Penulis Kazuo Ishiguro menangkan Nobel literatur 2017

Rabu, 11 Oktober 2017 17:12 Reporter : Tantri Setyorini
Penulis Kazuo Ishiguro menangkan Nobel literatur 2017 Kazuo Ishiguro. © David Levene/eyevine/Redux

Merdeka.com - Kazuo Ishiguro, sosok di balik novel Never Let Me Go, The Remains of The Day, dan Nocturnes resmi dinyatakan sebagai pemenang Hadiah Nobel untuk Literatur. Pengumuman ini disampaikan oleh Swedish Academy.

Menurut The Huffington Post, penghargaan senilai $ 1,1 juta itu telah 'kembali ke ranah interpretasi mainstream' setelah dimenangkan oleh penyanyi Bob Dylan pada tahun sebelumnya.

Ishiguro, penulis inggris kelahiran Jepang ini pernah memenangkan Man Booker Prize untuk The Remains of The Day yang terbit pada tahun 1989. Buku tersebut juga sudah diadaptasi ke film yang sempat dinominasikan untuk mengantongi piala Oscar.

Kazuo Ishiguro © David Levene/eyevine/Redux

Karya-karya Ishiguro kerap bermain dengan kenangan, waktu, dan delusi. The Swedish Academy memuji kemampuannya untuk mengungkapkan 'jurang di balik ilusi yang kita rasakan tentang hubungan dengan dunia'.

"Dia seperti perpaduan Jane Austen, comedy of manners, dan Franz Kafka. Jika Anda mencampuradukkan sedikit dari ketiganya, sedikit saja, Anda akan mendapatkan Ishiguro sebagai 'kulitnya'," kata Sara Danius, sekretaris permanen The Swedish Academy.

Nama Ishiguro kini disejajarkan dengan para penulis besar seperti Alexander Solzhenitsyn, Doris Lessing, dan Ernest Hemingway sebagai pemenang penghargaan sastra paling bergengsi di dunia. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Dunia Buku
  2. Nobel
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini