Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Bebas Wajah Kusam, Kenali Penyebab dan Tips Mencerahkan Kulit dengan Mudah

Bebas Wajah Kusam, Kenali Penyebab dan Tips Mencerahkan Kulit dengan Mudah

Tampilan bebas wajah kusam ternyata bisa diwujudkan lewat berbagai perawatan mudah sehari-hari, lho!

Bebas wajah kusam mungkin menjadi salah satu beauty goals yang ingin segera diwujudkan demi menciptakan penampilan yang paripurna. Kulit yang tampak kusam sendiri merupakan salah satu masalah umum yang banyak dialami oleh perempuan.

Biarpun bisa disamarkan dengan penggunaan makeup, tapi tentu saja hasil yang didapatkan sifatnya hanya sementara. Ketika makeup dihapus, wajah kusam akan kembali terlihat.

Lalu, apa saja sih yang perlu dilakukan untuk mewujudkan bebas wajah kusam yang dapat menampilkan kilau kulit sehat dan glowing secara alami? Kenali dulu faktor penyebab wajah kusam dan temukan tips perawatan yang tepat!

Wajah Kusam Bisa Disebabkan Kebiasaan Sehari-hari

Wajah Kusam Bisa Disebabkan Kebiasaan Sehari-hari

Kulit kusam merupakan salah satu masalah umum yang banyak dialami oleh perempuan. Tahukah kalau ternyata kondisi ini bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari? Kenali dulu faktor penyebabnya supaya bisa mendapatkan kulit cerah bercahaya secara maksimal.

Bebas Wajah Kusam, Kenali Penyebab dan Tips Mencerahkan Kulit dengan Mudah

Sayangnya, proses pengelupasan sel kulit mati secara alami ini akan semakin berjalan lambat seiring dengan bertambahnya usia. Ketika prosesnya tidak berjalan dengan lancar, sel kulit mati akan menumpuk yang menyebabkan wajah kusam.

2. Kulit Kering dan Dehidrasi

Wajah kusam juga bisa disebabkan karena kondisinya yang mengalami kering dan dehidrasi. Ketika produksi kolagen dan elastin menurun, kulit akan kehilangan kelembapan alaminya yang membuat kondisinya jadi terlihat lifeless. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan tepat, akan muncul masalah kulit lainnya seperti wajah yang tampak kusam dan kehilangan cahaya alami.

2. Kulit Kering dan Dehidrasi
3. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

3. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Bukan rahasia lagi kalau sinar matahari merupakan salah satu penyebab masalah kulit seperti warna kulit nggak merata, wajah tampak kusam, hingga terjadinya penuaan dini. Hal ini terjadi karena sinar matahari bisa mendorong kerusakan sel kulit, di mana kulit akan kehilangan glowing alaminya dan tampak kering dan kusam.

Beauty

4. Salah Pemilihan Skincare

4. Salah Pemilihan Skincare

Sudah pakai skincare, tapi kok kulit masih terlihat kusam? Well, jika ini yang terjadi, tandanya produk yang digunakan kurang tepat. Sebelum memilih skincare apa yang akan digunakan, sebaiknya perhatikan dulu komposisi dan formula produk. Salah pilih skincare malah akan memberikan efek berbagai reaksi pada kulit. Nggak hanya wajah yang tampak kusam, tapi juga masalah kulit seperti jerawat hingga iritasi.

Bebas Wajah Kusam dengan Perawatan Sehari-hari yang Tepat

Bebas Wajah Kusam dengan Perawatan Sehari-hari yang Tepat

Ingin mewujudkan kulit cantik yang tampak cerah bercahaya? Berikut ini beberapa kebiasaan perawatan kulit yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Ternyata gampang banget karena bisa diterapkan di rumah. Asalkan dilakukan secara rutin, bisa memberikan hasil yang sesuai ekspektasi kok!

1. Lakukan Double Cleansing secara Rutin

1. Lakukan Double Cleansing secara Rutin

Perawatan paling dasar untuk mendapatkan bebas wajah kusam bisa dimulai dengan membersihkan wajah secara rutin. Kotoran, sisa makeup, minyak dan sel kulit mati yang menumpuk bisa jadi serangkaian faktor yang menyumbat pori-pori. Jika dibiarkan, bisa membuat wajah tampak kusam dan kurang bercahaya.

Lakukan rutinitas double cleansing setiap pagi dan malam hari untuk merawat wajah dengan maksimal.

Langkah pertama, gunakan micellar water atau face cleanser lainnya untuk mengangkat kotoran. Lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun pembersih yang sesuai jenis kulit untuk mengangkat residu sekaligus membuat wajah bersih maksimal.

2. Gunakan Moisturizer dengan Formula Tepat

2. Gunakan Moisturizer dengan Formula Tepat

Kulit kering dan dehidrasi menjadi salah satu penyebab wajah tampak kering dan kusam. Bebas wajah kusam bisa diwujudkan dengan menjaga kelembapan alami kulit, salah satu caranya yaitu dengan mengaplikasikan moisturizer secara rutin.

Moisturizer nggak hanya penting untuk pemilik kulit kering saja. Bagi yang memiliki kulit berminyak juga sangat penting menggunakan produk yang satu ini. Pasalnya, kulit yang minim kelembapan alami bisa memicu produksi minyak yang lebih banyak sehingga membuat kulit tampak kusam.

Jadi, penting memilih moisturizer dengan formula yang sesuai jenis kulit dan dapat menjaga kelembapan secara maksimal. Misalnya saja aloe vera atau lidah buaya yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan mampu menembus jauh ke dalam permukaan kulit untuk menggantikan kelembapan kulit yang hilang, merangsang produksi kolagen dan mencegah penuaan dini.

Selain itu, ceramide juga terkenal dengan kemampuannya untuk mengembalikan kelembapan alami pada kulit yang cenderung kering serta meningkatkan elastisitasnya. Bahan yang satu ini juga bekerja maksimal untuk membantu mencerahkan kulit yang kusam.

Bebas Wajah Kusam, Kenali Penyebab dan Tips Mencerahkan Kulit dengan Mudah
3. Perawatan dengan Serum Pencerah

3. Perawatan dengan Serum Pencerah

Selain pelembap, serum juga bisa menjadi bagian dari ritual bebas wajah kusam yang bisa diaplikasikan sehari-hari. Serum merupakan produk kecantikan yang diformulasikan untuk masalah kulit secara spesifik, sehingga dapat bekerja dengan ampuh mengatasi skin problem yang sedang dialami.

Untuk mewujudkan wajah cantik yang tampak cerah bercahaya, kamu bisa mengandalkan serum pencerah yang mengandung vitamin C. Vitamin C sendiri bekerja dengan cara menghambat produksi melanin yang dihasilkan sel pigmen pada kulit. Hal ini dapat membantu mencegah munculnya hiperpigmentasi dan masalah kulit kusam lainnya. Selain itu, Vitamin C juga merangsang produksi kolagen sehingga kulit tampak kenyal dan sehat.

Selain itu, serum dengan kandungan Niacinamide juga sering jadi andalan untuk mewujudkan kulit cerah impian. Niacinamide merupakan bentuk turunan vitamin B yang dapat memperbaiki kerusakan sel dan memastikan sel kulit bisa kembali bekerja dengan optimal.

4. Eksfoliasi Kulit dengan Produk yang Mengandung AHA/BHA

4. Eksfoliasi Kulit dengan Produk yang Mengandung AHA/BHA

Produk dengan kandungan AHA/BHA belakangan ini memang banyak diincar oleh para beauty enthusiast karena memiliki manfaat eksfoliasi yang maksimal. Skincare jenis ini bisa jadi andalan bagi yang ingin mewujudkan bebas wajah kusam.

AHA memiliki kepanjangan alpha hydroxy acid yang di dalamnya terdapat beberapa senyawa untuk merusak lapisan kulit luar. Hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat. Nggak hanya itu, AHA juga berperan meningkatkan jumlah kolagen dalam kulit agar lebih kenyal dan elastis.

Sementara itu, BHA adalah beta hydroxy acid, senyawa yang disamakan dengan salicylic acid. Kandungannya mampu masuk ke dalam pori-pori kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan menyerap kelebihan minyak. Jadi, kandungan yang satu ini lebih cocok untuk wajah berminyak dan berjerawat.

