Tips Balik Mudik Lebaran 2019 Tanpa Terkena Macet dari Menhub Budi

Kamis, 6 Juni 2019 15:31 Reporter : Anggun P. Situmorang
Tips Balik Mudik Lebaran 2019 Tanpa Terkena Macet dari Menhub Budi Menteri Budi Karya Sumadi bicara Lebaran 2019. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik Lebaran 2019 terjadi pada 8 hingga 9 Juni 2019 mendatang. Pada saat tersebut, masyarakat yang berangkat mudik sebelum Lebaran akan kembali ke Jakarta seiring dengan berakhirnya cuti bersama.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengimbau masyarakat kembali ke ibukota lebih cepat dari perkiraan puncak arus balik. Dia menyarankan masyarakat kembali pada 7 Juni 2019. "Tanggal 7, sebelum puncak arus balik, itu paling enak kembali ke Jakarta," ujarnya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta (6/6).

Menhub Budi juga mengimbau agar ketika melakukan perjalanan masyarakat atau pengemudi tidak dalam keadaan letih. Pada beberapa jalur balik, pemerintah bersama pengelola jalan tol khususnya sudah menyediakan tempat-tempat untuk peristirahatan sementara.

"Berikutnya, kita mengimbau pengemudi jangan dalam keadaan letih. Kalau letih tidur dulu karena kalau letih bahaya. Mereka kita harapkan merencanakan kapan mereka berhenti. Jangan di bahu jalan. Karena kalau berhenti itu bikin kemacetan," jelasnya.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II tersebut juga menyarankan, bagi masyarakat yang datang dari Jawa berhenti di kota-kota yang memiliki area parkir dan fasilitas yang cukup baik.

"Itu dari Batang, Pekalongan, Tegal, Brebes, Cirebon itu tempat berhenti yang enak. Mau sholat, makan, enak semua. Saya juga sarankan (pemudik Lebaran 2019) agar berhenti tidak di bahu jalan tapi di kota itu," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini