Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>Penyebab Wajah Kusam dan Cara Mengatasinya, Buat Kulit Cerah Kembali</b>

Penyebab Wajah Kusam dan Cara Mengatasinya, Buat Kulit Cerah Kembali

Kenali penyebab wajah kusam dan cara mengatasinya agar kulit wajah tetap segar.

Tampilan wajah yang kusam adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Meski terbilang umum dan tidak membahayakan, namun kusamnya kulit wajah dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri dan tidak nyaman dengan penampilan mereka.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan kecerahan kulit wajah Anda.

Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi wajah kusam.

Penggunaan Skincare Tidak Sesuai Urutan

Penyebab kulit kusam setelah pakai skincare yang pertama adalah menggunakan skincare tidak sesuai urutan yang benar. Perlu dipahami, bahwa penggunaan produk-produk skincare perlu memperhatikan tahapan atau urutan yang benar.

Biasanya, dimulai dari produk skincare yang berbahan cair terlebih dahulu kemudian dilanjutkan produk skincare dengan tekstur yang lebih padat.
Selain itu, penggunaan skincare berdasarkan urutan juga disesuaikan dengan jenis bahan yang terkandung dalam skincare.

Sebab, setiap bahan memiliki reaksi yang berbeda jika dipakai dengan bahan lain. Terlebih ketika Anda menggunakan skincare dengan bahan-bahan aktif.

Oleh karena itu, selalu perhatikan bahan yang terdapat dalam skincare, bagaimana cara kerjanya, dan reaksinya terhadap bahan skincare lain.

Penyebab Wajah Kusam dan Cara Mengatasinya, Buat Kulit Cerah Kembali

Bahan Skincare Tidak Cocok

Penyebab kulit kusam setelah pakai skincare berikutnya bisa jadi karena tidak cocok dengan kandungan skincare. Sebelum menggunakan skincare, Anda perlu memahami terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki. Apakah Anda memiliki kulit kering, berminyak dan berjerawat, atau sensitif.

Setelah memahami jenis kulit, Anda bisa membeli dan menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit. Pahami juga bahan kandungan pada skincare. Kandungan mana saja yang termasuk bahan aktif, dan bagaimana cara kerjanya setelah diaplikasikan pada kulit.

Jika setelah pemakaian skincare dengan kandungan tertentu, kondisi kulit Anda bermasalah, termasuk kulit menjadi kusam, maka sebaiknya hentikan penggunaan agar tidak membuat kondisi semakin parah. Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

Jarang Memakai Sunscreen

Penyebab kulit kusam setelah pakai skincare selanjutnya yaitu jarang memakai sunscreen. Seperti diketahui, sunscreen adalah produk skincare penting yang sebaiknya tidak dilewatkan. Produk ini dapat menjaga kulit Anda tetap terlindung dari paparan sinar matahari yang dapat merusak.

Terlebih, ketika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, maka produk sunscreen wajib dipakai setiap hari. Jika tidak, kulit akan lebih rentan mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari secara terus menerus. Bahkan, ketika Anda menggunakan banyak skincare namun sering melewatkan pemakaian sunscreen, kondisi kulit kusam dan masalah kulit lainnya tidak dapat terhindarkan.

Jarang Melakukan Eksfoliasi

Penyebab kulit kusam setelah pakai skincare yang terakhir adalah jarang melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel mati pada permukaan kulit memang penting untuk dilakukan. Biasanya, eksfoliasi tidak dilakukan setiap hari, melainkan hanya dua hingga tiga kali dalam sehari.

Jika Anda jarang melakukan eksfoliasi secara teratur setiap minggu, mungkin ini menjadi alasan mengapa kulit terlihat kusam. Produk-produk skincare yang dipakai pun tidak dapat memberikan hasil yang maksimal. Dengan begitu, biasakan untuk melakukan eksfoliasi secara rutin setiap minggu.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan dan pencemaran udara juga bisa berpengaruh pada kusamnya wajah karena polutan yang terdapat di udara dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Polutan seperti debu, asap, gas, dan bahan kimia dapat menempel pada permukaan kulit dan menyumbat pori-pori. Hal ini dapat mengganggu proses regenerasi sel kulit dan mengurangi kelembapan kulit. 

Penyebab Wajah Kusam dan Cara Mengatasinya, Buat Kulit Cerah Kembali

Polutan juga dapat merangsang produksi radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan elastin, dua protein penting yang menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit. Akibatnya, kulit menjadi kusam, kering, keriput, dan berjerawat.

Bagaimana dengan pola makan?

Pola makan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit, selain faktor genetik, hormonal, kebersihan, dan lingkungan. Pola makan yang sehat dan seimbang dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan asam lemak omega 3.

Pola makan yang tidak sehat dan tidak seimbang dapat menyebabkan gangguan pada kulit, seperti jerawat, kusam, iritasi, dan peradangan.

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Setelah mengetahui berbagai penyebab kulit kusam yang terkait dengan penggunaan skincare, terakhir akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi masalah ini dengan baik. Secara umum, kondisi kulit kusam perlu dilakukan peremajaan agar dapat mengembalikan kondisi kulit yang lebih sehat dan segar.

Dalam hal ini, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kulit kembali cerah dan tampak sehat. Mulai dari rutin membersihkan wajah dari riasan make up yang dipakai setiap hari, melakukan eksfoliasi rutin, hingga memaksimalkan pelembap.

Berikut beberapa cara mengatasi kulit kusam yang bisa dipraktikkan:

  • Biasakan untuk membersihkan wajah dengan baik dari produk riasan wajah yang dipakai setiap hari. Anda bisa menggunakan metode double cleansing untuk memastikan berbagai produk make up dan kotoran terangkat dengan baik.
  • Hindari membersihkan wajah menggunakan air panas. Hindari pula menggunakan produk sabun wajah yang mengandung bahan keras.
  • Lakukan eksfoliasi rutin dua hingga 3 kali dalam seminggu, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

  • Tambahkan serum pada produk skincare yang dipakai. Anda bisa menggunakan serum dengan kandungan vitamin C, niacinamide, asam ferulat, atau resceratrol untuk membantu mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit.
  • Gunakan masker wajah dengan bahan yang menenangkan. Cari produk masker yang mengandung bahan antioksidan, asam hialuronat, mentega shea, atau masker yang berfungsi memberikan kelembapan dan pencerah kulit lainnya.
  • Terakhir, maksimalkan penggunaan skincare dengan produk pelembap dan sunscreen. Gunakan produk pelembap dengan rutin agar kulit dapat terhidrasi dengan baik. Jangan lupa menggunakan sunscreen agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari yang merusak.

Mengatasi Kulit Kering, Pilih 10 Kandungan Skincare Terbaik
Mengatasi Kulit Kering, Pilih 10 Kandungan Skincare Terbaik

Memiliki kulit kering bisa menjadi masalah yang mengganggu penampilan. Keluhan seperti rasa kencang, gatal, berisik, hingga pecah-pecah dapat muncul.

Baca Selengkapnya icon-hand
Hati-Hati, Skincare dari Bahan Alami Bisa Bahayakan Kulit Jika Dibuat   dengan Cara Ini!
Hati-Hati, Skincare dari Bahan Alami Bisa Bahayakan Kulit Jika Dibuat dengan Cara Ini!

Simak juga tips untuk merawat kulit dengan bahan alami secara aman berikut ini!

Baca Selengkapnya icon-hand
6 Tempat Paling Berbahaya untuk Menyimpan Produk Skincare, Tak Baik untuk Kulit
6 Tempat Paling Berbahaya untuk Menyimpan Produk Skincare, Tak Baik untuk Kulit

Jika Anda menyimpan produk skincare di tempat yang salah, bisa jadi produk tersebut akan rusak, terkontaminasi, atau bahkan membahayakan kulit.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Hal yang Sering Tak Disadari Bikin Produk Skincare Terkontaminasi
5 Hal yang Sering Tak Disadari Bikin Produk Skincare Terkontaminasi

Mengambil moisturizer dari jar tanpa mencuci tangan atau saling pinjam produk skincare dengan orang lain bisa menjadi penyebab produk terkontaminasi.

Baca Selengkapnya icon-hand
Penyebab Muka Gatal yang Perlu Diwaspadai, Berikut Cara Mengatasinya
Penyebab Muka Gatal yang Perlu Diwaspadai, Berikut Cara Mengatasinya

Penyebab muka gatal perlu diketahui sebagai langkah pengobatan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Ini Waktu yang Dibutuhkan Tiap Produk Skincare untuk Menunjukkan Hasil Menurut Dokter Kulit
Ini Waktu yang Dibutuhkan Tiap Produk Skincare untuk Menunjukkan Hasil Menurut Dokter Kulit

Sebagian besar produk skincare tidak dapat menunjukkan hasil yang nyata dalam waktu singkat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Urutan Skincare Malam Remaja yang Aman, Cegah Penuaan Dini
Urutan Skincare Malam Remaja yang Aman, Cegah Penuaan Dini

Urutan penggunaan skincare untuk kulit remaja yang tepat.

Baca Selengkapnya icon-hand
5 Ciri-ciri Skincare Tidak Cocok di Kulit yang Jarang Disadari, Kenali Tandanya
5 Ciri-ciri Skincare Tidak Cocok di Kulit yang Jarang Disadari, Kenali Tandanya

Ciri-ciri skincare tidak cocok di kulit penting diketahui

Baca Selengkapnya icon-hand
Lakukan 9 Kebiasaan Ini di Pagi Hari, Dijamin Kulit Bakal Glowing
Lakukan 9 Kebiasaan Ini di Pagi Hari, Dijamin Kulit Bakal Glowing

Untuk mendapatkan kulit glowing tidak hanya menggunakan serum atau skincare yang lain. Namun perlu rutinitas seperti minum air putih, menjaga makan dan olahraga

Baca Selengkapnya icon-hand