5. Lindungi Wajah dari Radiasi Sinar UV

Jika ingin bebas wajah kusam, jangan lupa aturan penting yang satu ini yaitu lindungi wajah dari radiasi sinar UV. Seperti yang sudah banyak diketahui, paparan sinar matahari berlebihan menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan wajah kusam karena bisa merusak jaringan kulit.

5. Lindungi Wajah dari Radiasi Sinar UV

Jadi, biasakan untuk memakai sunscreen setiap kali akan beraktivitas.

Sunscreen juga wajib digunakan saat cuaca mendung maupun ketika beraktivitas di dalam ruangan, karena sinar UV bisa menembus kaca. Aplikasikan ulang setiap 2 jam sekali demi perlindungan yang lebih maksimal.

6. Face Massage untuk Lancarkan Aliran Darah

Salah satu rutinitas yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit adalah dengan melakukan pijat wajah. Yup, jangan remehkan hal yang satu ini karena ada banyak manfaatnya, lho. Pijat wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area wajah, sehingga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan membangun struktur kulit. Efeknya adalah kulit yang lebih halus, mengurangi tanda penuaan, sekaligus membuatnya tampak lebih cerah.

Pijat wajah bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah. Caranya gampang banget, pastikan wajah dan tangan bersih untuk mencegah pertumbuhan jerawat. Awali face massage di area alis, dahi dan mata, pijat lembut selama beberapa detik dan arahkan jari ke bawah area mata, pangkal hidung serta alis.

Bebas Wajah Kusam, Kenali Penyebab dan Tips Mencerahkan Kulit dengan Mudah

Setelah itu, beralih ke pelipis sisi wajah ke arah leher. Pijatan di area ini dapat melancarkan aliran darah di pembuluh darah. Lakukan gerakan pijat juga di area tulang pipi, leher, hingga dada. Selain menggunakan jari, bisa juga memanfaatkan guasha yang belakangan ini banyak digunakan para beauty enthusiast.

7. DIY Face Scrub dari Bahan Alami

7. DIY Face Scrub dari Bahan Alami

Selain menggunakan produk dengan kandungan AHA/BHA, eksfoliasi wajah juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami. Misalnya saja bubuk kopi yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Menurut American Chemical Society, kopi memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi tanda penuaan dini, mencegah kerusakan kulit akibat hiperpigmentasi dan peradangan, serta butiran halusnya dapat mengangkat sel kulit mati dengan maksimal.

Bikin scrub dengan bubuk kopi juga mudah kok. Ambil 1 sdm bubuk kopi, tuangkan ke dalam wadah, campur dengan 1 sdm facial oil. Aduk hingga merata dan gunakan pada wajah sambil dipijat lembut selama beberapa menit.

Selain bubuk kopi, gula pasir juga bisa menjadi eksfoliator alami, lho. Gunakan kombinasi gula dan lemon, karena kandungan vitamin C pada lemon dapat menjadi formula ampuh untuk mencerahkan wajah. Cara membuat scrub dari gula dan lemon juga gampang banget kok.

Bebas Wajah Kusam, Kenali Penyebab dan Tips Mencerahkan Kulit dengan Mudah

Campurkan air perasan lemon, gula dan 1 sdm madu organik. Aduk hingga semua bahan tercampur dan aplikasikan pada kulit wajah. Pijat perlahan selama beberapa menit dan bilas hingga bersih saat sudah selesai. Jika dilakukan secara rutin, perawatan wajah yang satu ini dapat membantu mencerahkan wajah dengan maksimal.

8. Gunakan Sheet Mask

Melakukan perawatan wajah dengan rutin menggunakan sheet mask bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit kusam yang mengganggu penampilan. Produk kecantikan yang cukup trending dari Korea ini memang memiliki manfaat untuk mencerahkan sekaligus menutrisi wajah agar tampak sehat dan bercahaya.

8. Gunakan Sheet Mask

Pilih sheet mask yang mengandung formula untuk mencerahkan wajah, misalnya yang mengandung vitamin C.

Aplikasikan produk ini setiap 1 kali dalam seminggu. Pastikan ikuti aturan penggunaan sheet mask yang tepat, yaitu hindari memakainya lebih dari 10 menit. Pasalnya, sheet mask yang dipakai sampai mengering bisa membuat lembaran tersebut menyerap kembali kelembapan alami pada wajah, sehingga malah menyebabkan berbagia masalah.

9. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kebutuhan cairan tubuh juga perlu diperhatikan jika ingin mewujudkan tampilan wajah yang bebas kusam. Perhatikan asupan air putih harian, karena dehidrasi juga bisa berimbas pada kulit yang terlihat kusam dan kurang bercahaya. Selain air putih, kamu bisa mendapatkan asupan cairan tubuh dari konsumsi buah atau membuat infuse water berisi potongan buah-buahan yang segar.

9. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

10. Diet Sehat dengan Makanan yang Menutrisi Kulit

Jangan lupa perhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, karena nutrisi tubuh juga kunci dari bebas wajah kusam, lho. Perbanyak asupan makanan yang dapat menutrisi kulit. Misalnya saja sayuran hijau yang dapat meningkatkan produksi kolagen alami, bikin kulit lebih elastis, lembap, dan terlihat cerah.

Selain itu, makanan yang mengandung Omega 3 seperti ikan salmon dan alpukat juga berperan dalam proses revitalisasi kulit kering serta melindungi kulit dari kerusakan akibat faktor eksternal seperti sinar UV.

Bebas wajah kusam bisa diwujudkan mulai sekarang lewat perawatan kulit yang tepat. Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya terapkan kebiasaan di atas demi wujudkan kilau glowing alami kulitmu!

Bebas Wajah Kusam, Kenali Penyebab dan Tips Mencerahkan Kulit dengan Mudah
Tips Perawatan Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga yang Penting Dilakukan
Tips Perawatan Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga yang Penting Dilakukan

Sebelum dan sesudah berolahraga, kulit membutuhkan perawatan yang tepat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Cara Mengatasinya, Lakukan Hal Berikut
Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Cara Mengatasinya, Lakukan Hal Berikut

Pertambahan usia membawa banyak perubahan, salah satunya kulit yang mulai mengendur.

Baca Selengkapnya icon-hand
Deretan Khasiat Buah Sebagai Perawatan Kulit Alami
Deretan Khasiat Buah Sebagai Perawatan Kulit Alami

Perawatan kulit alami dapat dilakukan dengan mudah dari rumah, dan salah satu kuncinya terletak pada penggunaan buah-buahan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ketiak Menghitam Setelah Mencukur? Tenang, Atasi Saja dengan Cara Mudah Ini
Ketiak Menghitam Setelah Mencukur? Tenang, Atasi Saja dengan Cara Mudah Ini

Intip yuk berbagai tips untuk hilangkan kulit ketiak hitam yang mengganggu.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tips Kulit Bersih Hanya Dengan 1 Bahan Makan, Pernah Coba?
Tips Kulit Bersih Hanya Dengan 1 Bahan Makan, Pernah Coba?

Proses membersihkan wajah jangan sampai terlewat ya. Karena maraknya polusi dan makeup akan membuat pori-pori tersumbat dan akan menyebabkan jerawat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bau Mulut Bikin Sebal? Atasi Saja dengan Tips Mudah Ini
Bau Mulut Bikin Sebal? Atasi Saja dengan Tips Mudah Ini

Tips mudah berikut ini dipercaya ampuh dalam mengatasi permasalahan bau mulut yang menyebalkan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kulit Ketiak Menghitam Ternyata Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini, Apa Saja Ya?
Kulit Ketiak Menghitam Ternyata Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini, Apa Saja Ya?

Penyebab ketiak hitam yang harus kamu ketahui, salah satunya karena gaya hidup yang aktif.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tips Cegah Kulit Kendur saat Berat Badan Turun Drastis
Tips Cegah Kulit Kendur saat Berat Badan Turun Drastis

Pada saat berat badan menurun drastis, biasanya kulit akan jadi mengendur karena bobot yang susut.

Baca Selengkapnya icon-hand
Mencegah Sarang Nyamuk di Musim Hujan: 4 Tips Sederhana yang Perlu Anda Ketahui
Mencegah Sarang Nyamuk di Musim Hujan: 4 Tips Sederhana yang Perlu Anda Ketahui

Nyamuk, meskipun kecil, dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan. Sarang nyamuk yang mudah terbentuk di sekitar rumah bisa menjadi sumber penyakit menular.

Baca Selengkapnya icon-hand