Ingin Awet Muda? Rajin Makan Labu Siam

Kamis, 24 Oktober 2019 20:04 Reporter : Tantri Setyorini
Ingin Awet Muda? Rajin Makan Labu Siam Ilustrasi labu siam. ©Shutterstock

Merdeka.com - Labu siam termasuk salah satu jeni sayuran yang populer dikonsumsi di Indonesia. Karena mudah didapat dan harganya murah, sayuran yang masih bersaudara dengan labu parang ini jadi kerap dilirik sebelah mata. Padahal labu siam punya nutrisi yang tak kalah dari super food seperti kale atau brokoli.

Menurut artikel lansiran Healthline, labu siam mengandung sejumlah antioksidan. Salah satunya adalah vitamin C. Lebih jauh, nutrisi yang terkandung di dalam labu siam disebut bisa membalikkan tanda-tanda penuaan dan menjadikan kulit senantiasa muda.

1 dari 3 halaman

Memperlambat Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Salah satu penyebab penuaan adalah molekul radikal bebas yang memicu kerusakan pada sel tubuh dan menurunkan fungsinya.

 /></p>
<p style=Shutterstock

Sejumlah riset menunjukkan bahwa konsumsi makanan kaya antioksidan bisa membantu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dengan melindungi sel dari radikal bebas.

Labu siam termasuk bahan pangan nabati yang kaya antioksidan. Salah satunya adalah vitamin C. Konsumsi sayuran ini secara teratur akan membantu memperlambat penuaan sel organ dan kulit.

2 dari 3 halaman

Menjaga Kekenyalan Kulit

Selain sifat antioksidannya yang kuat, vitamin C di dalam labu siam juga bisa merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan komponen protein yang menyusun lapisan kulit. Menurunnya produksi kolagen bisa membuat kulit perlahan kehilangan tekstur kencang dan kenyalnya.

3 dari 3 halaman

Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar Ultra Violet

Penelitian terbaru juga menunjukkan khasiat perlindungan kuat yang ditunjukkan ekstrak labu siam terhadap kulit, terutama dalam menangkal efek merusak radiasi sinar ultra violet.

Jika Anda ingin awet muda, konsumsi makanan sehat seperti labu siam bisa memberikan sumbangsih yang besar. [tsr]

Baca juga:
Konsumsi Daun Ketumbar Bisa Bikin Awet Muda
Masker Kedelai untuk Kulit Senantiasa Awet Muda

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini