Kata zodiak, ini cara berhemat yang paling cocok untukmu

Selasa, 6 Maret 2018 00:02 Reporter : Tantri Setyorini
Kata zodiak, ini cara berhemat yang paling cocok untukmu Ilustrasi orang kaya. © GQ

Merdeka.com - Menyimpan penghasilan di dua rekening, berhemat dengan melakukan pembelian cerdas, atau justru bekerja keras untuk mendapatkan dana lebih untuk dibelanjakan, pada dasarnya setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatur keuangan. Dan cara kita berhemat atau membelanjakan uang pun sedikit banyak dipengaruhi unsur kepribadian. Karena itulah, satu nasihat finansial tidak selalu cocok diterapkan untuk semua orang.

Menurut Meghan Fox, ahli keuangan dari perusahaan pembayaran mobile Raise, setiap zodiak memiliki ciri khas dalam mengelola keuangan. Dan karena itu pula, tips yang sesuai untuk masing-masing kepribadian juga berbeda.

Apa rasi bintang yang menaungi kelahiranmu? Seperti apa nasihat finansial yang cocok untukmu? Mari kita pelajari bersama lewat penjelasan Meghan Fox yang disadur dari situs Raise berikut.

1 dari 12 halaman

Aries - Gunakan aplikai pengelola keuangan

Ilustrasi zodiak - Aries. © Zastavki.com

Aries adalah sosok pekerja keras yang tidak akan mengeluarkan energi setengah-setengah untuk mencapai kesuksesan, termasuk kesuksesan di bidang finansial.

Kamu membutuhkan metode pengelolaan keuangan yang mempermudah langkahmu dalam mengejar kekayaan. Dengan menggunakan perencanaan berbasis tujuan dan aplikasi mobile seperti Qapital dan Digit, pengelolaan keuangan bakal jadi lebih mudah. Kamu bisa menghubungkan beberapa rekening sekaligus dan membuat perencanaan tabungan sendiri.

2 dari 12 halaman

Taurus - Riset sebelum melakukan setiap pembelian

Ilustrasi zodiak - Taurus. © Zastavki.com

Taurus adalah pribadi yang dikenal keras kepala, namun selalu melakukan perencanaan terperinci sebelum melakukan apa pun. Mentalitas yang sama juga diterapkannya dalam bidang finansial.

Cara berhemat terbaik untuk Taurus adalah dengan melakukan perencanaan keuangan secara terperinci sebelum melakukan pembelanjaan apa pun. Untuk melakukan pembelian yang cerdas, ada baiknya jika kamu berlangganan surel (e-mail) untuk mendapatkan notifikasi produk-produk yang sedang promo dari merek kesayangan.

3 dari 12 halaman

Gemini - Manfaatkan poin dan reward

Ilustrasi zodiak - Gemini. © Zastavki.com

Gemini merupakan pribadi yang kompetitif, suka berpetualang, dan tak takut mengambil risiko. Gemini paling suka menjadi pemenang, jadi memanfaatkan sistem poin dan reward dari berbagai kartu member dan kartu kredit merupakan cara yang menyenangkan baginya untuk melakukan transaksi hemat.

Karena Gemini juga memiliki sifat impulsif, ada baiknya jika mereka juga menggunakan aplikasi atau program yang bisa melacak setiap pengeluaran. Dengan begitu, saldo rekening bakal terselamatkan setiap bulan.

4 dari 12 halaman

Cancer - Belanja barang-barang bekas

Ilustrasi zodiak - Cancer. © Zastavki.com

Cancer adalah tipe pekerja keras yang enggan menghabiskan hasil jerih payah mereka jika tidak terpaksa. Karena itu, cara berhemat paling pas untuk mereka adalah dengan membeli barang-barang bekas, second, atau preloved.

Cancer juga cukup kreatif dalam hal membebaskan diri dari utang. Jadi tidak ada salahnya meminta bunga pinjaman yang lebih rendah, berhemat dengan menolak ajakan makan di luar, atau mencari pekerjaan sampingan.

5 dari 12 halaman

Leo - Rencanakan pengeluaran serapi mungkin

Ilustrasi zodiak - Leo. © Zastavki.com

"Keinginan untuk melindungi keuangan menjadikan aplikasi pengatur anggaran sebagai alat yang tepat buatmu untuk menabung secara sistematis," menurut Meghan Fox.

Aplikasi seperti Mint akan membantumu untuk mengetahui arus kas keluar, sehingga kamu bisa membuat keputusan finansial yang lebih bijak setiap bulan.

Pengelolaan keuangan dengan cara seperti ini sangat bermanfaat untuk si Leo yang gemar sifat sosialnya membuat mereka kerap menghabiskan uang untuk makan-makan atau nongkrong di kafe.

6 dari 12 halaman

Virgo - Cari penghasilan sampingan

Ilustrasi zodiak - Virgo. © Zastavki.com

Virgo adalah zodiak yang pandai mencari uang. Mereka cukup kreatif dalam membaca dan menciptakan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi silakan putar otak untuk mencari sumber pendapatan sampingan. Entah itu dengan menjadi reseller, menjual barang bekas di Carousell, atau dengan menyewakan kamar model bed & breakfast.

Sisi lain dari Virgo si pencari uang adalah Virgo si boros. Kendati pandai mendapatkan uang, VIrgo kurang cermat dalam menabung. Jadi mereka perlu belajar untuk mengatur keuangan lebih baik.

7 dari 12 halaman

Libra - Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan

Ilustrasi zodiak - Libra. © Zastavki.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau Libra suka dengan gaya hidup mewah. Barang-barang branded atau tempat nongkrong kekinian merupakan beberapa hal yang dia sukai. Untungnya Libra juga pandai memanfaatkan diskon dan voucher.

Walaupun begitu, sebaiknya Libra belajar untuk memilah hal-hal yang seharusnya menjadi prioritas pertama, kedua, dan seterusnya. Libra harus tahu mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang bukan. Pasalnya mereka kelewat sering membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan hanya karena diskon atau sedang promo.

8 dari 12 halaman

Scorpio - Cari cara untuk mencapai kebebasan finansial

Ilustrasi zodiak - Scorpio. © Zastavki.com

Zodiak yang satu ini terkenal paling misterius jika dibandingkan dengan rasi bintang lainnya. Dan semua orang heran bagaimana Scorpio tak pernah kesulitan dalam hal keuangan meskipun penghasilan mereka rata-rata saja.

Menurut Raise, Scorpio bisa mengelola keuangan secara metodis. Namun akan lebih baik lagi jika mereka bisa mencapai kebebasan finansial dengan ketekunan mereka dalam mengelola keuangan.

Cari tahu mengenai program-program yang bisa membantumu mengatur keuangan lebih baik lagi. Misalnya saja cash back, poin, reward, dan diskon khusus member.

9 dari 12 halaman

Sagitarius - Belajar investasi dan manajemen risiko

Ilustrasi zodiak - Sagitarius. © Zastavki.com

Sagitarius adalah seseorang yang optimis. Sudut pandang yang kamu pegang adalah gelas setengah penuh, bukan gelas yang setengah kosong. Kamu tak takut untuk berinvestasi, meskipun risikonya besar.

"Tidak seperti kebanyakan teman sebayamu, kamu benar-benar merasa nyaman dengan perubahan dan ini membuat investasi menjadi metode menabung uang terbaik untukmu," tutur Meghan.

Ketika rencana investasi tidak berjalan lancar atau tak kunjung membuahkan hasil, Sagitarius tak pernah panik. Berpikir optimis memang hal positif, tetapi jangan samppai hal itu membuatmu bertindak ceroboh, apalagi dalam hal keuangan.

Ada baiknya jika kamu belajar cara mengelola risiko investasi lebih baik. Kamu juga harus melakukan lebih banyak riset agar tidak sampai terjebak dalam investasi abal-abal.

10 dari 12 halaman

Capricorn - Sisihkan sebagian penghasilan sejak awal bulan

Ilustrasi zodiak - Capricorn. © Zastavki.com

Capricorn selalu berhati-hati dalam menyimpan uang. Mereka sangat pintar menabung dan berhemat. Kamu memang ahli dalam menahan diri dari pemborosan.

Tidak ada salahnya untuk bersenang-senang sekali waktu atau memanjakan diri satu atau dua kali. Agar tabunganmu tetap utuh dan bertambah dengan jumlah yang konstan setiap bulan, sisihkan sebagian gaji langsung ke rekening tabungan.

11 dari 12 halaman

Aquarius - Menabung sambil berinvestasi

Ilustrasi zodiak - Aquarius. © Zastavki.com

Aquarius merupakan salah satu zodiak yang paling kreatif dan independen. Kamu lebih suka menabung dengan cara tradisional dan tak ada yang salah dengan hal itu.

"Menciptakan kebiasaan menabung yang baik membuatmu lebih menghargai uangmu dan kerja keras yang harus dilakukan untuk mendapatkannya," tutur Meghan.

Jangan biarkan uangmu mengendap di rekening saja. Tak ada salahnya mencari tahu tentang program investasi yang bisa membuat tabunganmu berbuah hasil. Jika kamu tidak setuju dengan sistem bunga, silakan cari program investasi jangka panjang yang menggunakan sistem profit/loss sharing.

12 dari 12 halaman

Pisces - Buat sendiri barang-barang kebutuhanmu

Ilustrasi zodiak - Pisces. © Zastavki.com

Pisces memiliki jiwa seni yang tinggi dan terampil dalam kerajinan tangan atau proyek DIY lainnya. Tetapi mereka juga kurang bijak dalam mengatur pengeluaran.

Pisces bisa berhemat dengan membuat sendiri barang-barang yang mereka butuhkan. Daripada membeli baju mahal setiap tren mode baru keluar, lebih baik belajar untuk menjahitnya sendiri. Daripada membeli aksesoris yang sebenarnya bisa kamu buat sendiri, lebih baik berinvestasi pada alat-alat untuk membuatnya sendiri di rumah.

Selain itu Pisces juga bisa menghemat pengeluaran untuk makanan dengan memasak sendiri. Keuntungan lainnya adalah kamu bisa belajar mengkomersilkan barang-barang yang sudah kamu buat tadi.

Seperti itulah kebiasaan masing-masing zodiak dalam mengelola keuangan. Semoga tips yang diberikan oleh Meghan Fox di atas bisa menjadi saran berguna bagimu untuk manajemen finansial yang lebih efektif dan efisien. [tsr]

Baca juga:
Gaji Rp 2,5 juta tapi ingin punya rumah dan menikah, coba 5 cara ini
Perhatikan 4 hal ini agar terhindar dari penipuan arisan online
Cara ampuh lindungi transaksi perbankan Anda dari penipuan
Trik jitu bisa simpan uang untuk bergaji di bawah Rp 2 juta

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini