Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Umroh Mabrur dan Ciri-Cirinya, Perlu Diketahui

Doa Umroh Mabrur dan Ciri-Cirinya, Perlu Diketahui

Doa Umroh Mabrur dan Ciri-Cirinya, Perlu Diketahui

Mabrur adalah ibadah yang diterima di sisi Allah. 

Umroh merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Meskipun tidak memiliki status wajib, umroh sangat baik dilakukan terutama bagi orang yang mampu, yaitu mampu secara fisik, mampu secara mental, dan mampu secara finansial.

Anjuran umroh ini tentu diberikan karena memiliki banyak keutamaan. Di mana orang yang menjalankan ibadah umroh dapat diampuni dosa-dosanya hingga diangkat derajatnya. Untuk mendapatkan manfaat keutamaan ini, ibadah umroh harus dilakukan dengan tulus.

Bahkan, tidak semua orang yang menjalankan ibadah umroh bisa mendapatkan predikat mabrur. Sebab, hanya Allah yang berhak menilai dan menerima setiap ibadah yang dilakukan hamba-Nya.

Meski begitu, Islam mengajarkan beberapa doa untuk memohon ibadah yang mabrur. Berikut, kami merangkum doa umroh mabrur dan penjelasan lainnya, bisa disimak.

Makna Mabrur

Makna Mabrur

Sebelum menyimak doa umroh mabrur, perlu dipahami dahulu makna katanya.

Makna kata "mabrur" dalam konteks Islam merujuk kepada perbuatan yang diterima atau diterima dengan baik oleh Allah SWT. Kata "mabrur" seringkali dikaitkan dengan ibadah haji yang mendapatkan penerimaan dan pahala yang besar dari Allah SWT. Para ulama menyampaikan berbagai pendapat tentang pengertian dari haji mabrur.

Kitab-kitab yang terkait dengan pembahasan ini adalah "Nayl Al-Awtar" dan "Syarhus Suyuthi". Dalam kitab "Nayl Al-Awtar" karya Al-Qasthalani, disebutkan bahwa haji mabrur adalah haji yang dilakukan dengan sempurna sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dan dilakukan dengan niat yang tulus hanya untuk mencari keridhaan Allah SWT.

Sementara itu, dalam kitab "Syarhus Suyuthi" karya Syekh As-Suyuthi, dijelaskan bahwa haji mabrur adalah haji yang dilakukan dengan memperhatikan tiga hal, yaitu niat yang ikhlas, melaksanakan semua rukun dan sunnah haji dengan baik, dan menjaga akhlak serta berlaku adil kepada sesama manusia selama menjalankan ibadah haji.

Secara kesimpulan, makna kata "mabrur" dalam konteks Islam adalah perbuatan yang dianggap diterima dan mendapatkan pahala besar dari Allah SWT. Hal ini khususnya terkait dengan pelaksanaan ibadah haji yang harus dilakukan dengan sempurna sesuai tuntunan Rasulullah SAW yang diperinci dalam kitab-kitab seperti "Nayl Al-Awtar" dan "Syarhus Suyuthi". Penting bagi umat Islam untuk memahami dan melaksanakan ibadah haji dengan sungguh-sungguh agar dapat mencapai haji mabrur.

Doa Umroh Mabrur

Doa Umroh Mabrur

Setelah memahami makna kata mabrur, berikutnya akan diberikan doa umroh mabrur.

Doa ini berisi permohonan kepada Allah agar ibadah umroh yang dilakukan bisa diterima dengan baik di sisi Allah. Berikut, bacaan do umroh mabrur, bisa diamalkan:

Fi hifdzillahi wa kanafihi wa zawwadakallahut taqwa wa ghafara dzanbaka wa wajjahaka lil khairi ainama kunta.

Artinya: “Semoga engkau selalu dalam penjagaan Allah dan perlindungannya, semoga Allah memberikan bekal ketakwaan kepadamu dan mengampuni dosamu, dan semoga Allah memberikan kebaikan dimanapun kamu berada.”

Alloohumma Yassirlanaa Ziyaarota Makkata Wa Madiinata Bighoiri Kaddin Walaa Masyaqqotin Ma'as Salaamati Wal Barokati Wa Buluughil Maroomi Mirooron Yaa Allooh Marrota Ba'da Marrootin Yaa Allooh Birochmatika Yaa Archamar Roochimiin

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami untuk dapat ziarah ke Mekkah dan Madinah, tanpa susah payah dan kesulitan dengan selamat dan barokah, dan terpenuhi cita-cita, berulang-ulang ya Allah, berkali- kali ya Allah, berkat rahmat-Mu Wahai Dzat Yang Maha Pengasih.”

Ciri-Ciri Umroh Mabrur

Ciri-Ciri Umroh Mabrur

Setelah memyimak doa umroh mabrur, selanjutnya akan dijelaskan ciri-cirinya.

Orang yang menunaikan ibadah umroh dan diterima oleh Allah, akan mendapatkan beberapa ciri. Berikut ciri-ciri umroh mabrur, perlu diperhatikan:

1. Ith'amut tha'am (Berjiwa Sosial Tinggi): Ciri pertama umroh mabrur adalah memiliki jiwa sosial yang tinggi. Selama menjalankan umroh, seorang muslim harus memiliki rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Mereka giat dalam membantu dan berbagi dengan orang lain, baik melalui sumbangan bantuan, memberikan nasehat, atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang membantu orang lain.

2. Thayyibul Kalam (Bersikap Santun): Ciri kedua umroh mabrur adalah bersikap santun dan berbicara dengan baik. Ketika berada di Tanah Suci, seorang muslim harus menghormati dan menghargai tempat suci itu sendiri, orang-orang yang tinggal di sana, dan juga semua jamaah umrah lainnya. Sikap santun dalam berkomunikasi dengan sesama jamaah, serta berbicara dengan tutur kata yang sopan dan tak menyinggung adalah cerminan dari umroh yang mabrur.

3. Ifsya'us Salam (Menebar Kedamaian): Ciri terakhir umroh mabrur adalah menebar kedamaian. Seorang muslim yang menjalankan umroh yang mabrur akan selalu berusaha menciptakan atmosfer yang damai dan harmonis. Mereka akan menghindari segala bentuk pertikaian dan kemarahan, serta berusaha menjaga hubungan baik dengan semua orang di sekitarnya. Memberikan salam kepada sesama muslim dan menyebarkan pesan kebaikan adalah bagian dari kesempurnaan umrohyang mabrur.

Keutamaan Umroh Mabrur

Keutamaan Umroh Mabrur

Setelah menyimak doa umroh mabrur, terakhir akan dijelaskan keutamaan umroh mabrur.

Umroh yang mabrur memiliki banyak keutamaan dalam agama Islam. Beberapa di antaranya termasuk:

1. Pengampunan dosa: Umroh yang mabrur dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim: "Umroh yang satu ke umroh berikutnya adalah penebusan (dosa-dosa di antara keduanya), dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya selain surga." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Penyucian jiwa: Umroh yang mabrur membawa penyucian jiwa dan peningkatan spiritualitas. Hal ini karena ibadah umroh membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan ketulusan hati dalam menjalankannya.

3. Peningkatan pahala: Umroh yang dilakukan dengan ikhlas dan penuh kekhusyukan akan mendatangkan pahala yang besar di sisi Allah SWT. Meskipun umroh bukan wajib seperti haji, namun pahalanya sangat besar bagi yang melakukannya dengan sungguh-sungguh.

4. Dibukakan pintu-pintu rezeki: Umroh yang mabrur juga dapat membuka pintu-pintu rezeki yang berlimpah dari Allah SWT. Hal ini karena umroh merupakan bentuk ibadah yang mengharuskan seseorang meninggalkan segala urusan duniawi untuk sementara waktu demi mencari ridha Allah SWT.

Doa untuk Orang Umroh Mabrur, Perlu Diketahui
Doa untuk Orang Umroh Mabrur, Perlu Diketahui

Umroh mabrur adalah ibadah yang diterima oleh Allah.

Baca Selengkapnya
Doa Sesudah Bercermin dan Artinya, Penuh Makna Kebaikan
Doa Sesudah Bercermin dan Artinya, Penuh Makna Kebaikan

Doa sesudah bercermin adalah bentuk rasa syukur kepada Allah.

Baca Selengkapnya
Doa Menjelang Ramadhan, Ini Cara Mempersiapkan Diri Sambut Bulan Suci
Doa Menjelang Ramadhan, Ini Cara Mempersiapkan Diri Sambut Bulan Suci

Penting bagi umat muslim untuk mempersiapkan diri menuju Ramadhan. Salah satunya dengan membaca doa menjelang Ramadhan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa Sedekah dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim
Bacaan Doa Sedekah dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim

Sedekah adalah amalan yang sangat dicintai Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Ucapan Selamat Datang Umroh Mabrur, Penuh Doa Kebaikan
Ucapan Selamat Datang Umroh Mabrur, Penuh Doa Kebaikan

Dianjurkan untuk meyambut jamaah umroh yang datang ke tanah air.

Baca Selengkapnya
10 Doa Ramadhan Pilihan Lengkap dengan Artinya, Mari Perbanyak Amal Ibadah di Bulan Suci
10 Doa Ramadhan Pilihan Lengkap dengan Artinya, Mari Perbanyak Amal Ibadah di Bulan Suci

Berikut kumpulan doa Ramadhan pilihan lengkap dengan artinya.

Baca Selengkapnya
Doa Nabi Ibrahim dan Artinya, Bisa Diamalkan Sehari-Hari
Doa Nabi Ibrahim dan Artinya, Bisa Diamalkan Sehari-Hari

Doa Nabi Ibrahim termasuk doa yang diijabah oleh Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Habis Sholat dan Artinya, Mohon Ampunan dan Rahmat Kebaikan
Doa Habis Sholat dan Artinya, Mohon Ampunan dan Rahmat Kebaikan

Setelah sholat termasuk waktu mustajab untuk berdoa.

Baca Selengkapnya
Baca Doa Sahur, Dalil, dan Hikmah di Dalamnya
Baca Doa Sahur, Dalil, dan Hikmah di Dalamnya

Sama seperti ibadah lainnya, baca doa sahur, atau niat puasa ini juga penting dilakukan sebelum kita hendak berpuasa.

Baca Selengkapnya