8 Mitos mengejutkan yang dipercaya masyarakat Rusia

Rabu, 25 Oktober 2017 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
8 Mitos mengejutkan yang dipercaya masyarakat Rusia Mitos Rusia. © boldsky.com

Merdeka.com - Dengan budaya yang kaya, warisan kuno, dan seni yang sangat berpengaruh, Rusia adalah salah satu negara yang mengesankan di dunia. Masih banyak lagi yang herus diketahui tentang budaya, musik, arsitektur, dan beberapa tabu alias mitos yang dianut oleh Rusia.

Sementara banyak orang menganggap bahwa Rusia adalah negara yang kuat dan memesona, di sini merdeka.com akan menguak mitos-mitos mengejutkan yang dipercaya oleh orang-orang Rusia.

Ingin tahu seperti apa? Berikut ulasannya.

1 dari 8 halaman

Tidak boleh memecahkan cermin

Mitos Rusia. © boldsky.com

Di Rusia, jika ada cermin yang rusak alias pecah bisa diangap sebagai pertanda nasib buruk. Orang Rusia percaya bahwa cermin adalah cerminan diri. Jika seseorang merusak atau memecahkan cermin, maka akan membawa nasib buruk.

Tidak hanya itu, di Rusia jika ada seseorang yang memecahkan kaca di cermin akan mengalami nasib buruk selama 7 tahun lamanya.

2 dari 8 halaman

Bayi lahir

Mitos Rusia. © boldsky.com

Jika ada seorang wanita yang baru saja melahirkan, maka sang ibu tidak boleh menunjukkan anaknya tersebut kepada orang asing. Karana masyarakat Rusia percaya bahwa orang asing yang menatap bayi yang baru lahir dianggap sebagai tanda jahat.

Biasanya, seorang ibu diperbolehkan menunjukkan bayinya kepada suami, dan kerabat dekat saja. Tetangga yang sifatnya berjarak beberapa rumah tidak diperbolehkan. Kebiasaan ini dilakukan selama 40 hari. Setelah 40 hari mereka bebas menunjukkan bayinya kepada siapa pun.

3 dari 8 halaman

Kelinci menyeberang

Mitos Rusia. © boldsky.com

Di beberapa negara, seperti Indonesia hewan berupa kucing hitam yang menyeberang dan memotong jalan seseorang dianggap pembawa sial. Sama dengan Indonesia, di Rusia juga demikian. Bedanya, Rusia menggunakan kelinci sebagai pertanda buruk.

Jika ada seekor kelinci menyeberang dan memotong jalan di depan, maka itu dianggap pembawa sial dan tidak lama akan ada sesuatu buruk yang terjadi.

4 dari 8 halaman

Bersin saat berbicara

Mitos Rusia. © boldsky.com

Ada mitos dan kepercayaan yang aneh bagi masyarakat Rusia. Menurut mereka, jika seseorang bertutur kata yang menjelaskan tentang sebuah pengakuan dan dia bersin di tengah-tengah bicara, maka itu adalah sebuah kebenaran.

Sebaliknya, apabila dalam pengakuannya dia tidak bersin maka dia berbohong.

5 dari 8 halaman

Kembali ke rumah karena lupa sesuatu

Mitos Rusia. © boldsky.com

Orang Rusia terkenal dengan sifatnya yang tepat waktu secara alami. Satu mitos atau istilahnya 'aturan' yang berkembang di masyarakat Rusia cukup aneh. Yang mana seharusnya seseorang tidak pulang lagi ke rumah jika sudah berangkat pergi karena melupakan sesuatu atau ketinggalan sesuatu.

Jika itu dilakukan, maka akan ada nasib buruk dan perjalanan orang tersebut bisa berbahahaya. Oleh karena itu, orang Rusia jika sudah lupa sesuatu yang harusnya dibawa, maka dia akan merelakannya dan tidak ingin kembali lagi ke rumah.

6 dari 8 halaman

Menjilat makanan dari pisau

Mitos Rusia. © boldsky.com

Anda harus sangat spesifik saat bersantap di Rusia bersama orang-orang di sana. Anda tidak diperbolehkan menjilati sisa makanan langsung dari bilah pisau. Melakukan hal ini menunjukkan sisi buruk dan kejam seseorang.

Jika terlihat oleh orang-orang Rusia, maka Anda akan dicap sebagai orang jahat dan kejam. Semacam pembunuh. Mungkin.

7 dari 8 halaman

Keluar rumah saat hujan

Mitos Rusia. © boldsky.com

Sepertinya orang Rusia menganggap bahwa hujan merupakan sebuah keberuntungan. Orang Rusia percaya jika hujan turun sebelum Anda keluar rumah, maka berarti perjalanan Anda akan bagus dan bermanfaat. Itu juga alasan mengapa orang Rusia suka keluar rumah saat musim hujan.

8 dari 8 halaman

Hujan saat upacara pernikahan

Mitos Rusia. © boldsky.com

Di Indonesia, banyak orang tidak menyukai hujan saat ada pesta pernikahan. Konon katanya sampai ada orang yang menyewa pawang hujan agar pesta pernikahannya jauh dari hujan.

Di Rusia justru sebaliknya. Orang Rusia menganggap bahwa hujan yang turun pada hari pernikahan maka kehidupan rumah tangganya akan makmur dan kaya di masa depan. [ega]

Baca juga:
Wajib pakai berkilo-kilo perak: Mengintip uniknya tradisi pernikahan etnis Miao
Menengok ramalan setahun ke depan dengan membuka kain kafan Cupu Kiai Panjolo
Mengerikan, begini festival Asyura di Irak
Ruwat mata air Sikopyah, harmoni manusia dan alam raya
Begini cara kuno warga Mesir setrika baju pakai kaki
Mengintip perjuangan suku Nenet yang hidup di ujung bumi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini