OJK Optimistis IHSG di 2019 Bisa Tembus 7.000

Jumat, 28 Desember 2018 17:36 Reporter : Merdeka
OJK Optimistis IHSG di 2019 Bisa Tembus 7.000 Ketua OJK Wimboh Santoso. ©2017 merdeka.com/idris

Merdeka.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santosooptimistis kinerja pasar saham Indonesia pada 2019 akan positif meski bersamaan dengan tahun politik, bahkan diperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa kembali melejit. Ini dikarenakan sesuai prediksinya, kondisi ekonomi baik domestik dan global akan lebih stabil.

"IHSG bisa tumbuh tinggi lagi tahun depan. Hal ini karena akan lebih banyak emiten yang melantai di bursa sehingga bisa memberikan berbagai ruang dan pilihan kepada investor. Kalau angkanya (IHSG) bisa menyentuk 6.500-7.000," kata Wimboh di BEI, Jumat (28/12).

Wimboh menambahkan, di akhir tahun ini, investor mulai kembali mempercaya Indonesia sebagai tempat berinvestasinya. Terbukti, aliran dana mulai banyak yang masuk di penghujung tahun. Salah satunya dampaknya, nilai tukar rupiah terlihat lebih stabil jika dibandigkan beberapa minggu sebelumnya. Bahkan kini semakin menjauh dari angka 15.000 per dolar AS.

"Dengan ekonomi semakin membaik, bahkan kita memperkirakan kredir pada 2019 bisa tumbuh sampai 13 persen. Tahun ini perkiraan kita ada di 12 persen," pungkas Wimboh.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengaku tetap optimis dengan kinerja pasar saham di tahun politik, di mana akan diselenggarakan pemilihan umum pada tahun 2019 mendatang. Dari pengalaman tahun-tahun politik yang pernah dilalui, kinerja pasar tak berkolerasi dengan pesta politik yang berlangsung.

"Kalau dilihat dari historicalnya, tidak ada korelasi antara pemilu dengan kinerja indeks kita. Jadi kami optimis tidak akan mempengaruhi pasar. Kalau riak-riak kecil biasa, tapu kembali lagi nanti," ucap Inarno.

Meski optimis, namuk Inarno mengaku tak memasang target yang tiggi dalam hal jumlah perusahaan yang melalukan IPO. Jika tahun 2018 targetnya sebanyak 35 emiten baru, maka pada 2019, dirinya mentargetkan angka yang sama.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini