Menteri Sri Mulyani Harap Dampak Lebaran Pada Pertumbuhan Ekonomi Merata

Rabu, 5 Juni 2019 13:24 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menteri Sri Mulyani Harap Dampak Lebaran Pada Pertumbuhan Ekonomi Merata Menkeu Sri Mulyani Soal Dampak Lebaran Pada Pertumbuhan Ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap dampak Lebaran 2019 pada pertumbuhan ekonomi tidak hanya dirasakan Pulau Jawa sebagai wilayah mayoritas tujuan mudik. Apalagi saat ini masyarakat lebih banyak menggunakan jalur darat untuk pulang ke kampung halaman.

"Kalau kita lihat modus untuk perjalanan masyarakat banyak yang menggunakan jalan darat, spill over nya pada ekonomi di masing-masing kota tujuan itu lebih banyak dan lebih baik," ujar Menteri Sri Mulyani di Rumah Dinas Widya Chandra, Jakarta, Rabu (5/6).

"Kita juga berharap bahwa ini tidak hanya Jawa saja. Tapi saya melihat spill overnya sampai ke pulau-pulau lain. Ini juga akan membawa positif ke seluruh pelosok Indonesia," sambungnya.

Menteri Sri Mulyani melanjutkan, selain masa Lebaran, ekonomi tahun ini juga disumbang oleh pemilihan umum yang digelar pada April lalu. Konsumsi, masih menjadi salah satu pendorong penting pertumbuhan ekonomi.

"Secara perhitungan, tentu karena kemarin selama beberapa bulan kita dihadapkan pada pemilu. Kita berharap suasana Lebaran menimbulkan momentum confidence. Kalau dilihat kuartal-I kemarin, growth kita masih bagus, konsumsi di atas 5 persen. Jadi kita berharap ini akan tetap bertahan," jelasnya.

Pemerintah masih optimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini masih pada rentang target yang telah ditetapkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. Di mana, dalam APBN pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen.

"Target (pertumbuhan ekonomi) 5,3 persen. Tentu tantangan adalah ekspor dan current account balance karena ekspor kita sekarang dalam suasana global yang tidak pasti terutama RRT, Singapura terpengaruh suasana destinasi tradisional ekspor kita," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini