Tol Cijago Seksi II Dibuka, Kemacetan Turun 60 Persen

Kamis, 3 Oktober 2019 19:24 Reporter : Nur Fauziah
Tol Cijago Seksi II Dibuka, Kemacetan Turun 60 Persen Tol Cijago. ©2018 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II kembali dibuka. Dioperasikan tol tersebut diklaim berdampak positif karena dianggap mengurai kemacetan di Margonda.

"Dengan adanya Tol Cijago mengurangi tingkat kemacetan 60 persen karena mereka yang mau ke Jakarta bisa langsung masuk tol dari pintu tol samping Toyota," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Depok, Kompol Sutomo, Kamis (3/10/).

Sejak dibuka beberapa hari lalu, arus kendaraan di Jalan Margonda menjadi lancar. Selain itu di Jalan Juanda pun arus lalu lintas juga menjadi lebih lancar.

"Sekarang itu yang macet ya Jalan Kukusan karena kan semua kendaraan yang lewat tol, keluar di sana (Kukusan) semua," papar Sutomo.

Untuk itu, Sutomo berharap Pemerintah Daerah dan Dinas Perhubungan mampu membangun jalan yang berkesinambungan. Yakni dengan adanya pelebaran jalan di wilayah Kukusan, Beji, Depok, guna menampung kendaraan yang keluar pintu Tol Cijago II.

"Karena memang pengerjaan yang ke arah Cinere belum rampung. Ya mungkin nanti kalau sudah tersambung semua akan lebih nyaman," pungkasnya.

1 dari 1 halaman

Tol Cijago Beroperasi Gratis

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menjanjikan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II yang menghubungkan Raya Bogor - Kukusan akan beroperasi Sabtu dini hari nanti pukul 00:00.

Kepala BPJT, Danang Parikesit menyebutkan tol sepanjang 5,5 Kilometer (Km) bakal dibuka tanpa tarif alias gratis.

"Nanti malam pukul 00:00 itu Cijago Seksi II kami buka dan belum bertarif," katanya, Jumat (27/9).

Dia melanjutkan, tol tersebut akan digratiskan hingga SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk pengoperasian secara penuh dan pentarifan dikeluarkan. Saat ini, PT Translingkar Kita Jaya sebagai pihak pengelola tengah memproses pengajuan SK tersebut.

"Kami kira sangat bagus membuka ini tanpa tarif, untuk bisa melihat bagaimana manajemen di sekitar exit jalan tol tersebut salah satunya di Mall Pesona," ujarnya.

Dia mengatakan pembukaan Cijago Seksi II didasari banyaknya permintaan warga sekitar. Kehadiran Tol Cijago Seksi II diyakini dapat mengurai kemacetan di Jalan Margonda-Jalan Juanda. Tol Cijago Seksi II sendiri telah dinyatakan lolos uji kelaikan.

Untuk diketahui, Tol Cijago membentang sepanjang 14,64 Km dengan total investasi mencapai Rp3,21 triliun. Tol ini terbagi menjadi tiga seksi, yakni seksi I menghubungkan Jagorawi hingga Raya Bogor, seksi II dari Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi III menghubungkan Kukusan ke Cinere. [idr]

Baca juga:
Proyek Tol Cigatas Diharapkan Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Garut
Menteri Rini Harap Tol Layang Jakarta-Cikampek Selesai Dibangun Oktober
Tol Cijago Seksi 2 Beroperasi Fungsional
Siap-Siap, Tak Lama Lagi Tarif 11 Tol Milik Jasa Marga ini Akan Naik
Pemerintah Butuh Dana Rp375 Triliun Bangun 2.500 Km Jalan Tol Hingga 2024
Tarif 13 Ruas Jalan Tol Naik Tahun Ini, Termasuk Jagorawi & Jakarta - Tangerang

Topik berita Terkait:
  1. Tol
  2. Kemacetan
  3. Infrastruktur
  4. Depok
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini