Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>7 Pertanda Jodoh Sudah Dekat Menurut Islam, Kenali Ciri-Cirinya</b>

7 Pertanda Jodoh Sudah Dekat Menurut Islam, Kenali Ciri-Cirinya

Mengamati apa saja pertanda jodoh telah dekat dapat membantu Anda mempersiapkan diri.

Bagi umat Islam, tidak ada contoh atau preseden yang lebih baik dari suami ideal selain Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah suami yang paling pengasih, baik hati, rendah hati, penyayang, setia, layak dipercaya, dan murah hati yang pernah ada; memang teladannya dalam setiap segi kehidupan adalah sempurna dan daftar sifat-sifatnya terlalu banyak untuk disebutkan.

Bagi umat Islam, tidak ada contoh atau preseden yang lebih baik dari suami ideal selain Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah suami yang paling pengasih, baik hati, rendah hati, penyayang, setia, layak dipercaya, dan murah hati yang pernah ada; memang teladannya dalam setiap segi kehidupan adalah sempurna dan daftar sifat-sifatnya terlalu banyak untuk disebutkan.

Karena alasan ini, ia adalah standar yang harus digunakan setiap wanita Muslim ketika mencari pasangan hidup.

Untuk pria Muslim, standar yang harus dicari dalam istri yang ideal ditemukan dalam tradisi kenabian:

“Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung." (Al Bukhari)

Allah telah menulis ketentuan untuk setiap jiwa di bumi ini, termasuk siapa yang kita nikahi.

Allah berfirman, “Tidak ada satu pun makhluk di bumi kecuali bahwa Allah memelihara ketentuannya” [Quran 11: 6].

Dalam pengertian ini, kita yang ditakdirkan untuk menikah dalam kehidupan ini memang memiliki 'belahan jiwa'. Namun, ini tidak berarti bahwa belahan jiwa seseorang menjamin satu kebahagiaan duniawi, karena bahkan pasangan yang paling pengasih sekalipun adalah ujian kesabaran. Sukacita abadi hanya terletak di surga.

Bagi Anda yang sedang mencari dan dalam proses penemuan jodoh, pertanda jodoh sudah dekat berikut ini bisa menjadi obor yang membantu Anda mendapat penerangan apakah orang yang sedang bersama Anda saat ini adalah jodoh yang ditakdiran sebagai pasangan hidup sejati. Berikut pertanda jodoh sudah dekat dan ciri-cirinya menurut Islam, dilansir dari berbagai sumber.

<b>Memahami Berbagai Pandangan Mengenai Konsep Jodoh</b>

Memahami Berbagai Pandangan Mengenai Konsep Jodoh

Pandangan tentang jodoh dapat bervariasi berdasarkan budaya dan spiritualitas yang berbeda. Berikut adalah beberapa perspektif yang umumnya dapat ditemui mengenai jodoh.

1. Budaya


  • Persetujuan Keluarga: Beberapa budaya mendorong peran keluarga dalam menentukan jodoh. Pemilihan pasangan seringkali melibatkan pertimbangan dari keluarga, termasuk faktor sosial dan ekonomi.

  • Tradisi dan Adat Istiadat: Beberapa budaya memiliki tradisi khusus yang berkaitan dengan pencarian jodoh. Misalnya, prosesi perjodohan atau ritual tertentu yang harus diikuti untuk memastikan keberuntungan dan kesuksesan.

  • Aspek Sosial-Ekonomi: Beberapa masyarakat lebih memperhatikan status sosial, ekonomi, atau pendidikan ketika mencari jodoh. Ini bisa menjadi pertimbangan utama dalam memilih pasangan hidup.

2. Spiritualitas dan Agama

  • Kepercayaan Agama: Banyak agama memiliki pandangan khusus tentang jodoh. Misalnya, dalam Islam, konsep taqwa (takwa) dan kesamaan iman dianggap penting dalam memilih pasangan hidup.

  • Pandangan Mengenai Takdir: Beberapa orang meyakini bahwa jodoh sudah ditentukan oleh takdir atau kehendak ilahi. Mereka percaya bahwa pasangan hidup adalah bagian dari rencana yang lebih besar yang telah ditetapkan.

  • Kesamaan Nilai dan Kepercayaan: Beberapa orang berfokus pada kesamaan nilai dan keyakinan sebagai faktor kunci dalam mencari pasangan hidup. Ini mungkin termasuk kesamaan dalam praktik keagamaan atau nilai-nilai moral.

3. Pandangan Universal

  • Cinta dan Kompatibilitas: Di banyak budaya, ada penekanan pada cinta dan kompatibilitas sebagai dasar utama dalam memilih pasangan hidup. Faktor-faktor seperti kecocokan kepribadian, tujuan hidup bersama, dan perasaan cinta sering dianggap penting.

  • Pilihan Individu: Dalam banyak masyarakat modern, kebebasan untuk memilih pasangan hidup menjadi lebih ditekankan. Individu memiliki kebebasan untuk memilih pasangan berdasarkan ketertarikan pribadi, cinta, dan kompatibilitas.

Dengan berbagai pandangan ini, penting untuk diingat bahwa setiap individu dan kelompok budaya dapat memiliki pendekatan yang unik terhadap jodoh. Pilihan ini seringkali dipengaruhi oleh kombinasi faktor budaya, agama, dan nilai-nilai personal.

<b>Pertanda Jodoh Sudah Dekat dan Ciri-Cirinya Menurut Islam</b>

Pertanda Jodoh Sudah Dekat dan Ciri-Cirinya Menurut Islam

وَمِن كُلِّ شَىْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Wa ming kulli syai'in khalaqnā zaujaini la'allakum tażakkarụn

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan seperti lelaki dan perempuan, langit dan bumi, daratan dan lautan, agar kalian mengingat keesaan Allah yang menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan dan mengingat kekuasaan-Nya. (Quran Surat Az-Zariyat Ayat 49)

Jadi bagaimana kita tahu siapa jodoh kita? Mengenal diri sendiri memberikan keyakinan dan iman untuk menegaskan keakraban alami yang akan Anda rasa. Namun, dasar dari pengetahuan ini berasal dari kebenaran dalam firman Allah. Melalui mendasarkan persepsi kita pada Alquran kita mencegah diri kita dari menjadi tawanan dengan apa yang kita pikir adalah belahan jiwa.

Berikut adalah pertanda jodoh sudah dekat:

1. Anda Memiliki Firasat Saat Proses Mengenal Calon Pasangan Anda

Sesuatu yang jauh di dalam hati memberi tahu Anda bahwa ini adalah yang sempurna untuk Anda. Seolah-olah ada kekuatan spiritual yang mendorong Anda untuk melepaskan semua yang Anda harapkan sebelumnya dan memberikan diri Anda sepenuhnya.

Tentu saja hal ini tidak sesederhana Anda mendapatkan bisikan ataupun hal aneh lainnya. Sebagai seorang Muslim yang baik, memastikannya dengan salat istiqarah di kala mengharapkan petunjukkan sangat disarankan. Jadi setelah setidaknya Anda merasa bahwa orang di depan Anda adalah orang yang tepat untuk Anda nikahi, jangan lupa untuk tetap mengenali petunjuk lainnya.

2. Memiliki Iman dan Sifat yang Mirip

Tanda jodoh sudah dekat menurut ciri yang diberikan Allah yang kedua adalah memiliki iman dan sifat yang mirip dengan Anda.

Seperti yang terkandung dalam surat An-Nuur ayat 26 yang memiliki makna bahwa seorang wanita baik-baik akan berjodoh dengan laki-laki yang baik pula. Jodoh merupakan cerminan diri, jadi setiap orang akan mendapatkan jodoh yang tepat baginya. 

3. Anda Nyaman Menjadi Diri Sendiri Begitu Juga Dengan Calon Anda

Tanda jodoh sudah dekat selanjutnya adalah dia akan selalu tampil apa adanya di depan Anda begitu juga sebaliknya. Tidak ada yang dibuat-buat dan dipaksakan dalam semua tingkah laku dan gerak geriknya.

Semua kelakuannya merupakan bagaimana dia yang sebenarnya, asli tanpa kepalsuan. Bisanya hal ini bisa dilihat dari kenyamanan yang ditunjukkannya. Bila dia terlihat kurang nyaman dengan apa yang dilakukannya dan gayanya di depan Anda, maka sudah dapat dipastikan dia sedang bersandiwara. Namun bila penampilannya dan kelakuannya tampak spontan, mungkin saja dia adalah jodoh Anda.

4. Saling Percaya

Tanda jodoh sudah dekat berikutnya adalah Anda bisa memberikan kepercayaan pada calon Anda. Bila Anda menemukan orang yang sangat jujur dan rasanya kamu akan percaya padanya, maka mungkin saja itu adalah tanda-tanda petunjuk jodoh dari Allah.

Saat Anda percaya pada seseorang dalam menceritakan berbagai rahasia yang Anda miliki, dan Anda merasa tidak bisa menyembunyikan apapun darinya, maka mungkin dia adalah orang yang selama ini Anda nanti-nantikan.

5. Bisa Saling Memahami

Bagi Anda yang memang ditakdirkan berjodoh, maka Anda dan pasangan akan saling memahami satu sama lainnya. Bila Anda sedang mengalami kesulitan, maka dia akan berusaha untuk membantu Anda. Baik susah atau senang dirasakan, dia akan selalu ada untuk Anda.

Dia juga akan selalu bersedia mengarungi setiap pasang surut sebuah hubungan. Bila pasangan Anda selalu bersama dengan Anda, baik dalam suka maupun duka, tentu hal ini bisa menjadi tanda bila dirinya jodoh Anda.

6. Tidak Mencari yang Lain

Tanda jodoh sudah dekat selanjutnya adalah ketika keduanya sudah menemukan seseorang yang dapat membuatnya merasa hidup kurang lengkap ketika orang itu tidak ada di samping kita. Nah, kalau ini sudah Anda rasakan, maka ini bisa jadi pertanda dari Allah kalau dia adalah jodoh Anda.

Dengan demikian, orang tersebut akan membuat Anda untuk berhenti mencari yang lain, meskipun orang tersebut penuh dengan kekurangan.

7. Memiliki Tujuan Bersama

Sangat penting untuk mengenal diri sendiri terlebih dahulu dan kemudian mempertimbangkan apakah Anda berbagi tujuan bersama dengan pasangan Anda. Apakah Anda berdua memiliki cita-cita, nilai, impian, dan aspirasi yang sama?

Anda berdua harus menuju ke arah yang sama. Jika pasangan Anda memiliki impian dan aspirasi yang berlawanan dengan Anda, Anda tidak dapat berbagi kehidupan bersama, bahkan jika orang itu baik.

Anda mungkin berkata: "Bagaimana jika mereka tidak memiliki tujuan dan mau pergi ke arah mana pun saya pergi"?

Hati-hati dengan jenis pemikiran ini; bersama seseorang yang kurang memiliki kesadaran diri dan arahan dalam hidupnya hanya akan mempersulit hidup Anda. Dia perlu menjadi dewasa dan mengembangkan rasa diri sebelum dia dapat membuat keputusan penting seumur hidup.

Banyak pasangan menemukan diri mereka dalam perjalanan menuju perceraian karena setelah fase awal bulan madu selesai, pasangan mulai menyadari tujuan hidup mereka berbeda dari pasangan mereka. Penting untuk berada di halaman yang sama pada awalnya.

Di awal hubungan, buat titik untuk membahas masalah-masalah seperti berapa banyak anak yang ingin Anda miliki, bagaimana Anda akan membesarkan mereka, nilai-nilai apa yang ingin Anda tanam di dalamnya, dan jenis gaya hidup apa yang ingin Anda miliki, dan lain-lain.

Anda harus tahu apa tujuan orang lain itu dan benar-benar mempertimbangkan secara objektif apakah tujuan itu sesuai dengan tujuan Anda.

<b>Doa Agar Didekatkan dengan Jodoh</b>

Doa Agar Didekatkan dengan Jodoh

Umat Islam pasti percaya dengan kekuatan doa. Doa dilantunkan untuk berbagai tujuan dan dalam berbagai kesempatan, salah satunya adalah agar semakin didekatkan dengan jodoh yang tepat. Berikut ini adalah beberapa meminta jodoh yang umum dibaca dalam Islam;

1. Qs. Al-Furqan Ayat 74

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Artinya: Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa ini dapat dilantunkan ketika selesai salat wirid, supaya Allah SWT bisa mengijabah keinginan untuk mendapatkan seorang pasangan yang ideal, dan sehidup sesurga.

2. Qs. Al-Anbiya Ayat 89

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.

Doa ini berasal dari kisah nabi Zakaria yang mengalami cobaan berupa belum mempunyai keturunan setelah beberapa puluh tahun. Meskipun begitu, doa itu juga dapat digunakan sebagai salah satu doa minta jodoh bagi orang yang belum dipertemukan jodoh atau pasangan hidupnya.

3. Qs. Al-Qasas Ayat 24

اَمِ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اٰلِهَةً ۗقُلْ هَاتُوْا بُرْهَانَكُمْۚ هٰذَا ذِكْرُ مَنْ مَّعِيَ وَذِكْرُ مَنْ قَبْلِيْۗ بَلْ اَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُوْنَۙ الْحَقَّ فَهُمْ مُّعْرِضُوْنَفَسَقٰى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلّٰىٓ اِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Artinya: Maka dia (Musa) memberi minum (ternak) kedua perempuan itu, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kepadaku.”

Selain memperoleh kebaikan, ayat ini juga dilantunkan sebagai salah satu doa agar dia menjadi jodoh kita. Kebaikan yang dimaksud pada ayat tersebut memiliki sifat universal, sehingga dapat juga diartikan bahwa kebaikan itu berbentuk seorang pasangan shalih maupun shalihah.

4. Doa Minta Jodoh Untuk Perempuan

Berikut doa agar dia menjadi jodoh kita untuk perempuan.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

5. Doa Minta Jodoh Untuk Laki-laki

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Doa agar dia menjadi jodoh kita ini bisa dilantunkan oleh seorang laki-laki ketika selesai salat, dan juga mengaji.

Doa Agar Cepat Menikah Menurut Islam, Dekatkan Diri dengan Jodoh
Doa Agar Cepat Menikah Menurut Islam, Dekatkan Diri dengan Jodoh

Jodoh adalah rahasia Ilahi yang tak pernah bisa diprediksi, namun bisa diupayakan dengan berdoa.

Baca Selengkapnya icon-hand
Mengenal Penyakit Ain dalam Islam, Ketahui Bacaan Doa untuk Melindungi Diri
Mengenal Penyakit Ain dalam Islam, Ketahui Bacaan Doa untuk Melindungi Diri

Penyakit ain berkaitan dengan rasa iri dengki, yang berawal dari pandangan mata.

Baca Selengkapnya icon-hand
Cara Mensucikan Benda dari Najis dalam Islam, Dicuci Tujuh Kali
Cara Mensucikan Benda dari Najis dalam Islam, Dicuci Tujuh Kali

Cara mensucikan najis sudah diatur dalam Islam. Begini caranya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Akad Adalah Ikatan yang Dilakukan oleh Kedua Belah Pihak, Simak Penjelasannya Dalam Islam
Akad Adalah Ikatan yang Dilakukan oleh Kedua Belah Pihak, Simak Penjelasannya Dalam Islam

Pengertian akad dalam Islam yang penting untuk diketahui.

Baca Selengkapnya icon-hand
Hukum Istri Selingkuh dalam Islam dan Azab yang Menimpanya di Akhirat, Perlu Dipahami
Hukum Istri Selingkuh dalam Islam dan Azab yang Menimpanya di Akhirat, Perlu Dipahami

Selingkuh adalah perbuatan yang dilarang dan dikecam dalam Islam.

Baca Selengkapnya icon-hand
Makruh Adalah Salah Satu Hukum dalam Agama Islam, Pahami Jenis dan Contohnya
Makruh Adalah Salah Satu Hukum dalam Agama Islam, Pahami Jenis dan Contohnya

Makruh adalah perbuatan yang tidak dilarang secara tegas, tetapi tetap dihindari karena dianggap tidak baik.

Baca Selengkapnya icon-hand
Pedihnya Hukuman Pengkhianat Mataram Islam, Jasad Dimutilasi lalu Makamnya jadi Anak Tangga Agar Diinjak-injak
Pedihnya Hukuman Pengkhianat Mataram Islam, Jasad Dimutilasi lalu Makamnya jadi Anak Tangga Agar Diinjak-injak

Ternyata, undakan ini menyimpan sejarah. Di dalamnya sudah ditanam sosok yang penuh dengan teka-teki.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kata-Kata Tahun Baru Islam yang Menyentuh Hati dan Penuh Doa
Kata-Kata Tahun Baru Islam yang Menyentuh Hati dan Penuh Doa

Kumpulan kata-kata tahun baru Islam yang menyentuh hati dan penuh doa.

Baca Selengkapnya icon-hand
Jejak Panji Gumilang dan Kaitan Dengan NII KW9
Jejak Panji Gumilang dan Kaitan Dengan NII KW9

Keterkaitan Al Zaytun dengan Negara Islam Indonesia (NII) sudah begitu banyak diungkap berbagai pihak. Hal ini tentu harus menjadi perhatian serius pemerintah.

Baca Selengkapnya icon-hand