10 Olahan Durian Enak yang Perlu Kamu Coba

Kamis, 26 Desember 2019 04:03 Reporter : Tantri Setyorini
10 Olahan Durian Enak yang Perlu Kamu Coba Sus durian. ©Instagram/rumahkueviera

Merdeka.com - Durian termasuk salah satu buah yang paling digemari di Indonesia. Penggemar buah berduri ini sangat banyak. Namun pembencinya pun tak sedikit. Pasalnya durian memang memiliki aroma yang sangat tajam. Bahkan disebut sebagai salah satu makanan paling bau di dunia.

Meskipun baunya menyengat, durian bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak. Berikut ini beberapa di antaranya.

1 dari 10 halaman

1. Ketan Talam Durian

ketan talam durian

Instagram/rumahkueviera

Ini adalah oleh-oleh khas Pekanbaru, Riau yang sedang banyak digemari. Terdiri dari ketan kukus yang dilapisi talam durian lembut. Makann ini termasuk jajanan kekinian yang sempat masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler di Nusantara.

2 dari 10 halaman

2. Pancake Durian

pancake durian

Instagram/oshinfood_drinkstation

Pancake durian juga termasuk olahan durian yang paling populer. Meskipun namanya pancake, panganan ini tidak berbentuk seperti kue dadar. Pancake durian terbuat dari daging buah durian utuh yang dilumatkan, kemudian dibalut dengan kulit tipis.

3 dari 10 halaman

3. Ketan Duren

ketan duren

Instagram/ketanduren_masoda

Ini adalah olahan durian yang terdiri dari ketan kukus, kemudian disajikan bersama sejenis vla yang terbuat dari campuran daging buah durian. Ada yang menggunakan vla putih, ada pula yang memakai vla kecoklatan dengan campuran gula merah.

4 dari 10 halaman

4. Sus Durian

sus durian

Instagram/rumahkueviera

Satu lagi panganan manis dengan vla durian, yaitu sus durian. Kue ini dibuat dengan adonan sus yang mengembang, kemudian diisi dengan vla yang biasanya memiliki rasa vanilla.

5 dari 10 halaman

5. Martabak Durian

martabak durian

Instagram/kokocelamitan/martabakdurian_sinarrembulan

mulai banyak digemari. Mulai dari keju mozzarella, Nutella, matcha powder, hingga milk chocolate premium. Martabak dengan topping daging buah durian juga dianggap sebagai kuliner kekinian yang premium, sehingga harganya juga cukup mahal.

6 dari 10 halaman

6. Sambal Tempoyak

sambal tempoyak

Vidio.com/Liputan6

Tempoyak adalah kuliner khas Lampung dan daerah sekitarnya di Sumatera. Makanan ini terbuat dari durian yang difermentasikan selama beberapa hari. Rasanya asam dan biasa diolah menjadi campuran sambal atau gulai ikan.

7 dari 10 halaman

7. Serabi Durian

ilustrasi serabi durian

Instagram/serabidurianku

Ada dua jenis serabi yang dikenal pecinta kuliner. Jenis pertama adalah serabi Jawa yang menggunakan saus santan dan gula. Ada juga serabi khas Sunda yang dimasak langsung bersama aneka jenis topping. Serabi dengan topping durian atau saus santan beraroma durian juga cukup populer saat ini.

8 dari 10 halaman

8. Lempok Durian

lempok durian

Instagram/yummy_lempok_durian

Jajanan bernama lempok terlihat seperti dodol. Namun perbedaan utamanya terletak pada bahan yang digunakan. Jika dodol dibuat dengan campuran santan, bahan utama lempok hanya daging buah durian dan gula.

9 dari 10 halaman

9. Es Krim Durian

es krim durian

Instagram/eonnidoyanmakan

Makanan penutup dingin seperti es krim, gelato, dan es puter kerap menggunakan campuran durian untuk menambah citarasa lokal. Karena harga durian cukup mahal, es krim yang menggunakan campuran durian asli juga dibanderol dengan harga di atas rata-rata.

10 dari 10 halaman

10. Es Teler Durian

es teler durian

Instagram/ilmarecafe

Kedai yang menyajikan es teler biasanya juga punya menu es teler dengan tambahan daging buah durian. Ada beberapa cara untuk menyajikan es teler durian. Ada yang menggunakan daging buah durian utuh. Ada yang menggunakan durian yang sudah dilumatkan. Ada pula yang memakai daging buah durian lumat yang sudah dibekukan dan dipotong-potong.

Itulah berbagai olahan durian enak yang bisa Anda cicipi. Sudah mencoba semuanya? [tsr]

Baca juga:
Gregetannya Netizen Saat Artis Korea Salah Makan Durian
Melihat Penampilan Durian Termahal yang Terjual Rp682 Juta
Di Balik Bau Durian Tersimpan Sejumlah Manfaat untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita
Aroma Durian Bikin Pengunjung Perpustakaan di Canberra Dievakuasi
Pengusaha Durian Thailand Batalkan Sayembara Cari Mantu sebab Calonnya Terlalu Tampan

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Durian
  3. Jajanan
  4. Kue Jajanan Pasar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini