Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>CV adalah Dokumen Berisi Riwayat Hidup, Begini Tips Membuatnya</b>

CV adalah Dokumen Berisi Riwayat Hidup, Begini Tips Membuatnya

Saat hendak melamar pekerjaan, CV menjadi salah satu dokumen penting yang harus dibawa.

Dalam dunia profesional, CV (Curriculum Vitae) menjadi sebuah elemen kunci yang tak terpisahkan ketika seseorang mencari pekerjaan atau peluang karir. CV bukan sekadar daftar riwayat hidup, tetapi juga merupakan gambaran singkat yang mencerminkan identitas, kualifikasi, dan pengalaman seseorang. Artinya, sebuah CV yang baik dapat menjadi kunci untuk membuka pintu berbagai peluang di dunia kerja.

Pentingnya sebuah CV memang tak bisa diabaikan, karena seringkali, dokumen ini menjadi penentu pertama bagi calon karyawan dalam memberikan kesan kepada perusahaan atau instansi yang bersangkutan. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu yang ingin bersaing di dunia pekerjaan untuk memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana membuat CV yang efektif dan profesional.

Apa Itu CV?

Curriculum Vitae atau CV adalah sebuah dokumen yang berisikan tentang riwayat diri atau riwayat hidup seperti data diri, pengalaman profesional atau kerja, prestasi akademik atau non akademik, hobi, keterampilan dan lain sebagainya dari seorang individu.

CV adalah dokumen yang penting dan sering kali disamakan dengan resume atau cover letter. Padahal, ketiga dokumen ini berbeda isi, tujuan dan fungsinya. menjadi lebih dari dua halaman.

CV adalah dokumen yang digunakan untuk menuliskan kronologis jalan hidup Anda seperti pencapaian dan kualitas hidup yang dideskripsikan menjadi lebih dari dua halaman.

Sementara, resume adalah dokumen yang berisi tentang pengalaman kerja dan prestasi sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Dan untuk cover letter, dokumen ini biasanya berisi tentang alasan dan motivasi seseorang melamar pekerjaan tersebut. Kedua dokumen penting ini ditulis kurang lebih 1 halaman.

merdeka.com

Pengertian CV Menurut Para Ahli

Menurut Cambridge Dictionary, CV adalah deskripsi singkat tertulis tentang pendidikan Anda, kualifikasi, pekerjaan sebelumnya, dan kadang-kadang juga minat pribadi Anda, yang Anda kirim pada atasa Anda ketika Anda mencoba untuk melamar pekerjaan.

Menurut The Balance Careers pengertian CV adalah dokumen yang digunakan untuk membuat daftar kualifikasi seseorang dan melamar pekerjaan. Ia bekerja dengan cara yang hampir sama dengan resume dan memberikan informasi terperinci tentang pendidikan dan riwayat kerja seseorang.

Sementara itu, menurut Merriam-Webster, CV adalah laporan singkat tentang karier dan kualifikasi seseorang yang disiapkan biasanya oleh pelamar untuk suatu posisi tertentu.

Fungsi dan Jenis CV

CV adalah dokumen yang sangat krusial, karena CV adalah tempat di mana kesan pertama perusahaan mengenai kandidat pelamar akan terlihat. Berikut fungsi CV yang perlu diketahui:

  • Memperkenalkan diri kepada perusahaan.
  • Mengklasifikasikan pelamar berdasarkan jenjang pendidikan dan pengalamannya.
  • Mengetahui kemampuan dan keterampilan pelamar.
  • Mengetahui nilai gaji yang pantas bagi seorang pelamar.

Selain fungsinya, CV juga terbagi menjadi beberapa jenis yakni:

  • CV Berdasarkan Ketentuan

CV berdasarkan ketentuan akan ditentukan oleh perusahaan, lembaga, instansi atau badan yang akan merekrut karyawan.


CV berdasarkan ketentuan digunakan dalam setiap lamaran pekerjaan baik Pegawain Negeri Sipil (PNS), militer, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan-perusahaan yang sudah membakukan CV sendiri yang berbentuk form atau blangko.


CV berdasarkan ketentuan umumnya diisi oleh pelamar yang akan diberikan oleh pihak perusahaan baik melalui pos, email maupun saat Anda berada di perusahaan.

  • CV Berdasarkan Bentuk

CV berdasarkan bentuk biasanya akan diarsipkan untuk pelamar kerja, baik yang diterima maupun tidak diterima.

  • CV Berdasarkan Tujuan

Curriculum vitae berdasarkan tujuan dibuat khusus untuk perusahaan yang dituju atau bidang pekerjaan yang difokuskan. Oleh sebab itu, segala hal yang tidak berhubungan dengan tujuan, tidak perlu dituliskan dalam CV ini.

Selain itu, dalam menulis curriculum vitae berdasarkan tujuan harus memiliki tujuan yang jelas dan informasi yang cukup mengenai tujuan tersebut.

  • CV Berdasarkan Urutan Kronologis

Jenis CV ini mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis, baik digunakan bila pelamar mempunyai tipe perkerjaan yang sama sepanjang karirnya, sehingga CV model ini akan memperlihatkan perkembangan karir pelamar tersebut.

CV seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan, karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru.

  • CV Berdasarkan Keterampilan

Jenis CV ini lebih terfokus pada keterampilan dibanding pengalaman kerja.

Fungsinya adalah untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa pelamar mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

CV ini cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.

Tips Membuat CV

  • Data Identitas

Tips menulis CV menarik yang pertama adalah masukkan data diri atau identitas dengan benar dan jujur.

Anda bisa menulis nama panjang, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, alamat media sosial, dan lainnya.

Pastikan media sosial Anda terlihat normal karena media sosial memengaruhi ketertarikan perusahaan yang dilamar.

  • Riwayat Pendidikan

Tips menulis CV yang menarik selanjutnya adalah menulis riwayat pendidikan dengan jujur.

Anda tak perlu menulis secara urut mulai dari pendidikan di taman kanak-kanak. Cukup dari pendidikan sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, sekolah menengah ke atas, dan universitas.

Bagi Anda fresh graduate, bisa menuliskan lulusan Universitas dilengkapi dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).

  • Tulis Pengalaman Kerja Dilengkapi dengan Tugasnya

HRD akan tertarik dengan CV jika pengalaman kerjanya cukup mumpuni. Pastikan pengalaman ini disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jelaskan secara detail pengalaman kerja dan tugas yang Anda lakukan.

Selain pengalaman kerja, Anda juga menuliskan pengalaman organisasi.

  • Kualifikasi Diri

Kualifikasi khusus yang dimiliki akan membuat HRD yakin untuk memilih pelamar dengan CV ini. Apalagi jika berhasil mencapai sesuatu berkat kemampuan tertentu, jangan ragu.

Contoh kualifikasi diri yaitu berani berpendapat di kantor, mampu beradaptasi dengan baik, fleksibel dalam bekerja, selalu berbagi, dan bertanggung jawab.

  • Keahlian atau Skill

Keahlian murni yang dimiliki akan menjadi pertimbangan perusahaan memilih. Keahlian ini yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan di perusahaan.

Keahlian bisa berupa hard skill dan soft skill.

Contoh keahlian hard skill ialah menguasai bahasa Inggris, kemampuan mengoperasikan media sosial dan lain sebagainya.

Keahlian soft skill bisa berupa manejemen waktu yang baik, negosiasi yang baik, mudah beradaptasi dan lain sebagainya.

Keahlian bisa otodidak dan ada juga yang berasal dari pelatihan-pelatihan yang telah diikuti. Dari manapun keahlian yang Anda dapatkan akan selalu menjadi nilai tambah untuk CV Anda.

Manfaat CV bagi Perusahaan

Curriculum Vitae, atau CV adalah dokumen yang berisi ringkasan tentang diri, pendidikan, pengalaman, keterampilan, dan prestasi seseorang. CV digunakan untuk melamar pekerjaan, beasiswa, atau keperluan lain yang membutuhkan informasi tentang kualifikasi seseorang. CV memiliki beberapa manfaat bagi perusahaan, antara lain:

  • Untuk mengkategorikan pelamar berdasarkan tingkat pendidikan dan kisah hidup. CV membantu perusahaan untuk memilah-milah pelamar yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. CV juga memberikan gambaran tentang latar belakang dan riwayat hidup pelamar, seperti tempat dan tanggal lahir, status perkawinan, kewarganegaraan, dan lain-lain.

