Pembangunan Infrastruktur Jokowi Dikritik Tak Diimbangi Pembangunan Wilayah

Rabu, 13 Februari 2019 20:34 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pembangunan Infrastruktur Jokowi Dikritik Tak Diimbangi Pembangunan Wilayah Pembangunan tol Semarang-Solo-Ngawi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pendiri Rujak Center for Urban Studies, Marco Kusumawijaya turut mengomentari pembangunan infrastruktur yang digencarkan oleh pemerintahan Jokowi.

Menurut dia, hal penting yang harus dibahas ialah dampak infrastruktur pada perkembangan ekonomi dalam negeri, khususnya perkembangan industri. Hal ini lebih penting daripada berbicara menilik infrastruktur dari aspek kuantitas semata.

"Bukan lagi ngomong infrastruktur perlu atau tidak. Panjangnya berapa, tapi saya lihat perlunya kualitas. Jadi misalnya begini, Faisal Basri menunjukkan impor baja meningkat dua tahun terakhir. itu disebut jadi faktor naiknya Dollar AS," kata dia, dalam diskusi, di Jakarta, Rabu (13/2).

Selain itu, lanjut Marco, hal yang juga perlu diperhatikan adalah apakah pembangunan infrastruktur berdampak ke masyarakat sekitar. Sebagai contoh, dia mengangkat kasus pedagang di jalur Pantura yang ikut terimbas dari pembangunan jalan tol.

"Menurunnya pedagang di jalur Pantura. Melihat infrastruktur tidak berada di ruang kosong. Jangan lihat infrastruktur jalannya lurus, tapi kiri kanannya juga. jadi juga membangun wilayah," ujarnya.

Pembangunan infrastruktur pun harus diimbangi dengan pembangunan wilayah sekitar. Hal itu ditempuh melalui pembangunan sarana prasarana pendukung agar bisa tercipta integrasi. Dengan demikian, infrastruktur dapat memberikan manfaat yang lebih besar dan dapat dinikmati lebih banyak pihak.

"Infrastruktur dilihat kayak berdiri sendiri. Jalan itu hanya bisa dinikmati pemilik mobil kalau sistem angkutan umum tidak dikembangkan. Infrastruktur seperti jalan, harusnya dibangun bersamaan. infrastruktur harusnya tidak di ruang kosong. Itu yang menurut saya perlu diperbaiki," tegas dia.

"Kalau mau bangun infrastruktur, persiapkan dulu industri baja dll. Jangan lupa ketika bangun infrastruktur liat kanan kiri jalan sehingga yang dapat land value capture itu adalah masyarakat," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini