Coban Trisula, Air Terjun Tiga Tingkat nan Sejuk di Malang

Jumat, 25 Oktober 2019 18:04 Reporter : Tantri Setyorini
Coban Trisula, Air Terjun Tiga Tingkat nan Sejuk di Malang Coban Trisula. ©Instagram/emiel3786

Merdeka.com - Ingin menikmati keindahan alam Malang yang masih natural? Coba saja berkunjung ke salah satu wisata air terjun yang dimiliki kota ini. Coban Rondo, Rais, atau Talun mungkin sudah terlalu ramai. Kalau begitu waktunya beralih ke air terjun yang lebih sepi seperti Coban Trisula.

Coban Trisula merupakan air terjun tiga tingkat yang berada di Desa Ngadas. Desa ini terletak di tengah-tengah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), dan pada tahun 2007 resmi ditetapkan sebagai desa wisata.

1 dari 3 halaman

Air Terjun di Tengah Pemukiman Suku Tengger

Desa Ngadas merupakan desa di kawasan kabupaten Malang yang dihuni oleh masyarakat suku Tengger. Topografi desa Ngadas yang berbukit dan berada di atas ketinggian 2200 mdpl, membuatnya memiliki panorama alam yang elok.

 /></p>
<p style=Instagram/pallunk_z

Ngadas ditetapkan Pemerintah Kabupaten Malang sebagai desa wisata lantaran memiliki ragam potensi wisata alam yang memikat. Salah satunya adalah Coban Trisula yang elok dengan air terjun tiga tingkatnya.

2 dari 3 halaman

Air Terjun Cantik di Tengah Hutan Pemerintah

Coban yang telah resmi menjadi objek wisata ini terletak di kawasan perhutani, tepatnya di Blok Kali Lajing, Seksi Konservasi Wilayah II. Tak heran, jika panorama alam yang disuguhkan sangat kental dengan nuansa pegunungan.

 /></p>
<p style=Instagram/emiel3786

Wisatawan yang berkunjung masih bisa melihat tumbuhan paku-pakuan, palem, lian, epifit, dan tumbuhan liar lainnya di sekitar coban. Tak jarang, coban Trisula menjadi tempat transit para pendaki gunung Bromo maupun Semeru.

3 dari 3 halaman

Keindahan Coban Atas, Tengah, dan Bawah

Penamaan Trisula sendiri berasal dari bentuk air terjun coban Trisula yang bertingkat tiga. Coban tertinggi atau dikenal dengan Coban Atas, merupakan air terjun pertama yang dimuntahkan dari Kali Lajing. Pada tingkat kedua, disebut coban Tengah berasal dari muntahan air Coban Atas.

 /></p>
<p style=Instagram/niubii_

Uniknya, di bawah Coban Tengah ini terdapat cekungan air menyerupai kolam yang menampung air yang jatuh dari atas. Sementara, pada tingkat tiga ada coban Bawah yang airnya berasal dari muntahan cekungan air Coban Tengah.

Sayangnya, tak banyak fasilitas wisata yang terdapat di sekitar coban Trisula. Kendati demikian, objek wisata ini memiliki pos perijinan yang sekaligus berfungsi sebagai tempat parkir, dan fasilitas toilet umum.

Reporter: Siti Rutmawati [tsr]

Baca juga:
Mitos Gunung Mujur, Makam Keramat, dan Candi Telih yang Misterius
Melancong Bersama Alam di Ekowisata Boon Pring
Keindahan Pantai Tersembunyi Kedung Celeng yang Memikat
Teluk Bidadari: Pantai Biru, Kolam Permai, dan Batu Karang nan Megah di Malang
Taman Wisata Alam Menipo, Miniaturnya Pulau Timor di NTT

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini