Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mengisi Air Wiper Mobil, Ini Dia Langkah-langkahnya

<b>Cara Mengisi Air Wiper Mobil, Ini Dia Langkah-langkahnya</b><br>

Cara Mengisi Air Wiper Mobil, Ini Dia Langkah-langkahnya

Air wiper merupakan bagian penting yang berperan dalam membersihkan kaca mobil ketika hujan. Oleh sebab harus tetap tersedia. Simak cara mengisi air wiper mobil berikut.

Perhatikanlah sistem air wiper mobil Anda dengan seksama. Air wiper merupakan bagian penting yang berperan dalam membersihkan kaca mobil ketika hujan, yang pada gilirannya meningkatkan jarak pandang pengemudi.

Peran utama air wiper adalah membersihkan kaca depan dan belakang mobil. Selain itu, air wiper membantu melicinkan kaca untuk memudahkan proses pembersihan dan mencegah terjadinya goresan saat menggunakan wiper.

Beberapa orang mungkin mengisi wiper mereka dengan air biasa dari keran atau sumur. Meskipun ini tidak salah, penggunaan air biasa dalam jangka panjang bisa menyebabkan pertumbuhan jamur pada kaca mobil.

Karena itu, penting untuk memahami cara mengisi air wiper dengan benar agar proses pembersihan kaca bisa optimal. Berikut adalah langkah-langkahnya yang disusun dari berbagai sumber.

<b>Cara Mengisi Air Wiper</b><br>

Cara Mengisi Air Wiper

1. Persiapkan Air Kemasan dan Tambahkan Cairan Wiper
Pastikan untuk menggunakan air berkualitas terbaik, seperti air kemasan. Siapkan juga cairan khusus untuk wiper, yang bisa Anda dapatkan di bengkel atau minimarket terdekat.

2. Campurkan Air dan Cairan Wiper
Campurkan air dengan cairan wiper dengan perbandingan yang sesuai, biasanya 1 liter air untuk setiap 30 ml cairan wiper. Setelah dicampur, biarkan sejenak agar campuran merata.

3. Isi dengan Hati-hati ke Tangki
Buka tutup tangki wiper di dalam ruang mesin mobil. Isilah tangki tersebut dengan campuran air dan cairan wiper secara hati-hati, pastikan tidak tumpah, dan jangan melebihi batas maksimal. Penting untuk memastikan bahwa Anda tidak salah mengidentifikasi tabung air wiper dan tabung oli steering.

4. Tutup Tangki Wiper dan Tutup Kembali Kap Mobil
Setelah selesai mengisi air wiper, pastikan untuk menutup kembali tangki wiper dengan rapat untuk mencegah masalah. Selanjutnya, tutuplah kembali kap mesin mobil dengan baik.

Cara Mengisi Air Wiper Mobil, Ini Dia Langkah-langkahnya

Air Wiper Mobil Dicampur Apa?
Fungsi utama air wiper adalah membersihkan kotoran yang menempel di kaca mobil. Namun, sebaiknya tidak mencampurkan shampo ke dalam air wiper, karena campuran tersebut dapat merusak sistem air wiper dan bahkan menyebabkan masalah lain pada kaca mobil. Lebih baik menggunakan cairan pembersih khusus yang dirancang untuk digunakan dalam sistem air wiper.

Air Wiper Mobil Namanya Apa?
Cairan ini memang dirancang khusus untuk membersihkan kotoran pada kaca mobil, baik bagian depan maupun belakang. Beberapa merek yang umum digunakan termasuk Kit Water Fluid, Sonax Clear View, dan Otogard Gold Line Wiper Fluid.

Cara Mengisi Air Wiper Mobil, Ini Dia Langkah-langkahnya

Berapa Lama Sekali Ganti Wiper Mobil?
Oleh karena itu, penggantian karet wiper mobil disarankan dilakukan setiap 6 hingga 12 bulan, tergantung pada kondisi karet wiper mobil itu sendiri. Karet wiper adalah bagian yang paling sering bersentuhan dengan kaca mobil, sehingga rentan mengalami retak, robek, atau kekerasan, yang menandakan perlunya penggantian.

Apakah Sunlight Bisa Untuk Cairan Pembersih Kaca Mobil?
Penggunaan cairan wiper yang mengandung sunlight dapat mempermudah dan mempercepat proses pembersihan kaca mobil. Selain itu, cairan tersebut juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian lain dari mobil, seperti kaca spion atau bodi mobil.

Apa Penyebab Air Wiper Tidak Keluar?
Air wiper mobil yang macet dapat disebabkan oleh kondisi motor yang aus atau mati, sehingga air pada wiper tidak dapat keluar. Anda dapat mengidentifikasi masalah pada motor penggerak dengan mendengarkan suara mesin dari motor penggerak wiper.

Cara Pasang Wiper Mobil di Rumah, Bisa Dilakukan Tanpa ke Bengkel
Cara Pasang Wiper Mobil di Rumah, Bisa Dilakukan Tanpa ke Bengkel

Wiper merupakan salah satu komponen penting mobil yang harus dirawat dengan baik. Jika ada kerusakan maka harus ganti baru. Berikut cara pasang wiper mobil.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.