  • Untuk mengetahui kekuatan dan keterampilan pelamar. CV menunjukkan apa saja yang telah dilakukan dan dicapai oleh pelamar dalam bidang akademik maupun profesional. CV juga mencantumkan keterampilan teknis dan lunak yang dimiliki oleh pelamar, seperti penggunaan perangkat lunak, bahasa asing, komunikasi, kerjasama tim, dan lain-lain. Hal ini membantu perusahaan untuk menilai apakah pelamar memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang dilamar.

  • Untuk mengetahui nilai gaji yang sesuai untuk pelamar. CV memberikan informasi tentang pengalaman kerja sebelumnya, posisi yang dipegang, tanggung jawab yang diemban, serta rentang waktu bekerja. Hal ini membantu perusahaan untuk menentukan nilai gaji yang layak untuk pelamar berdasarkan tingkat pengalaman dan tanggung jawab yang dimiliki.

CV Adalah Daftar Riwayat Hidup, Ketahui Tips Menulisnya Agar Menarik Perekrut
CV Adalah Daftar Riwayat Hidup, Ketahui Tips Menulisnya Agar Menarik Perekrut

CV adalah bagian penting dalam syarat mendapatkan pekerjaan.

Baca Selengkapnya icon-hand
25 Contoh CV Bahasa Indonesia dan Inggris dalam Berbagai Gaya: Formal, Modern, sampai Kreatif
25 Contoh CV Bahasa Indonesia dan Inggris dalam Berbagai Gaya: Formal, Modern, sampai Kreatif

CV adalah singkatan dari curriculum vitae, yang dalam bahasa latin berarti 'jalan hidup'.

Baca Selengkapnya icon-hand
Masih Ada Waktu, Ini Daftar Formasi CPNS dan PPPK untuk Guru & Tenaga Kesehatan yang Sepi Peminat
Masih Ada Waktu, Ini Daftar Formasi CPNS dan PPPK untuk Guru & Tenaga Kesehatan yang Sepi Peminat

Daftar instansi pemerintah yang buka lowongan kerja tapi sepi peminat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
40 Kata-kata Perpisahan Sahabat Kerja yang Menyentuh Hati, Penuh Doa dan Makan
40 Kata-kata Perpisahan Sahabat Kerja yang Menyentuh Hati, Penuh Doa dan Makan

Berikut 40 kata-kata perpisahan sahabat kerja yang bisa Anda jadikan sebagai referensi menuliskan perasaan ke sahabat kerja.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tips Ampuh Wawancara Kerja, Bisa Langsung Lancar Jawab Pertanyaan HRD
Tips Ampuh Wawancara Kerja, Bisa Langsung Lancar Jawab Pertanyaan HRD

Saat melakukan wawancara Anda harus mempersiapkan mental dan jawaban-jawaban yang sekiranya akan ditanya oleh para perekrut.

Baca Selengkapnya icon-hand
Contoh Essay Biodata beserta Cara Membuatnya
Contoh Essay Biodata beserta Cara Membuatnya

Essay biodata adalah bentuk tulisan yang memberikan gambaran lengkap tentang diri kita, baik itu latar belakang, pengalaman, atau pemikiran yang kita miliki.

Baca Selengkapnya icon-hand
Sekjen Kemnaker Harap BPVP Belitung Ciptakan SDM Berdaya Saing
Sekjen Kemnaker Harap BPVP Belitung Ciptakan SDM Berdaya Saing

Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusiberharap Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Belitung dapat menjadi rumah latih yang memberi inspirasi.

Baca Selengkapnya icon-hand
Wamenaker Harap Kerja Sama BPVP Padang dengan ITP Cetak Lulusan yang Siap Kerja
Wamenaker Harap Kerja Sama BPVP Padang dengan ITP Cetak Lulusan yang Siap Kerja

Secara nasional, belum sebagian besar perguruan tinggi yang ada melakukan sertifikasi kompetensi terhadap lulusannya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Ternyata Banyak Warganet Kecewa Pendaftaran CPNS Diperpanjang 2 Hari, Begini Penjelasannya
Ternyata Banyak Warganet Kecewa Pendaftaran CPNS Diperpanjang 2 Hari, Begini Penjelasannya

Pendaftaran CPNS diperpanjang dengan mempertimbangan kondisi peserta yang masih banyak belum mengakhiri pendaftaran (submit dan resume).

Baca Selengkapnya icon-hand