7 Objek Wisata Semarang Terpopuler

Jumat, 31 Januari 2020 02:06 Reporter : Tantri Setyorini
7 Objek Wisata Semarang Terpopuler Lawang Sewu. ©Instagram.com/wafffff__

Merdeka.com - Semarang baru dinobatkan sebagai Kota Wisata Terbersih Standar Asia Tenggara oleh ASEAN Tourism Forum. Penobatan tersebut berlangsung di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussaalam.

Semarang memang kota yang tergolong populer untuk wisata. Ibukota Jawa Tengah ini memiliki sejumlah destinasi wisata favorit. Berikut ini beberapa di antaranya.

1 dari 7 halaman

1. Kota Lama

Instagram.com/arjunfuture

Kawasan Kota Lama Semarang memiliki banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur indah. Wilayah ini tengah direkomendasikan sebagai cagar budaya nasional dan diajukan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

2 dari 7 halaman

2. Lawang Sewu

Shutterstock

Lawang Sewu adalah gedung bersejarah yang dibangun pada 1904 era kolonial Belanda. Bangunan tersebut selesai dibangun pada 1907 yang terletak di bundaran Tugu Muda. Kata 'Lawang Sewu' bermakna 'pintu seribu'.

Selain tempat pemerintahan Belanda, Lawang Sewu sempat menjadi penjara pada pendudukan Jepang. Arsitekturnya yang megah didesain oleh arsitek Eropa.

3 dari 7 halaman

3. Semarang Zoo

Semarang Zoo merupakan nama baru dari Taman Margasatwa Semarang pada 17 April 2018. Kebun binatang ini terletak di kawasan Mangkang Kota Semarang.

Saat ini, koleksi satwa sebanyak 50 jenis satwa yang berasal dari sumbangan pihak terkait maupun hasil konservasi satwa.

Sejarah Semarang Zoo awalnya berada di daerah Taman Budaya Raden Saleh (TBRS). Namun, kemudian direlokasi ke Tinjomoyo. Setelah itu, terjadi relokasi ke lahan yang lebih luas.

4 dari 7 halaman

4. Grand Maerokoco

Instagram.com/cahyodwi_w

Grand Maerokoco merupaka re-branding Puri Maerokoco. Tempat ini berada di kawasan Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP). Tempat ini disebut sebagai kembaran Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ada di Jakarta, tapi tempat ini fokus pada Provinsi Jawa Tengah.

Di tempat ini terdapat anjungan rumah khas dari 35 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, ada pula miniatur candi-candi yang ada di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

5 dari 7 halaman

5. Gua Kreo

Destinasi wisata favorit yang lain adalah Gua Kreo yang terletak di tengah Waduk Jatibarang, Jawa Tengah. Tempat ini juga disebut-sebut sebagai goa yang pernah digunakan Sunan Kalijaga bertapa.

Gua Kreo memiliki pemandangan indah berkat latar belakang Waduk Jatibarang. Di sana juga juga terdapat banyak kera yang hidup liar, tapi tetap dilindungi.

6 dari 7 halaman

6. Masjid Agung Jawa Tengah

Instagram.com/tyasindayanti

Tempat wisata religi Semarang selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Dikenal juga sebagai Masjid Agung Semarang, tempat ibadah yang satu ini juga populer buat objek foto. Bahkan ada yang menyebutnya kembaran Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Soalnya di sana juga ada kubah-kubah rakasa yang bisa dibuka tutup.

Kompleks bangunan Masjid Agung Jawa Tengah ini punya banyak spot Instagramable. Pemandangan kota Semarang yang terlihat dari puncak gedungnya juga keren, lho.

7 dari 7 halaman

7. Klenteng Sam Po Kong

Instagram.com/isnaniah172

Tempat ibadah yang berada di kawasan Gunung Batu ini punya sejarah yang menarik. Berkaitan dengan Sam Po Kong dan Laksamana Cheng Ho. Tetapi sekarang tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. Klenteng Sam Po Kong selalu ramai dikunjungi saat hari libur.

Klenteng Sam Po Kong terdiri dari beberapa bangunan bernuansa merah khas Tionghoa. Desain arsitekturnya cantik, cocok untuk latar foto. Apalagi sekarang ada persewaan baju tradisional China yang bisa disewa. Jadi makin terasa nuansa Tionghoa-nya.

Itulah berbagai objek wisata terpopuler yang dimiliki Semarang, ibukota Jawa Tengah. [tsr]

Baca juga:
Keindahan Air Terjun Leke-Leke, Wisata Alam yang Tersembunyi di Tengah Hutan Bali
Agrowisata Bhumi Merapi, Wisata Yogya Rasa Eropa yang Tengah Populer
Pesona Lauterbrunnen, Salah Satu Lembah Terindah di Dunia
Tjong A Fie Mansion, Rumah Kuno yang Jadi Surga Foto Instagram di Medan

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini