. ©2020 Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan menyebutkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sangat nyaman bekerja di bawah komando Presiden Jokowi.

"Dia (Prabowo) bilang,'Bang enak kerja sama Pak Jokowi, enggak minta apa-apa'," kata Luhut menirukan ucapan Prabowo di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (4/2).

Sebelum bergabung dalam pemerintahan Presiden Jokowi, Prabowo adalah rival Jokowi saat Pilpres 2014 dan 2019 lalu. Berikut ini momen kemesraan Presiden Jokowi dengan Prabowo setelah bergabung dengan pemerintahan:

1 dari 4 halaman

Jokowi dan Prabowo Bertemu di Istana Yogyakarta

Awal tahun 2020, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama putranya Didit Hediprasetyo mengunjungi Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung, pada Rabu (1/1) lalu.

"Tahun baru 2020, Pak Prabowo adalah tamu besar pertama yang saya terima. Alhamdulillah tadi bicara banyak hal, baik yang berkaitan dengan urusan keluarga, tapi lebih banyak urusan negara," kata Jokowi.

Sebelum pamit, Prabowo kembali menyempatkan mengucapkan selamat tahun baru ke Presiden Jokowi dan Kaesang.

"Terima kasih Pak, selamat tahun baru," kata Prabowo.

2 dari 4 halaman

Jokowi didampingi Prabowo Tinjau Kapal Selam Alugoro-405

Sebagai pembantu presiden, seorang menteri harus selalu siap mendampingi presiden. Contohnya saja Menteri Pertahanan mendampingi Presiden Jokowi saat tinjau Kapal Selam Alugoro-405 di PT PAL Indonesia, Senin (27/1).

Selain oleh Prabowo, Jokowi didampingi sejumlah menteri lainnya, antara lain Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan; Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md; Menko PMK Muhadjir Effendy; Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko; Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; serta Menteri Keuangan Sri Mulyani.

3 dari 4 halaman

Dikritik Sering ke Luar Negeri, Prabowo Dibela Jokowi

Presiden Jokowi membela Menteri Pertahanan Prabowo Subianto soal kunjungan kerja ke luar negeri. Jokowi menyebut pihak yang mempertanyakan tujuan Prabowo ke luar negeri tak paham diplomasi pertahanan.

"Kalau ada yang bertanya itu belum mengerti urusan diplomasi pertahanan," kata Jokowi di Kemenhan, Jakarta, Kamis (23/1).

Presiden Jokowi menegaskan Prabowo melawat ke luar negeri bukan sekadar jalan-jalan. Prabowo disebut mengecek langsung alat utama sistem senjata atau alutsista yang ingin dibeli pemerintah.

"Pak Menhan pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan, bukan sekadar jalan-jalan," katanya.

Jokowi juga memastikan perjalanan dinas Prabowo ke luar negeri sudah mendapatkan izin darinya. "Itu sudah kita diskusikan dengan Pak Menhan. Tidak sekali dua kali, banyak nih yang enggak tahu," ujar Jokowi.

4 dari 4 halaman

Prabowo Puji Jokowi: Presiden Sebagai Panglima Tertinggi TNI Bangkitkan Semangat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pun tak segan untuk memuji Presiden Jokowi. Prabowo mengatakan kehadiran Jokowi pada Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Kemhan), pada Kamis (23/1) sebagai panglima tertinggi bisa bisa membangkitkan semangat.

"Kehadiran Bapak Presiden sebagai Panglima tertinggi Tentara Nasional Indonesia sungguh membangkitkan semangat moril dan percaya diri," ungkap Prabowo. [dan]

Baca juga:
Prabowo Bisiki Luhut: Bang, Enak Kerja sama Jokowi, Enggak Minta Apa-apa
Didampingi Menkes Terawan, Prabowo Cek Lokasi Observasi WNI di Natuna
Takziah ke Rumah Duka Gus Sholah, Prabowo Sebut Kehilangan Tokoh Penting Islam
Gelar Rakernas, Ormas Sayap Gerindra Giatkan Revolusi Putih Tekan Stunting
Prabowo Incar Pesawat Tempur & Kapal Selam Buat Pertahanan RI, Ini Kecanggihannya
Kembali Bertemu, Prabowo dan Menhan Malaysia Bahas Pertahanan Negara
Sri Mulyani Ingatkan Prabowo Soal Belanja Alutsista

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini