Canggihnya Kota Masa Depan Arab Saudi, Ada Taksi Terbang

Rabu, 31 Juli 2019 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Canggihnya Kota Masa Depan Arab Saudi, Ada Taksi Terbang Kota Neom Arab Saudi. Arabian Business

Merdeka.com - Pangeran Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman (MbS) memiliki inovasi menjadikan kota di Arab Saudi menjadi kota yang modern. Kota tersebut akan dinamakan Neom. Nama itu mengandung bahasa Yunani dan Arab yang berarti "baru" dan "masa depan". Lokasinya akan berdekatan ke Mesir.

Wall Street Journal berhasil mendapat akses ke dokumen rahasia tentang Neom setebal 2.300 halaman. Dokumen itu turut membahas 11 rencana investasi yang dilakukan Pangeran MbS. Proyek pembangunan kota Neom juga menelan dana yang sangat besar mencapai RP 7.000 triliun.

Berbeda dari kota-kota lain di Arab Saudi, Neom bakal punya banyak teknologi-teknologi canggih. Berikut kecanggihan kota Neom, kota masa depan di Arab Saudi:

1 dari 5 halaman

Taksi Terbang

Dari 11 investasi di kota Neom, salah satunya adalah investasi taksi terbang, karena kendaraan darat dianggap tak mumpuni untuk transportasi.

"Neom adalah tentang segala hal yang berorientasi ke masa depan dan visioner. Jadi kita membahas teknologi yang paling baru dan menembus batas, dan dalam beberapa kasus masih dikembangkan dan bersifat teoretis," ujar Chief Executive Neom, Nadhmi Al Nasr.

2 dari 5 halaman

Robot-Robot Canggih

Selain taksi terbang, kota masa depan Neom juga akan memiliki robot-robot canggih, seperti robot dinosaurus ala pulau Jurassic Park, robot bela diri hingga pembantu robot untuk membantu para ilmuwan yang bekerja.

Tak hanya robot, sistem keamanan juga akan lebih ketat. Beberapa peralatan canggih seperti kamera, drone, dan teknologi pengenal wajah akan berfungsi sebagai pemantau semua orang

3 dari 5 halaman

Akan ada Fenomena Alam "Palsu"

Di kota Neom, akan ada beberapa fenomena alam "palsu", seperti Cloud Seeding (Pembibitan Awan) untuk menghasilkan hujan, pasir bercahaya dalam gelap di pantai hingga bulan palsu.

Bulan Palsu yakni bulan artifisial yang bisa menyinari setiap malam. Salah satu proposal menyarankan agar Bulan itu bisa menyiarkan gambar siaran langsung dari luar angkasa, sehingga bisa menjadi landmark yang ikonis.

4 dari 5 halaman

Energi Matahari

Arab Saudi di bawah kepemimpinan Pangeran Muhammad bin Salman, mulai meninggalkan ketergantungan ekonominya dari minyak bumi. Sebagai kota masa depan, Neom akan memakan banyak teknologi untuk beroperasi.

Oleh karena itu, rencananya kota Neom akan menggunakan energi alternatif seperti tenaga matahari dan angin untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari.

Nantinya, akan disediakan panel surya dan turbin angin yang akan memasok energi regeneratif. Dengan energi alternatif, biaya menjadi lebih murah dan yang pasti pasokan energi melimpah.

5 dari 5 halaman

Neom jadi Pesaing Dubai

Rencana pembangunan kota canggih, Neom, sudah terdengar sejak 2017. Pembangunan kota canggih ini ditaksir memakan dana hingga ribuan triliun rupiah.

Pangeran Muhammad akan membuat kota baru Neom menjadi zona kawasan bebas, beroperasi secara independen dan menjanjikan gaya hidup yang tidak tersedia di Arab Saudi saat ini.

Kota Neom bakal menandingi Dubai yang saat ini dikenal sebagai pusat hubungan internasional, ekonomi, pariwisata serta jasa. [has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini